logo
  • MONOGRAF - PENINGKATAN INTERAKSI SOSIAL PADA ANAK PRASEKOLAH MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL

MONOGRAF - PENINGKATAN INTERAKSI SOSIAL PADA ANAK PRASEKOLAH MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL

In stock
0
Harga Buku Rp. 65.000
  • Pengarang : Iswinarti, Binti Zumrotun, Vany Setya N.
  • Kategori : Monograf
  • ISBN : -
  • e-ISBN :
  • Tahun Terbit : 2025
  • Halaman : 152
  • Cetakan : Pertama
  • Ukuran : 16 x 23 cm
  • Berat : 1000

Interaksi sosial merupakan salah satu kemampuan yang perlu dikembangkan anak prasekolah untuk menunjang pertumbuhan maupun perkembangannya di masa mendatang. Anak yang mampu berinteraksi sosial dapat menciptakan lingkungan yang nyaman. Jika  anak prasekolah terhambatnya interaksi sosialnya maka akan menimbulkan masalah di kemudian hari. Kondisi latar belakang anak  yang tidak sama mempengaruhi interaksi anak dengan teman sebayanya, sehingga tiap anak memiliki kemampuan interaksi sosial yang berbeda. Aktivitas bermain bersama teman sebaya melalui permainan tradisional seperti ampar-ampar pisang, cingciripit dan cublak-cublak suweng, dan ular naga menjadi solusi meningkatkan interaksi sosial anak prasekolah. Tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan interaksi sosial anak prasekolah melalui permainan tradisional ampar-ampar pisang, cingciripit dan cublak-cublak suweng, dan ular naga. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan desain quasi experimental. Setelah dilakukan eksperimen menunjukkan terdapat peningkatan interaksi sosial anak prasekolah  setelah diberikan perlakuan permainan tradisional cingciripit dan cublak-cublak suweng. Demikian juga terdapat peningkatan interaksi sosial anak prasekolah setelah diberikan perlakuan permainan tradisional ampar-ampar pisang dan ular naga.

PRAKATA        v
DAFTAR ISI        vii
DAFTAR TABEL        x
TABEL GAMBAR        xi
DAFTAR LAMPIRAN        xii
RINGKASAN        xiii

BAB 1     PENDAHULUAN        1
BAB 2     INTERAKSI SOSIAL ANAK PRASEKOLAH DAN PERMAINAN TRADISIONAL        9
A.    Interaksi Sosial        9
1.    Pengertian Interaksi Sosial        9
2.    Aspek-aspek Interaksi Sosial        10
3.    Faktor-Faktor Interaksi Sosial        12
B.    Permainan Tradisional        13
1.    Ampar-Ampar Pisang        14
2.    Ular Naga        15
3.    Cingciripit        16
4.    Cublak-Cublak suweng        17
BAB 3     INDIKATOR INTERAKSI SOSIAL DALAM PERMAINAN TRADISIONAL        21
A.    Permainan Tradisional Ampar-Ampar Pisang dan Ular naga        21
1.    Hubungan Permainan Tradisional Ampar-Ampar Pisang dan Ular naga terhadap Interaksi Sosial    21
2.    Indikator Permainan        23
3.    Kerangka Berpikir        25
B.    Permainan Tradisional Cingciripit dan Cublak-Cublak Suweng        26
1.    Hubungan Permainan Tradisional Cingciripit dan Cublak-Cublak Suweng terhadap Interaksi Sosial        26
2.    Indikator Permainan        27
3.    Kerangka Berpikir        29
BAB 4     PANDUAN PERMAINAN TRADISIONAL AMPAR-AMPAR PISANG DAN ULAR NAGA        31
A.    Panduan Pelaksanaan Permainan Tradisional Ampar-Ampar Pisang        31
B.    Panduan Pelaksanaan Permainan Tradisional Ular  Naga        32
C.    Pelaksanaan Intervensi Permainan Tradisional Ampar-Ampar Pisang dan Ular Naga        33
BAB 5     PANDUAN PERMAINAN TRADISIONAL CINGCIRIPIT DAN CUBLAK-CUBLAK SUWENG        61
A.    Panduan Pelaksanaan Permainan Tradisional Cingciripit    61
B.    Panduan Pelaksanaan Permainan Tradisional Cublak-Cublak Suweng        62
C.    Pelaksanaan Intervensi Permainan Tradisional Cingciripit dan Cublak-Cublak Suweng        63
BAB 6     HASIL PENINGKATAN INTERAKSI SOSIAL MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL AMPAR-AMPAR PISANG DAN ULAR NAGA        85
A.    Karakteristik Anak Prasekolah        85
B.    Hasil Uji Wilcoxon        86
C.    Hasil Uji Mann-Whitney        87
D.    Perbandingan Hasil Pretest dan Posttest Kelompok Eksperimen dan Kontrol        87
BAB 7     HASIL PENINGKATAN INTERAKSI SOSIAL MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL CINGCIRIPIT DAN CUBLAK-CUBLAK SUWENG        93
A.    Karakteristik Subjek        93
B.    Hasil Uji Wilcoxon        94
C.    Hasil Uji Mann-Whitney        95
D.    Perbandingan Hasil Pretest dan Posttest Kelompok Eksperimen dan Kontrol        96
BAB 8     PEMBAHASAN PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP PENINGKATAN INTERAKSI SOSIAL        99
BAB 9     PENUTUP        107

DAFTAR PUSTAKA        111
GLOSARIUM        121
INDEKS        127
LAMPIRAN        129
BIOGRAFI PENULIS        137

Informasi

Stay Connected