Permainan tradisonal merupakan permainan yang diwariskan dari generasi ke generasi. Dalam permainan tradisional terkandung nilai-nilai baik dan luhur. Beberapa penelitian yang telah dilakukan oleh penulis telah menemukan manfaat permainan tradisional untuk perkembangan anak. Penelitian tentang permainan tradisional oleh penulis dimulai sejak 2005 yang melakukan analisis permainan tradisional dalam tinjauan perkembangan kognitif, sosial, emosi, dan kepribadian. Penelitian-penelitian berikutnya dilakukan secara terus-menerus sampai tahun-tahun terakhir ini. Penyusunan buku ini didasarkan pada kajian teoritis tentang psikologi perkembangan bermain yang didukung dengan penelitian-penelitian tentang bermain maupun permainan tradisional dalam tinjauan psikologi. Sebagian besar isi buku ini mencakup berbagai hasil penelitian yang telah dilakukan oleh penulis, baik penelitian yang didanai oleh Dikti, internal UMM, maupun disertasi doktor. Buku ini disajikan dalam empat empat bagian yaitu:
Bagian I berisi tentang pengertian bermain dan permainan tradisional, tahapan bermain, dan klasifikasi permainan tradisional.
Bagian II berisi tentang teori-teori dalam psikologi bermain yang terdiri dari teori klasik dan kontemporer, teori kontemporer yang dominan pada saat sekarang, dan penerapan teori bermain dalam praktik.
Bagian III berisi tentang penelitian-penelitian yang telah dilakukan berkaitan dengan permainan tradisional, baik yang sudah dilakukan oleh penuls maupun peneliti lain.
Bagian IV berisi tentang prosedur dan analisis psikologis dari 34 permainan tradisional yang telah diidentifikasi berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh penulis.
Buku ini merupakan buku yang sudah lama ditunggu oleh teman-teman pemerhati psikologi perkembangan anak dan permainan tradisional. Dengan adanya buku ini dapat diperoleh manfaat bahwa permainan tradisional dapat disosialisasikan kembali pada anak-anak di Indonesia. Salah satu alasan mengapa permainan tradisional anak tidak lagi dikenal adalah anak tidak lagi tahu bagaimana caranya bermain. Dengan tersedianya sebanyak 34 pemainan yang disertai dengan variasi nama, prosedur permainan dan variasi prosedur permainan maka para pendidik maupun pemerhati permainan tradisional dapat menggunakan buku ini sebagai pedoman untuk mensosialisasikan kembali permainan tradisional yang dikhawatirkan sudah punah.
Kata Pengantar v
Daftar Isi vii
Daftar Tabel ix
BAGIAN 1: BERMAIN DAN PERMAINAN TRADISIONAL 1
Bermain dan Permainan 1
Tahapan Perkembangan Bermain 3
Permainan Tradisional 6
Klasifikasi Permainan Tradisional 8
BAGIAN II: TEORI-TEORI BERMAIN 11
Teori Klasik dan Kontemporer 11
Teori Kontemporer yang Dominan pada Masa Sekarang . 14
Teori Psikoanalitik tentang Motif Emosional dalam Bermain. 15
Teori tentang Komunikasi dan Bermain 16
Teori Kognitif tentang Bermain 18
Teori Bermain Sosial 21
Teori Sutton Smith tentang Bermain 22
Penerapan Teori Bermain dalam Praktek 27
BAGIAN III: PENELITIAN-PENELITIAN TENTANG PERMAINAN TRADISIONAL 29
BAGIAN IV: PERMAINAN TRADISIONAL (Prosedur dan Analisis Nilai-nilai Psikologis) 43
1. Permainan Batu Taba 46
2. Permainan Bekelan 49
3. Permainan Bentengan 53
4. Permainan Cician 57
5. Permainan Congklak Lidi 60
6. Permainan Cublak-cublak Suweng 61
7. Permainan Dakon 64
8. Permainan Dam-daman 68
9. Permainan Dingklik Oglak-aglik 70
10. Permainan Engklek 73
11. Permainan Enthik 99
12. Permainan Gembatan 104
13. Permainan Goak-goakan 107
14. Permainan Gobag Sodor 111
15. Permainan Haibikase 114
16. Permainan Isutan Jarat 117
17. Permainan Kelereng 119
18. Permainan Keng-keng 122
19. Permainan Ketek Karet 127
20. Permainan Kodok-kodokan 129
21. Permainan Landar Landur 132
22. Permainan Lelade 134
23. Permainan Lompat Tali 138
24. Permainan Maen Kemereh 143
25. Permainan Mpa’a Isi Mangge 145
26. Permainan Penteng 148
27. Permainan Petak Jongkok 153
28. Permainan Petak Umpet 156
29. Permainan Sepak Tekong 160
30. Permainan Slentik 167
31. Permainan Tepuk Nyamuk 170
32. Permainan Tokyo 173
33. Permainan Wak-wak Gung 175
Daftar Pustaka 183
Indeks 191
KEGIATAN PERMAINAN TRADISIONAL 194