Pentingnya pemahaman konsep, yg dipengaruhi salah satunya kecerdasan interpeesonal dan intrapersonal. Penelitian ini bertujuan unttuk mendeskripsikan proses pemahaman konsep geometri ditinjau dari tingkat kecerdasan intrapersonal dan interpersonal. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 12 siswa MAN Kelas XII dari 33 siswa, dimana masing-masing kecerdasan intrapersonal dan interpersonal tinggi, sedang dan rendah diwakili oleh 2 (dua) siswa. Instrumen dalam penelitian ini yaitu tes kemampuan pemahaman konsep geometri dan wawancara. Tekhnik analisis data untuk pendekatan kualitatif menggunakan beberapa tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan siswa dengan kecerdasan intrapersonal dan interpersonal tinggi mampu menyatakan konsep konsep dengan menggambar bangun geometri, mengklasifikasi objek-objek, mengidentifikasi sifat-sifat operasi, menerapkan konsep jarak geometri dalam ruang secara logis, memberikan contoh, serta mampu mengaitkan berbagai konsep dalam matematika. Siswa dengan kecerdasan intrapersonal dan interpersonal sedang dan rendah belum mampu menyatakan konsep konsep dengan menggambar bangun geometri, mengklasifikasi objek-objek, mengidentifikasi sifat-sifat operasi, menerapkan konsep jarak geometri dalam ruang secara logis, memberikan contoh, serta mampu mengaitkan berbagai konsep dalam matematika.
Abstrak ~ v
Prakata ~ vii
Daftar Isi ~ ix
Bab I Pendahuluan ~ 1
A. Latar Belakang ~ 1
B. Rumusan Masalah ~ 3
Bab II Pemahaman Konsep Matematika dan Kecerdasan Interpersonal dan Intrapersonal ~ 5
A. Pemahaman Konsep Matematika ~ 5
B. Kecerdasan ~ 8
C. Kecerdasan Intrapersonal ~ 9
D. Kecerdasan Interpersonal ~ 11
E. Hubungan yang mempengaruhi kecerdasan intrapersonal dan Interpersonal terhadap pemahaman konsep matematika ~12
Bab III Metode Penelitian ~ 15
A. Jenis Penelitian ~ 15
B. Subjek Penelitian ~ 15
C. Metode Pengumpulan Data ~ 16
D. Instrumen Penelitian ~ 17
E. Keabsahan Data ~ 23
F. Teknik Analisis Data ~ 23
Bab IV Hasil dan Pembahasan ~ 27
A. Proses pemahaman konsep geometri siswa dengan kecerdasan intrapersonal dan interpersonal tinggi ~ 27
B. Proses pemahaman konsep geometri siswa dengan kecerdasan intrapersonal dan interpersonal sedang ~ 37
C. Proses pemahaman konsep geometri siswa dengan kecerdasan intrapersonal dan interpersonal rendah ~ 45
D. Pembahasan ~ 52
Bab V Penutup ~ 55
Glosarium ~ 57
Daftar Pustaka ~ 59
Indeks ~ 65
Tentang Penulis ~ 67