Perkembangan dan kemajuan zaman yang menghadirkan banyak tantangan dalam dunia pendidikan telah memberikan pengaruh yang cukup besar pada setiap pelakunya. Salah satu pelaku dalam dunia pendidikan yang juga merasakan perubahan zaman yang begitu cepat dan dinamis adalah guru. Guru sebagai salah satu profesi yang telah mendapatkan pengakuan baik dari khalayak umum dan pemerintah, tentu juga harus terus berbenah dalam menghadapi perubahan zaman yang begitu cepat. Perubahan zaman yang begitu cepat, telah mengubah peran guru yang selama ini telah mengakar kuat. Tugas dan Peran guru tidak lagi seperti paradigma klasik yang hanya melakukan transfer ilmu pada peserta didik. Namun, peran guru sudah semakin kompleks dan dinamis dalam melaksanakan profesi yang digelutinya. Dengan melaksanakan profesi sebaik-baiknya serta berpedoman pada etika profesi, diharapkan guru dapat menjadi guru profesional. Oleh karena itu, perlu kiranya sebuah pedoman bersikap dan berperilaku bagi guru yang terwujud dalam tindakan nyata dan menggambarkan profesionalitasnya. Buku ini dihadirkan sebagai pedoman dalam bersikap dan berperilaku yang mencerminkan profesionalitas guru, serta dapat dijadikan pedoman bagi mahasiswa yang akan menjadi calon guru.
Prakata ~ v
Daftar Isi ~ vii
Bab 1 Konsep Dasar Guru Profesional ~ 1
A Konsep Dasar Profesi Keguruan ~ 1
Bab 2 Kode Etik Profesi Keguruan ~ 27
Konsep Kode Etik Profesi Keguruan ~ 33
Bab 3 Layanan Bimbingan dan Konseling ~ 49
Bab 4 Administrasi Pendidikan di Sekolah ~ 73
Bab 5 Prinsip dan Tahapan Pengembangan Karier Guru ~ 119
Daftar Pustaka ~ 145
Indeks ~ 147
Glosarium ~ 149
Biodata Singkat Penulis ~ 151