Buku ini berisi panduan tentang pentingnya kearifan lokal dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dan model pembelajaran sastra Indonesia berbasis kearifan lokal. Buku ini dapat menjadi alternatif pembelajaran sastra Indonesia di sekolah, karena buku ini mempunyai disertai dengan Standar kompetensi, kompetensi dasar, dan RPP sehing g a g uru tidak lag i dibebani deng an penyusunan RPP. Selain itu, buku ini penting untuk disampaikan pada guru di sekolah mengingat pentingnya kearifan lokal untuk memperkuat karakter siswa di sekolah.
Prakata ......................................................................................... v
Daftar Isi ....................................................................................... vii
Pengantar ..................................................................................... 1
Hakikat Kearifan Lokal ..........................5
Pentingnya Kearifan Lokal ......................................................... 9
Kurikulum Bahasa Indonesia........................................................................ 15
Pengembangan Muatan Kearifan Lokal dalam Materi BahasaIndonesia......... 27
Materi Bermuatan Kearifan Lokal Berdasarkan Kurikulum 2013 (Kelompok Wajib).............................................................. 31
Materi Bermuatan Kearifan Lokal Berdasarkan Kurikulum KTSP..................... 33
Contoh RPP Berkearifan Lokal..................................................................... 35
Daftar Pustaka.......................................................................................... 141