logo
  • PSIKOLOGI PENDIDIKAN: TEORI DAN APLIKASI

PSIKOLOGI PENDIDIKAN: TEORI DAN APLIKASI

In stock
20
Harga Buku Rp. 151.000
  • Pengarang : Arina Restian
  • Kategori : Psikologi
  • ISBN : 978-979-796-146-6
  • e-ISBN :
  • Tahun Terbit : 2024
  • Halaman : 296
  • Cetakan : Ketiga
  • Ukuran : 16 x 23 cm
  • Berat : 1.0

Guru dalam menjalankan perannya sebagai pembimbing, pendidik dan pelatih bagi para peserta didiknya, tentunya dituntut memahami tentang berbagai aspek perilaku dirinya maupun perilaku orang-orang yang terkait dengan tugasnya, terutama perilaku peserta didik dengan segala aspeknya, sehingga dapat menjalankan tugas dan perannya secara efektif, yang pada gilirannya dapat memberikan kontribusi nyata bagi pencapaian tujuan pendidikan di sekolah. Di sinilah arti penting Psikologi Pendidikan bagi guru. Penguasaan guru tentang psikologi pendidikan merupakan salah satu kompetensi yang harus dikuasai guru, yakni kompetensi pedagogik. Antara lain pengetahuan-pengetahuan yang perlu dikuasai guru dan calon guru adalah pengetahuan psikologi terapan yang erat kaitannya dengan proses belajar mengajar peserta didik”.

Kata Pengantar     ~     v
Prakata     ~     vii
Daftar Isi     ~     ix

Bab    1    Konsep Dasar Psikologi     ~     1
A.    Pendahuluan     ~     1
B.    Defenisi Psikologi Pendidikan     ~     8
C.    Ruang Lingkup Psikologi Pendidikan     ~     10
D.    Manfaat Psikologi Pendidikan Bagi Pendidik     ~     13
E.    Kajian Materi     ~     13

Bab    2    Karakteristik Psikologis Peserta Didik dalam Belajar     ~     15
A.    Pendahuluan     ~     15
B.    Pengindraan dan Persepsi dan Persepsi Serta Aplikasinya dalam Pembelajaran     ~     16
C.    Ingatan/ Memori dan Aplikasinya dalam Pembelajaran     ~     20
D.    Berfikir Aplikasinya dalam Pembelajaran     ~     24
E.    Integensia Aplikasinya dalam Pembelajaran     ~     28
F.    Motivasi Aplikasinya dalam Pembelajaran     ~     30
G.    Pendidikan Kreativitas     ~     32    
H.    Kajian Materi     ~     45

Bab    3    Aspek Perbedaan Siswa dalam Belajar     ~     47
A.    Pendahuluan     ~     47
B.    Konseptual Dasar Perbedaan Individu     ~     48
C.    Sumber - Sumber Perbedaan Individu     ~     49
D.    Macam - Macam Perbedaan Individu     ~     51
E.    Perbedaan Tingkat Kecerdasan     ~     54
F.    Perbedaan Kepribadian     ~     63
G.    Perbedaan Gaya Belajar     ~     64
H.    Perbedaan Individu Siswa dalam Proses Pembelajaran     ~     88
I.    Kajian Materi     ~     91

Bab    4    Proses Belajar dan Pembelajaran     ~     93
A.    Pendahuluan     ~     93
B.    Belajar dan Pembelajaran     ~     94
C.    Proses Pembelajaran     ~     97
D.    Konsep Dasar Pembelajaran     ~     101
E.    Kompetensi dan Peran Pendidik dalam Pemaksimalan Pembelajaran     ~     106
F.    Teori - Teori Belajar     ~     107
G.    Teori Belajar Kontruktivisme     ~     108
H.    Teori Belajar Behaviorisme     ~     119
I.    Teori Belajar Kognitif     ~     125
J.    Teori Belajar Humanistik     ~     129
K.    Teori Belajar Motivasi     ~     131
L.    Kajian Materi     ~     135

Bab    5    Diagnosis Kesulitan Belajar     ~     137
A.    Pendahuluan     ~     137
B.    Diagnosis Kesulitan Belajar     ~     138
C.    Kedudukan Diagnosis Kesulitan Belajar     ~     142
D.    Penyebab Kesulitan Belajar Peserta Didik     ~     149
E.    Pendidik Mengenali Kesulitan Belajar     ~     253
F.    Program Remidial dan Pengayaan     ~     255
G.    Pendidik Mengenali Kesulitan Belajar     ~     260
Bab    6    Prestasi dan Evaluasi  Hasil Belajar     ~     167
A.    Pendahuluan     ~     167
B.    Prestasi     ~     168
C.    Perencanaan Belajar     ~     175
D.    Pelaksanaan Belajar     ~     181
E.    Pengukuran dan Penilaian     ~     185
F.    Peran Guru dalam Proses Evaluasi Belajar     ~     196
G.    Instrumen dan Jenis Alat Evaluasi     ~     203

Bab    7    Pendidik Profesional     ~     217
A.    Pendahuluan     ~     217
B.    Guru Sebagai Pribadi Kunci     ~     219
C.    Peran Guru Sebagai Pengajar dan Pembimbing     ~     221
D.    Kepribadian Guru Sebagai Faktor Utama dalam Belajar     ~     226
E.    Ciri-Ciri Guru Efektif     ~     229
F.    Ciri-Ciri Guru Profesional     ~     231
G.    Profesionalisasi dan Sertifikasi Guru     ~     235

Daftar Pustaka     ~     243
Lampiran     ~     247
Glosarium     ~     277
Indeks     ~     281
Biografi Penulis     ~     283

Informasi

Stay Connected