Sekolah merupakan rumah kedua bagi siswa. Tempat dimana aspek fisik, kognitif, sosial dan emosi siswa berkembang dengan segala problematikanya. Namun kemajuan teknologi dan bebasnya arus informasi menambah kompleksnya permasalahan yang dihadapi siswa di sekolah. Hal ini tentu saja membutuhkan penanganan yang baik dan komprehensif agar masalah siswa tidak berkembang menjadi prilaku menyimpang. Kehadiran profesional khususnya psikolog amat dibutuhkan. Mahasiswa sebagai calon profesional psikolog dapat dilatih untuk membantu menangani persoalan-persoalan yang dihadapi siswa disekolah sekaligus menjawab tuntutan kurikulum berbasis kompetensi. Untuk dapat memberikan bantuan profesional tersebut, dibutuhkan latihan-latihan agar terbentuknya keterampilan dalam menangani masalah di sekolah. Buku ini hadir untuk dapat memudahkan mahasiswa dalam mengasah kompetensi mereka dalam mengaplikasikan teori-teori yang didapat di bangku perkuliahan ke dalam situasi nyata khususnya di setting sekolah. Buku ini lengkap membahas konsep dan teori tentang perkembangan individu, problem-problem yang dihadapi siswa disekolah, teknik asesmen dan intervensi serta contoh-contoh yang memudahkan pembaca memahami aplikasi psikologi disekolah serta menjadi acuan dalam memahami proses asesmen dan intervensi di sekolah.
KATA PENGANTAR v
PRAKATA vii
DAFTAR ISI ix
BAB 1 PENDAHULUAN 1
A. Rasionalisasi Penulisan Buku 1
B. Untuk Siapa Buku Ini? 1
C. Tujuan Penulisan Buku 2
D. Susunan Penulisan Buku 2
BAB 2 PENTINGNYA PENANGANAN MASALAH SISWA DI SEKOLAH 5
BAB 3 PERAN DAN FUNGSI PSIKOLOGI DALAM MENGATASI PERMASALAHAN DI SEKOLAH 9
A. Perbedaan Peran Profesional di Sekolah 9
B. Kompleksitas dan Keluasan Peran Psikolog Sekolah 12
C. Karakteristik Psikolog Sekolah dalam Pendidikan 14
D. Pengetahuan dan Keterampilan yang Perlu Dikuasai Psikolog Sekolah 15
BAB 4 PERAN LINGKUNGAN TERHADAP PERKEMBANGAN SISWA DAN GAMBARAN PERMASALAHAN SISWA DI SEKOLAH 17
A. Peran Lingkungan Terhadap Perkembangan Siswa 17
B. Gambaran Permasalahan Psikologis Siswa Sekolah 21
BAB 5 PERSPEKTIF TEORI DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MUNCULNYA MASALAH SISWA DI SEKOLAH 59
A. Perspektif Teori Tentang Perkembangan Manusia 59
B. Faktor-Faktor yang Menyebabkan Munculnya Masalah dalam Perkembangan Manusia dalam Perspektif Temuan Penelitian 70
BAB 6 ASESMEN DAN LANGKAH-LANGKAHNYA 79
A. Pengertian Asesmen di Sekolah 79
B. Sasaran Asesmen di Sekolah 79
C. Prinsip Asesmen 81
D. Tujuan Asesmen 82
E. Pengambilan Keputusan 84
F. Sikap Profesional dalam Melakukan Asesmen dan Intervensi di Sekolah 85
BAB 7 MENENTUKAN FOKUS ASESMEN DAN INTERVENSI 97
BAB 8 METODE INTERVENSI MASALAH SISWA DI SEKOLAH 93
A. Pengantar 93
B. Jenis-jenis Intervensi 94
BAB 9 ETIKA DALAM MELAKUKAN ASESMEN DAN INTERVENSI DI SEKOLAH 113
BAB 10 MENYUSUN RANCANGAN DAN LAPORAN HASIL ASESMEN 117
A. Menyusun Rancangan Asesmen 117
B. Menyusun Laporan Hasil Asesmen 121
C. Sistematika Laporan 123
BAB 11 MENYUSUN RANCANGAN PROGRAM INTERVENSI 125
A. Pengertian dan Pentingnya Rancangan Intervensi 125
B. Tahapan dalam Menyusun Rancangan Intervensi 126
C. Apa yang Dapat Dilakukan Terhadap Masalah Tersebut? 127
D. Apakah Intervensi yang Dilakukan Mampu Menyelesaikan Masalah? 128
E. Hal-hal Penting yang Harus Ada dalam Rancangan Program Intervensi 128
F. Sistematika Rancangan Program Intervensi 129
G. Contoh Rancangan Intervensi 130
BAB 12 MENYUSUN MODUL INTERVENSI 157
A. Pengertian Modul Intervensi 157
B. Sistematika Modul Intervensi 157
C. Contoh Modul Intervensi di Sekolah 160
BAB 13 EVALUASI HASIL INTERVENSI DI SEKOLAH 175
A. Pengertian 175
BAB 14 MENYUSUN LAPORAN HASIL INTERVENSI 185
DAFTAR PUSTAKA 189
LAMPIRAN-LAMPIRAN 207
GLOSARIUM 239
INDEKS 251