logo
  • APLIKASI PSIKOLOGI DI SEKOLAH: TEORI DAN PRAKTIK DALAM MEMAHAMI MASALAH-MASALAH DI SEKOLAH

APLIKASI PSIKOLOGI DI SEKOLAH: TEORI DAN PRAKTIK DALAM MEMAHAMI MASALAH-MASALAH DI SEKOLAH

In stock
50
Harga Buku Rp. 98.400
Harga EBook Rp. 49.000
  • Pengarang : Ni'matuzahroh
  • Kategori : Psikologi
  • ISBN : 978-979-796-408-5
  • e-ISBN :
  • Tahun Terbit : 2022
  • Halaman : 268
  • Cetakan : Kedua
  • Ukuran : 16 x 23 cm
  • Berat : 1000

Sekolah merupakan rumah kedua bagi siswa. Tempat dimana aspek fisik, kognitif, sosial dan emosi siswa berkembang dengan segala problematikanya. Namun kemajuan teknologi dan bebasnya arus informasi menambah kompleksnya permasalahan yang dihadapi siswa di sekolah. Hal ini tentu saja membutuhkan penanganan yang baik dan komprehensif  agar masalah siswa tidak berkembang menjadi prilaku menyimpang. Kehadiran profesional khususnya psikolog amat dibutuhkan. Mahasiswa sebagai calon profesional psikolog dapat dilatih untuk membantu menangani persoalan-persoalan yang dihadapi siswa disekolah sekaligus menjawab tuntutan kurikulum berbasis kompetensi. Untuk dapat memberikan bantuan profesional tersebut, dibutuhkan latihan-latihan agar terbentuknya keterampilan dalam menangani masalah di sekolah. Buku ini hadir untuk dapat memudahkan mahasiswa dalam mengasah kompetensi mereka dalam mengaplikasikan teori-teori yang didapat di bangku perkuliahan ke dalam situasi nyata khususnya di setting sekolah. Buku ini lengkap membahas konsep dan teori tentang perkembangan individu, problem-problem yang dihadapi siswa disekolah, teknik asesmen dan intervensi serta contoh-contoh yang memudahkan pembaca memahami aplikasi psikologi disekolah serta menjadi acuan dalam memahami proses asesmen dan intervensi di sekolah.

KATA PENGANTAR        v
PRAKATA        vii
DAFTAR ISI        ix

BAB 1     PENDAHULUAN        1
A.    Rasionalisasi Penulisan Buku        1
B.    Untuk Siapa Buku Ini?        1
C.    Tujuan Penulisan Buku        2
D.    Susunan Penulisan Buku        2
BAB 2    PENTINGNYA PENANGANAN MASALAH SISWA DI SEKOLAH        5
BAB 3    PERAN DAN FUNGSI  PSIKOLOGI DALAM MENGATASI PERMASALAHAN DI SEKOLAH        9
A.    Perbedaan Peran Profesional di Sekolah        9
B.    Kompleksitas dan Keluasan Peran Psikolog Sekolah        12
C.    Karakteristik Psikolog Sekolah dalam Pendidikan        14
D.    Pengetahuan dan Keterampilan yang Perlu Dikuasai Psikolog Sekolah        15
BAB 4    PERAN LINGKUNGAN TERHADAP PERKEMBANGAN SISWA DAN  GAMBARAN PERMASALAHAN  SISWA DI SEKOLAH        17
A.    Peran Lingkungan Terhadap Perkembangan Siswa        17
B.    Gambaran Permasalahan Psikologis Siswa Sekolah        21
BAB 5    PERSPEKTIF TEORI DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MUNCULNYA MASALAH SISWA DI SEKOLAH        59
A.    Perspektif Teori Tentang Perkembangan Manusia        59
B.    Faktor-Faktor yang Menyebabkan Munculnya Masalah dalam Perkembangan Manusia dalam Perspektif Temuan Penelitian        70
BAB 6    ASESMEN DAN LANGKAH-LANGKAHNYA        79
A.    Pengertian Asesmen di Sekolah        79
B.    Sasaran Asesmen di Sekolah        79
C.    Prinsip Asesmen        81
D.    Tujuan Asesmen        82
E.    Pengambilan Keputusan        84
F.    Sikap Profesional dalam Melakukan Asesmen dan Intervensi di Sekolah        85
BAB 7    MENENTUKAN FOKUS ASESMEN DAN INTERVENSI    97
BAB 8    METODE INTERVENSI MASALAH SISWA DI SEKOLAH    93
A.    Pengantar        93
B.    Jenis-jenis Intervensi        94
BAB 9    ETIKA DALAM MELAKUKAN ASESMEN DAN INTERVENSI DI SEKOLAH        113
BAB 10    MENYUSUN RANCANGAN DAN LAPORAN HASIL ASESMEN        117
A.    Menyusun Rancangan Asesmen        117
B.    Menyusun Laporan Hasil Asesmen        121
C.    Sistematika Laporan        123
BAB 11    MENYUSUN RANCANGAN PROGRAM  INTERVENSI    125
A.    Pengertian dan Pentingnya Rancangan Intervensi        125
B.    Tahapan dalam Menyusun Rancangan Intervensi        126
C.    Apa yang Dapat Dilakukan Terhadap Masalah Tersebut?    127
D.    Apakah Intervensi yang Dilakukan Mampu Menyelesaikan Masalah?        128
E.    Hal-hal Penting yang Harus Ada dalam Rancangan Program Intervensi        128
F.    Sistematika Rancangan Program Intervensi        129
G.    Contoh Rancangan Intervensi        130
BAB 12    MENYUSUN MODUL INTERVENSI        157
A.    Pengertian Modul Intervensi        157
B.    Sistematika Modul Intervensi        157
C.    Contoh Modul Intervensi di Sekolah        160
BAB 13    EVALUASI HASIL INTERVENSI DI SEKOLAH        175
A.    Pengertian        175
BAB 14    MENYUSUN LAPORAN HASIL INTERVENSI        185

DAFTAR PUSTAKA        189
LAMPIRAN-LAMPIRAN        207
GLOSARIUM        239
INDEKS        251

Informasi

Stay Connected