logo
  • INDIVIDU BERKEBUTUHAN KHUSUS DAN PENDIDIKAN INKLUSIF

INDIVIDU BERKEBUTUHAN KHUSUS DAN PENDIDIKAN INKLUSIF

In stock
0
Rp 0
  • Pengarang: Nikmatuzzahroh, S.Psi,. MSi
  • Kategori: Psikologi
  • ISBN: 978-979-796-173-2
  • Tahun Terbit: 2016
  • Halaman: 172
  • Cetakan: Pertama
  • Ukuran: 16 x 23 cm
  • Berat: 0,5

Keberadaan individu berkebutuhan khusus tidak bisa dipisahkan dengan masyarakat karena meraka memiliki hak yang sama dengan individu normal lainnya, termasuk dalam hal pendidikan. Hadirnya pendidikan inklusif merupakan sebuah strategi untuk mewujudkan pendidikan universal yang responsif terhadap beragam kebutuhan aktual anak dan masyarakat terutama anak berkebutuhan khusus. Istilah inklusif sendiri merupakan istilah yang terdengar lebih positif bagi anak-anak yang memiliki hambatan dibanding bila disebut dengan SLB, cacat atau abnormal, karena mengandung diskriminatif dan ketidakberdayaan mereka. Di samping itu, dalam pendidikan inklusif diupayakan cara-cara yang lebih realistik dan menyeluruh dan menghadapkan siswa dalam situasi kehidupan yang nyata karena mereka dapat bertemu dengan beragam orang dalam lingkungan sosialnya. Berbeda dengan mainstreaming dan segregasi, pendidikan inklusif berupaya untuk melibatkan  anak berkebutuhan khusus (ABK) kedunia pendidikan secara utuh.

Kata Pengantar        v
Daftar Isi        ix

Bab    1    Memahami Individu Berkebutuhan Khusus dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya        1
A.    Pengertian Individu Berkebutuhan Khusus        1
B.     Faktor-faktor Penyebab Gangguan Pada Individu Berkebutuhan Khusus        3

Bab    2    KLasifikasi dan Karakteristik Individu Berkebutuhan Khusus        7
A.     Specific Learning Disabilities (Kesulitan Belajar Khusus)        8
B.    Attention Deficit-Hiperaktif Disorder/ADHD         15
C.    Gangguan Spektrum Autism dan Asperger         31
D.     Siswa Cerdas Istimewa/Bakat Istimewa        33
E.     Anak Tuna Rungu        37
F.     Tuna Netra (Gangguan Penglihatan)         38
G.     Anak Tuna Wicara         38
H.    Anak Lamban Belajar         39
I.     Anak Keterbelakang Mental (Mental Retardation)        39
Bab    3    Memahami Konsep Pendidikan Inklusi        43
A.    Pengertian Pendidikan Inklusi        43
B.    Model-model Pendidikan Inklusi        47
C.    Pendidikan Inklusi di Indonesia        48
D.    Pendidikan Inklusi dan Keterlibatan Semua Pihak        50

Bab    4    Manajemen dan Pengelolaan Kelas Inklusi        55
A.     Persiapan Awal Membuka Kelas Inklusif        55
B.     Mempersiapkan Pihak yang Terlibat di Kelas Inklusif        57
C.     Mempersiapkan Sarana dan Prasarana Sekolah Inklusif        74
D.    Menyusun dan Melatih Guru Membuat Program Pembelajaran Individual (Individualized Education Program)        75
E.    Metode Peningkatan Kompetensi Pada Guru dalam Penyusunan Program Pengajaran Individual Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus di Kelas Inklusi        77
F.    Sasaran Pendidikan Bagi ABK di Kelas Inklusif        79

Bab    5    Memahami Kebutuhan ABK dalam Proses Pembelajaran di Kelas        81
A.    Pola Perkembangan Anak        81
B.    Gaya Belajar dan Berfikir        83
D.    Kepribadian dan Tempramen        84
C.    Bantuan yang Dapat Diberikan dalam Proses Belajar pada Siswa Berkebutuhan Khusus        86

Bab    6    Penyusunan Program Pembelajaran Individual        93
A.    Pengertian Program Pengajaran Individual        93
B.    Prinsip-prinsip dalam Pemilihan Strategi Pengajaran Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus         94
C.    Rancangan Asesmen         98
D.    Menyusun Program Pembelajaran Individual        99
E.    Pendekatan Terapi Bermain (Play Therapy) Sebagai Media Pembelajaran Siswa Berkebutuhan Khusus        100

Bab    7    Contoh Rancangan Program Pengajaran Individual Bagi Siswa ADHD        109
A.    Deskripsi Diri Siswa        109
B.    Program Pengajaran Individual Bagi FH        116
C.    Laporan Penerapan dan Evaluasi Program Pengajaran IEP Siswa ADHD        127

Bab    8    Membangun Kemitraan Sekolah dan Orang Tua Siswa Berkebutuhan Khusus        133
A.    Pentingnya Membangun Kemitraan dengan Orang Tua        133
B.    Hambatan dalam Menjalankan Kemitraan        136
C.    Kapan & Bagaimana Membangun Kemitraan Sekolah dengan Orang Tua?        137

Daftar Pustaka        141
Indeks            153
Lampiran        161

Informasi

Stay Connected