Buku ini menyajikan model pembelajaran Li-Pro-GP yang diadopsi dari tujuan GLS dan PPK yang nantinya dalam pengimplementasian menggunakan model pembelajaran berbasis proyek. Tujuan adanya model pembelajaran ini yaitu diharapkan mampu menumbuh kembangkan budi pekerti peserta didik melalui pembudayaan ekosistem literasi yang terintegrasi Pendidikan Penguatan karakter siswa dalam mempersiapkan daya saing siswa dengan kompetensi abad ke-21, yaitu berpikir kritis (critical thinking), kreativitas (creativity), komunikasi (communication), dan kolaborasi (colaboration) melalui pembelajaran berbasis proyek. Manfaat model pembelajaran Li-Pro-GP mengacu pada manfaat dari model pembelajaran berbasis proyek, tetapi dalam pelaksanaanya Li-Pro-GP dalam konteks GLS yang terintegrasi PPK. Semua informasi selengkapnya dapat dibaca di buku ini. Buku ini disusun sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Buku ini berisikan materi, diantaranya adalah 1) Pendahuluan, 2) Literasi Dalam Pembelajaran Proyek, 3) Literasi dan Penguatan Karakter dan 4) Hakekat Model Pembelajaran Li-Pro-GP. Buku ini dikemas dengan bahasa yang mudah untuk dipahami dan mengikuti perkembangan kurikulum saat ini. Penggunaan buku ini semoga bermanfaat untuk semuanya. Selamat membaca!
KATA PENGANTAR.. iii
DAFTAR ISI. v
DAFTAR TABEL.. vii
DAFTAR GAMBAR.. viii
DAFTAR LAMPIRAN.. ix
GLOSARIUM... x
BAB I PENDAHULUAN.. 1
A. Latar Belakang. 1
BAB II LITERASI DALAM PEMBELAJARAN PROYEK.. 5
A. Hakikat Literasi Sains. 5
B. Model Pembelajaran Proyek. 13
C. Penerapan Literasi Dalam Pembelajaran Proyek. 15
BAB III LITERASI DAN PENGUATAN KARAKTER.. 25
A. Gerakan Literasi Sekolah. 25
B. Penguatan Pendidikan Karakter 29
C. Literasi Dan Penguatan Karakter 33
BAB IV HAKEKAT MODEL PEMBELAJARAN LI-PRO-GP.. 38
A. Model Pembelajaran Li-Pro-GP. 38
B. Tujuan dan Manfaat Model Pembelajaran Li-Pro-GP. 44
C. Implementasi Model Pembelajaran Li-Pro-GP. 45
D. Perencanaan Model Pembelajaran Li-Pro-GP. 51
BAB V PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LI-PRO-GP.. 54
A. Identitas Pembelajaran. 54
B. Kegiatan Pembelajaran. 55
C. Kecakapan Literasi dalam Model Pembelajaran Li-Pro-GP. 60
D. Integrasi PPK dalam Model Pembelajaran Li-Pro-GP. 61
E. Penilaian Hasil Belajar dan Karakter Pembelajaran Li-Pro-GP. 63
F. Penilaian Literasi dalam Model Pembelajaran Li-Pro-GP. 71
G. Luaran Model Pembelajaran Li-Pro-GP. 75
DAFTAR PUSTAKA.. 76
INDEKS. 83
LAMPIRAN.. 85
BIOGRAFI PENULIS. 130