Pengajaran Bahasa Inggris terus mengalami perubahan dan perkembangan dari sisi pendekatan maupun model pembelajarannya. Sebagaimana dipahami bahwa Bahasa Inggris sebagai bahasa asing di Indonesia. Ini artinya, Bahasa Inggris tidak digunakan secara umum, tetapi hanya dipelajari di sekolah. Dengan kata lain, pembelajaran Bahasa Inggris hanya sebatas dilakukan di kelas.
Kesilapan merupakan karakteristik performa bahasa pebelajar. Pengamatan terhadap kesilapan telah banyak dilakukan oleh para pengamat/peneliti, khususnya untuk mengetahui sumber-sumber kesilapan pebelajar pada keterampilan berbahasa dengan fokus penelitian pada unsur-unsur Bahasa Inggris, baik menggunakan pendekatan Analisis Kontrastif maupun pendekatan Analisis Kesilapan. Disamping itu, telah banyak tersedia buku-buku tentang Analisis Berbahasa. Buku ini memberikan nuansa yang berbeda tentang Error Analysis yang menekankan pada kesilapan yang muncul dalam bahasa pebelajar.
Prakata - v
Daftar Isi - vii
Bab 1 Hakikat Belajar Bahasa Kedua - 1
Bab 2 Proses Pemerolehan Bahasa - 7
A. Pemerolehan Bahasa Pertama (First Language Acquisition/FLA) - 7
B. Pemerolehan Bahasa Kedua/Asing (Second Language Acquisition/SLA) - 11
C. Hal-hal yang Mempengaruhi Belajar Bahasa Kedua - 13
Bab 3 Memahami Bahasa Pebelajar - 15
Bab 4 Hakikat Kesilapan - 21
A. Kesilapan - 21
B. Taksonomi Kesilapan - 24
C. Klasifikasi Kesilapan - 25
D. Fosilisasi - 26
E. Kontrastif vs Kesilapan - 27
Bab 5 Langkah-Langkah dalam Mengumpulkan Sampel Kesilapan
- 31
A. Mengembangkan Instrumen Pengukuran - 32
B. Melakukan Validasi Instrumen - 34
C. Menggunakan Instrumen - 37
Bab 6 Cara-Cara Mengidentifikasi Kesilapan - 39
Bab 7 Cara-Cara Mendeskripsikan dan Menjelaskan Kesilapan - 45
A. Mendeskripsikan Data (Data Desciption) - 45
B. Menjelaskan Data (Data Explanation) - 49
Bab 8 Tahap Mengevaluasi Kesilapan - 53
Bab 9 Penutup - 57
Daftar Pustaka - 61
Glosarium - 65
Tentang Penulis - 69