logo
  • DIMENSI-DIMENSI KOMUNIKASI ANTARMANUSIA: PENGANTAR UNTUK MENGENAL ILMU KOMUNIKASI

DIMENSI-DIMENSI KOMUNIKASI ANTARMANUSIA: PENGANTAR UNTUK MENGENAL ILMU KOMUNIKASI

In stock
2
Rp 88.000
  • Pengarang: Farid Rusman
  • Kategori: Pendidikan
  • ISBN: 978-979-796-828-1 e-ISBN 978-979-796-829-8
  • Tahun Terbit: 2023
  • Halaman: 161
  • Cetakan: Pertama
  • Ukuran: 16 x 23 cm
  • Berat: 0,7

Buku ini berisi konsep-konsep dasar untuk mengenali fenomena komunikasi antarmanusia, didasarkan pada aspek “dimensi” yang dianggap ada di dalam fenomena komunikasi sebagaimana selama ini diajarkan di dalam ilmu komunikasi. Tentu terdapat banyak dimensi dari seluruh fenomena komunikasi antarmanusia. Namun buku ini memperkenalkan beberapa dimensi saja yang penulis anggap sangat penting dalam rangka mengawali berkenalan dengan Ilmu Komunikasi. Dimensi-dimensi yang penulis nilai maksud yakni dimensi unsur-unsur yang terlibat dalam peristiwa komunikasi, dimensi konteks atau level komunikasi yang berlangsung, dimensi prinsip-prinsip dasar komunikasi, dimensi teknik-teknik komunikasi yang biasa dipergunakan, dimensi fungsi dan tujuan komunikasi yang diselenggarakan, dimensi model-model komunikasi yang berlangsung di dalam berbagai konteks komunikasi, penulis lanjutkan dengan memperkenalkan macam-macam metode penyelenggaraan komunikasi sebagai salah satu dimensi yang amat penting untuk dikenali, kemudian macam-macam bidang komunikasi yang banyak diminati baik oleh peneliti maupun oleh para praktisi komunikasi. Terakhir, penulis kemukakan dimensi ilmu yang dikembangkan oleh para ahli untuk mempelajari fenomena komunikasi antarmanusia, yang sesungguhnya telah lama dirintis oleh paraa ahli terutama di Eropa. Dalam bab ini penulis kemukakan riwayat singkat perkembangan ilmu ini, corak pemikiran yang turut mewarnai pemikiran-pemikiran di dalam ilmu ini dan yang kemudian turut membentuk karakteristik ilmu ini. Buku ini penulis anggap sesuai untuk dijadikan materi ajar mata kuliaah Pengantar Ilmu Komunikasi.

Endorsment (Prof. Dr. Syamsul Arifin, MSi)    -    iv
Kata Pengantar (Prof. Dr. Drs. H. Henri Subiakto, SH., MA)    -    v
Prakata    -    ix
Daftar Isi    -    xiii

Bab    1    Pengertian dan Unsur-unsur Komunikasi    -    1
A.    Pengertian Komunikasi    -    1
B.    Unsur-unsur Komunikasi    -    6
Bab    2    Dimensi Konteks atau Level-level Komunikasi    -    21
A.    Komunikasi Intrapersonal    -    21
B.    Komunikasi Interpersonal    -    22
C.    Komunikasi Kelompok    -    25
D.    Komunikasi Organisasional    -    28
E.    Konteks Komunikasi Massa    -    31
F.    Konteks Komunikasi Sosial    -    34
Bab    3    Prinsip-prinsip Komunikasi    -    39
A.    Komunikasi Merupakan Proses Simbolik    -    39
B.    Komunikasi Merupakan Paket Isyarat    -    40
C.    Setiap Tindakan Mengandung Potensi Komunikasi    -    41                                  
D.    Komunikasi Berlangsung dalam Ruang dan Waktu    -    42
E.    Komunikasi Berdimensi Isi dan Relasi    -    43
F.    Komunikasi Berlangsung dalam Berbagai Tingkat Kesenjangan    -    44                               
G.    Komunikasi sebagai Rangkaian Dipunktuasi    -    45
H.    Komunikasi Bersifat Irreversible    -    46
Bab    4    Teknik-teknik Komunikasi    -    49
A.    Teknik Informatif    -    49
B.    Teknik Persuasif    -    52
C.    Teknik Koersif atau Instruktif    -    55
D.    Teknik Edukatif    -    59
E.    Teknik Provokatif    -    62
F.    Fear Arousol Technique    -    64
Bab    5    Dimensi Fungsi dan Tujuan  Komunikasi    -    69
A.    Fungsi dan Tujuan Komunikasi di dalam Komunikasi Intrapersonal    -    70
B.    Fungsi dan Tujuan Komunikasi Interpersonal    -    71
C.    Fungsi dan Tujuan Komunikasi Kelompok    -    73
D.    Fungsi dan Tujuan Komunikasi Organisasional    -    74
E.    Fungsi dan Tujuan Komunikasi Massa    -    74
F.    Fungsi dan Tujuan Komunikasi Sosial    -    77
Bab    6    Model-model Komunikasi    -    81                                      
A.    Model Komunikasi Satu Arah versus Model Komunikasi Dua Arah    -    82
B.    Model Satu Tahap, Model Dua Tahap dan Model Multi Tahap    -    83
C.    Model Komunikasi Linier    -    84
D.    Model Komunikasi Sirkular    -    85
E.    Model Komunikasi yang Memusat    -    87
Bab    7    Metode-metode Komunikasi    -    89
A.     Jurnalistik    -    90
B.     Public Relations    -    92
C.     Advertising    -    95
D.     Broadcasting    -    96
E.     Kampanye    -    97
F.     Penyuluhan    -    100
Bab    8    Bidang-bidang Komunikasi    -    103
A.    Komunikasi Politik    -    103
B.    Komunikasi Pembangunan    -    107
C.    Komunikasi Pemasaran    -    109
D.    Komunikasi Bisnis    -    110
E.    Komunikasi Dakwah    -    112
Bab    9    Dimensi Ilmu yang Dipergunakan untuk Menjelaskan Komunikasi Antarmanusia    -    115
A.    Riwayat Kemunculan dan Perkembangan Awal Ilmu Komunikasi    -    115
1.    Tradisi Retorika    -    116
2.    Tradisi Jurnalistik    -    119
3.    Era Ilmu Publisistik    -    120
4.    Era Ilmu Komunikasi    -    121
B.    Akar dan Sumber Pemikiran dalam Ilmu Komunikasi    -    123
C.    Aspek Paradigma dan Mazhab Pemikiran dalam Ilmu Komunikasi    -    125
D.    Aspek Metodologis dalam Riset-riset Komunikasi    -    128

Daftar Pustaka    -    137
Indeks    -    139

Informasi

Stay Connected