logo
  • MANAJEMEN LOGISTIK

MANAJEMEN LOGISTIK

In stock
0
Harga Buku Rp. 111.000
Harga EBook Rp. 56.000
  • Pengarang : Annisa Kesy Garside Dewi Rahmasari
  • Kategori : Teknik
  • ISBN : 978-979-796-316-3
  • e-ISBN :
  • Tahun Terbit : 2023
  • Halaman : 281
  • Cetakan : Kedua
  • Ukuran : 16 x 23 cm
  • Berat : 0,7

Buku ini menjelaskan secara detil mengenai manajemen logistik. Pembahasan dimulai pada bab 1 dengan pengantar manajemen logistik yang menjelaskan definisi dan aktivitas-aktivitas logistik. Selanjutnya pada bab 2 membahas strategi dan perencanaan logistik. Bab 3 dan 4 masing-masing membahas produk dan pelayanan konsumen dalam perspektif logistik. Pada bab 5 dibahas mengenai pemrosesan pesanan dan sistem informasi logistik. Pada bab 6 dan 7 membahas keputusan yang berhubungan dengan lokasi yaitu penentuan lokasi fasilitas dan perancangan konfigurasi jaringan. Selanjutnya pada bab 8 dan 9 membahas mengenai dasar-dasar dan keputusan-keputusan transportasi. Sedangkan bab 10 dan 11 membahas materi yang terkait dengan konsep dan keputusan - keputusan dalam pergudangan.

PRAKATA...............................................................................................      v

DAFTAR ISI ...........................................................................................   vii

DAFTAR TABEL ....................................................................................    xi

DAFTAR GAMBAR .............................................................................    xv

BAB 1 PENGANTAR MANAJEMEN LOGISTIK ..........................      1

  1. Definisi Supply Chain dan Logistik .................................  1
  2. Definisi Supply Chain Manajemen dan Manajemen Logistik...............................................................................        5
  3. Persamaan dan Perbedaan antara Manajemen Logistik dengan Supply Chain Management ....................       7
  4. Komponen Manajemen Logistik ....................................   8
  5. Tujuan dan Misi Logistik ................................................   9
  6. Aktivitas-Aktivitas Logistik............................................   10
  7. Urgensi Logistik ...............................................................   13

BAB 2 STRATEGI DAN PERENCANAAN LOGISTIK................    17

  1. Definisi dan Tahapan Penyusunan Strategi Perusahaan ........................................................................     17
  2. Keterkaitan Strategi Logistik dengan Strategi Perusahaan ........................................................................     18
  3. Tujuan Strategi Logistik..................................................    18
  4. Tingkatan Perencanaan Logistik ...................................    20
  5. Area Utama Perencanaan Logistik.................................   20
  6. Konseptualisasi dari Problem Perencanaan Logistik ..   21
  7. Pedoman-Pedoman dalam Formulasi Strategi Logistik .            23

BAB 3 PRODUK DALAM PERSPEKTIF LOGISTIK....................    29

  1. Klasifikasi Produk.............................................................   29
  2. Siklus Hidup Produk (Product Life Cycle).......................  32
  3. Kurva 80-20 dan Aplikasinya dalam Penentuan Investasi Persediaan .........................................................     33
  4. Karakteristik Produk yang Mempengaruhi Strategi Logistik...............................................................................     37
  5. Berbagai  Metode Penetapan Harga Produk (product pricing) ...................................................................    39

BAB 4 PELAYANAN KONSUMEN DALAM PERSPEKTIF LOGISTIK.................................................................................     45

  1. Definisi Pelayanan Konsumen dari Sudut Pandang Logistik...............................................................................     45
  2. Elemen-Elemen Pelayanan Konsumen ..........................  46
  3. Order Cycle Time..................................................................  47
  4. Pentingnya Pelayanan Konsumen dalam Logistik .....   48
  5. Grafik Hubungan antara Pelayanan dengan Penjualan .           49
  6. Penentuan Tingkat pelayanan yang Optimum ...........   50

BAB 5 PEMROSESAN PESANAN DAN SISTEM INFORMASI   

  1. Pemrosesan Pesanan ........................................................   55
  2. Contoh Pemrosesan Pesanan .........................................   58
  3. Faktor-Faktor yang  Mempengaruhi Waktu Pengolaha Pesanan ...........    60 
  4. Sistem Informasi Logistik ................................................  61

Bab 6   Keputusan Lokasi Fasilitas....................................................     71

  1. Klasifikasi Problem Lokasi ..............................................  71
  2. Penentuan Lokasi Fasilitas dengan Menggunakan Model-Model Single Facility Location.................................    72
  3. Penentuan Lokasi Fasilitas dengan Menggunakan Model-Model Multi Facility Location .................................   78
  4. Penentuan Lokasi Fasilitas dengan Bantuan Software Logware ...............................................................     95

BAB 7 PERENCANAAN JARINGAN..............................................   103

  1. Problem Konfigurasi Jaringan ........................................   103
  2. Pentingnya Perancangan Sebuah Konfigurasi Jaringan 104
  3. Data-Data yang Digunakan untuk Perencanaan Jaringan         105
  4. Desain Jaringan dalam Distribusi dan Transportasi ...   117
  5. Studi Kasus Konfigurasi Jaringan Distribusi...............    137
  6. Perancangan Konfigurasi Jaringan dengan Bantuan 

BAB 8 DASAR - DASAR TRANSPORTASI ..................................  149

  1. Pentingnya Sistem Transportasi yang Efektif ..............   149
  2. Pilihan Layanan Transportasi dan Karakteristiknya .    150
  3. Moda-Moda Transportasi dan Karakteristiknya..........   151
  4. Komponen Biaya-Biaya Transportasi pada Tiap Moda Transportasi ...........  154
  5. Rumus Menghitung Biaya Transportasi Pada Berbagai Moda Transportasi...........   158
  6. Dokumen-Dokumen dalam Transportasi Domesti dan Internasional .........163

BAB 9 KEPUTUSAN-KEPUTUSAN DALAM TRANSPORTASI.. 175

  1. Pemilihan Moda Transportasi.........................................   175
  2. Penentuan Rute Kendaraan ............................................   179
  3. Konsolidasi Pengiriman...................................................   202

BAB 10 KONSEP MENGENAI PERGUDANGAN ........................ 209

  1. Alasan Memiliki Gudang.................................................   209
  2. Fungsi Gudang .................................................................   210
  3. Operasi-Operasi pada Sebuah Gudang..........................  213
  4. Desain dan Layout Gudang ..............................................  219

BAB 11KEPUTUSAN-KEPUTUSAN DALAM PERGUDANGAN 223

  1. Tata Letak Sistem Penyimpanan ....................................  223
  2. Penentuan Ukuran Gudang ...........................................   249
  3. Konfigurasi Fasilitas Gudang .........................................   263
  4. Perhitungan Jumlah Ruang Penyimpanan dan Rak dalam Sebuah Gudang.....................................................   267
  5. Desain Dok.........................................................................   271

DAFTAR PUSTAKA.............................................................................  277

INDEKS ..................................................................................................  279

Informasi

Stay Connected