Adapun maksud dan tujuan penulisan dan penyusunan karya ini adalah untuk memberikan referensi dan suplemen tambahan bagi pegiat bahasa Arab untuk berinovasi dan berimprovisasi dalam proses kegiatan belajar mengajar. Pembelajaran di era industri digital 4.0 saat ini memerlukan orientasi baru dengan mengusung tiga literasi baru: (1) literasi data, (2) literasi teknologi, dan (3) literasi manusia. Selain itu, pembelajaran 4.0 memiliki 9 tren yang menuntut pembelajaran bisa dilaksanakan secara terbuka dan jarak jauh. Untuk itulah, buku ini disusun untuk membekali para pegiat bahasa Arab baik secara teoritis maupun praktis dalam merancang pembelajaran terbuka dan jarak jauh dengan konsep e-learning berbasis moodle agar pembelajaran dapat diakses oleh siapapun dan kapanpun tak terbatas ruang dan waktu.
PRAKATA ……………………......…v
DAFTAR ISI …………………………………………………......vii
DAFTAR TABEL …………………………………………….......x
DAFTAR GAMBAR ………………………………………….....xi
BAB I PENDIDIKAN DI ERA INDUSTRI 4.0
A. Revolusi Industri 4.0 ………………………..... 1
B. Peluang, Tantangan dan Reorientasi Kurikulum Pendidikan Tinggi di Indonesia………………………………….......................... 4
C. Peran Pemerintah dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0 …………………………………..................... 11
BAB II PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA TINGKAT PENDIDIKAN TINGGI
A. Bahasa Arab sebagai Bahasa Internasional………………….....…………….. 13
B. Perkembangan Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia ………………………….................... 15
C. Kompetensi Dasar untuk Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Teknologi …………...... 18
BAB III PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DALAM PEMBELAJARAN
A. Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Indonesia …………………...... 23
B. Urgensi Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran di Indonesia ……………….................................... 25
C. Kendala Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran di Indonesia ……………….................................... 27
D. Strategi Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran……………………………….............................. 30
BAB IV E-LEARNING
A. Definisi dan Konsep E-Learning ……….....….. 33
B. Macam-Macam Model E-Learning ………....... 34
C. E-Learning sebagai Solusi Permasalahan Pendidikan di Indonesia …………….……...... 36
D. Mengenal SPADA-IdREN: Sistem E-Learning di Indonesia ……………………........................ 38
BAB V PENGEMBANGAN BAHAN AJAR UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS E-LEARNING
A. Pengertian Bahan Ajar ……………………...... 43
B. Macam-Macam Bahan Ajar ………………...... 45
C. Dasar Penyusunan Bahan Ajar untuk Pembelajaran Bahasa Arab ………………....... 48
D. Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab Berbasis E-Learning ………………………........ 54
E. Pemanfaatan Website dan Aplikasi Digital untuk Pengembangan Pembelajaran dan Evaluasi Online ………....................................... 74
BAB VI MEMBANGUN WEBSITE E-LEARNING UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN LMS MOODLE
A. Mengenal Internet, Website, dan Browser…...... 93
B. Mengenal LMS Moodle …………………......... 96
C. Menyiapkan Domain dan Hosting ………...... 98
D. Instalasi LMS Moodle …………….………....... 104
E. Mengembangkan Website E-Learning .…........ 113
BAB VII PENGELOLAAN WEBSITE E-LEARNING UNTUK MATA KULIAH BAHASA ARAB
A. Mengelola Halaman Mata Kuliah/Course ....... 149
B. Menambahkan Fitur Tambahan Penunjang Pembelajaran ………………….......................... 153
C. Mengelola Hasil Pembelajaran …………........ 161
D. Melakukan Backup dan Restore Mata Kuliah.................................................................. 162
DAFTAR RUJUKAN …………………...…..……………….......165
GLOSARIUM ……………………………………..…………......171
INDEKS………………………………………………………….. 173
RIWAYAT HIDUP PENULIS ……...………………………......176