logo
  • MONOGRAF - MENYIBAK HIERARKI KEBUTUHAN MASYARAKAT VIRTUAL

MONOGRAF - MENYIBAK HIERARKI KEBUTUHAN MASYARAKAT VIRTUAL

In stock
0
Harga Buku Rp. 0
Harga EBook Rp. 35.000
  • Pengarang : Widayat
  • Kategori : Monograf
  • ISBN : 978-979-796-630-0
  • e-ISBN : 978-979-796-629-4
  • Tahun Terbit : 2021
  • Halaman : 74
  • Cetakan : Pertama
  • Ukuran : 15,5 x 23 cm
  • Berat : 0,7

Perkembangan tehnologi informasi dan komunikasi, membawa perubahan pada tatanan masyarakat, dalam cara bagaiamana mereka berkomunikasi, bersosialisasi dan menjalin hubungan dengan orang lain. Selain itu, mendorong terjadinya agregasi sosial yang berbabasis pada teknologi. Masyarakat baru, yang lebih dikenal dengan masyarakat online (Online Community), tumbuh secara cepat seiring dengan inovasi tekhnologi. Platform sosial media dan grup sosial media, yang menjadi teman keseharian masyarakat. Facebook, Twitter, Instagram, WhatsApp, Linkedln, sebagai eksemplar yang menyeruak di lingkungan kita,  mereka mengundang terbentuknya berbagai komunitas, dengan latar belakang sosial budaya, kultur, geografis lokal dan bahkan lintas negara atau benua terjalin dalam sebuah masyarakat virtual. Masyarakat “tradisional” secara sadar, sukarela terjalin dalam suatu tatanan masyarakat yang digerakkan oleh  sosial media. Satu atau beberapa orang, bergabung dalam satu atau lebih grup sosial media dengan berbagai latar belakang. Mengapa mereka demikian antusias memenuhi undangan (invited), mengundang orang lain dalam grup-grup sosial media?  Adakah “manfaat” dan gratifikasi yang mereka dapatkan bagi kehidupannya?  Monograp ini dikonstruksi dalam kerangka menjawab persoalan menyeruaknya grup sosial media pada masyarakat  yakni “virtual” online, disusun dalam  sistematika yang mengalir mudah dipahami; (1). Pendahuluan, yang mengantarkan pembaca memahami  fenomena dibalik berkembangnya tekhnologi informasi dan komunikasi, khususnya terkait dengan tumbuhnya grup sosial media,  (2). Perspektif konsep, empiris dan teoritis yang dipakai sebagai underlying concept, dalam memahami agregasi sosial masyarakat virtual (3). Pendekatan Pemecahan masalah sebagai sebuah cara yang digunakan memahami fenomena yang ada  (4). Solusi pemecahan masalah, berisi paparan temuan dan diskusi, dan terakhir (5). Penutup, yang mengungkapan simpulan akhir dari tulisan ini,  yang merupakan temuan konsep baru sebagai sebuah novelty, yang dapat dipakai sebagai pendamping teori, konsep yang umum dan selama ini dipakai dasar berfikir, dalam sebuah kerangka piramida Hierarchy of Needs  pada masyarakat baru, yakni  “Virtual Community”.

Prakata            v
Daftar Isi        vii
Daftar Tabel        ix
Daftar Gambar        x
Ringkasan        xi
BAB I    Pendahuluan         1
BAB II    Perspektif Motivasi dan Gratifikasi Komunitas        9
Konsep Komunitas Virtual          9
Teori Use and Gratification         10
Teori Hierarki Kebutuhan Maslow         11
Religiusitas        14
BAB III    Pendekatan Pemecahan Masalah         15
BAB IV    Solusi Pemecahan Masalah        19
Keikutsertaan di Sosial Media         23
Efekfitas Penggunaan Grup Sosial Media         24
Manfaat Sosial dan Keagamaan         25
Keterikatan Anggota         27
Konstruksi Model Hierarki Kebutuhan        28
BAB V    Penutup         41
Daftar Pustaka         43
Indeks            47
Glosarium        53
Tentang Penulis        61

Informasi

Stay Connected