Banyak formula dan model terapi psikologi yang berkembang saat ini, dengan berbagai pendekatan dan spesifikasinya masing-masing. Para psikolog dan terapis sebetulnya sudah mempelajari berbagai pendekatan, tetapi pendekatan tersebut tidak selalu dapat diterapkan dalam berbagai keadaan sebagaimana textbooks yang dipelajari. Saya sangat yakin ada dimensi seni dan subjektivitas dalam proses terapi yang dikembangkan oleh setiap terapis dalam menghadapi realitas yang dihadapi. Dimensi seni dan subjektif inilah yang dapat menghasilkan variasi baru dalam bidang psikoterapi dan intervensi psikologi. Adapun beberapa teknik intervensi psikologi dalam buku ini, antara lain:
PENGANTAR AHLI.................................................................... v
KATA PENGANTAR................................................................... vii
DAFTAR ISI .............................................................................. xiii
Bab 1 Intervensi Psikology .......................................................... 1
Bab 2 Terapi Menggambar Untuk Menurunkan Hambatan Emosi
Pada Anak Korban Kekerasan Orang Tua......................... 7
Bab 3 Terapi Teknik Restrukturisasi Kognitif Untuk Penderita
Gangguan Somatisasi........................................................ 19
Bab 4 Penerapan Terapi Token Economy Untuk Meningkatkan
Tensi Dalam Mengerjakan Tugas Pada Anak ADHD
(Attention Deficit and Hyperativity Disorder) ................. 31
Bab 5 Terapi Self Controle Untuk Mengurangi Perilaku Berjudi 39
Bb 6 Terapi Relaksasi Kesadaran Indera Untuk Menurunkan
Tingkat Kecemasan Penderita Penyakit Kronis ............... 47
Bab 7 Terapi Relaksasi Otot Progresif Pada Penderita
Generalized Anxiety Disorder .......................................... 59
Bab 8 Terapi Relaksasi Kesadaran Indera Dan Self Talk Untuk
Mereduksi Kecemasan....................................................... 73
Bab 9 Terapi Relaksasi Meditasi Untuk Menurunkan Stres Pada
Hipertensi .......................................................................... 89
Bab 10 Parent Management Training Untuk Perilaku Anti Sosial
Pada Anak.......................................................................... 101
Bab 11 Triple-P (Positive Paenting Program) Untuk Meningkatkan
Kompetensi Pengasuahn (Parenting Competence) Pada
Orang Tua.......................................................................... 131
xiv Intervensi Psikologi
Bab 12 Cognitive Beharior Therapy Untuk Mengatasi Kecemasan
Sosial Pada Mahasiswa Yang Akan Menghadapi
Proses Bimbingan Skripsi .................................................. 159
Bab 13 Cognitive Behavior Therapy untuk Mereduksi Tingkat
Kecemasan Pada Pasien Pasca Stroke ............................... 173
Bab 14 Rational Emotive Behavior Therapy Untuk Mengurangi
Depresi ............................................................................... 187
Bab 15 Positive Psychotherapy Untuk Meningkatkan Psychological
Well Being......................................................................... 205
Bab 16 Positive Psychotherapy Untuk Menangani Gangguan
Depresi ............................................................................... 233
Bab 17 Adjuvant Psychological Therapy Untuk Menurunkan
Tingkat Depresi Pada Penderita Kanker Serviks .............. 251
Bab 18 Terapi (Seft) Spiritual Emotional Freedom Technique
Untuk Mengatasi Fobia Spesifik....................................... 269
BAB 19 Psikoedukasi Pada keluarga Penderita Skizofrenia ......... 287
Indeks ........................................................................................... 301