logo
  • TEORI-TEORI KOMUNIKASI

TEORI-TEORI KOMUNIKASI

In stock
2
Harga Buku Rp. 79.000
Harga EBook Rp. 65.000
  • Pengarang : Farid Rusman
  • Kategori : Pendidikan
  • ISBN : 978-979-796-889-2
  • e-ISBN : 978-979-796-891-5
  • Tahun Terbit : 2024
  • Halaman : 137
  • Cetakan : Pertama
  • Ukuran : 16 x 23 cm
  • Berat : 0.8

Jumlah teori dalam Ilmu-ilmu Sosial, termasuk dalam Ilmu Komunikasi, sangat banyak dan bermacam-macam cara berpikirnya dalam menjelaskan dunia nyata, dalam memandu suatu penyelenggaraan praktek, termasuk praktek komunikasi. Suatu fenomena komunikasi yang berlangsung di suatu tempat di suatu waktu, barangkali tidak cocok dijelaskan dengan memakai teori A, mungkin lebih cocok dijelaskan dengan memakai teori B. Begitu pun dalam praktek komunikasi, misalnya dalam pembuatan konten-konten yang efektif untuk mempengaruhi warganet dalam memilih suatu produk atau dalam bersikap terhadap suatu permasalahan, mungkin teori C lebih cocok dibanding teori D. Masih banyak orang awam, bahkan juga mahasiswa, terutama mahasiswa Ilmu-ilmu Sosial, termasuk mahasiswa Ilmu Komunikasi, yang masih salah persepsi dalam mengartikan kata “teori”, meski kata “teori” cukup akrab bagi mereka. Bahkan kata “teori” cukup terkenal, misalnya melalui pernyataan “ah.....itu kan cuma teori”. Pernyataan ini sangat umum diucapkan banyak orang. Pernyataan ini juga secara implisit mengandung arti seolah teori itu selalu tidak sesuai dengan kenyataan, tidak sesuai dengan praktek. Oleh karenanya hanya sedikit jumlah teori yang bisa penulis sampaikan dalam buku tipis ini. Karena memilih sedikit dari jumlah yang sangat banyak, penulis cukup kesulitan dalam menyeleksinya, dan harus dipertimbangkan bahwa pembaca buku ini merupakan para pemula dalam mengenal teori-teori Komunikasi. Di sisi lain, meskipun pembaca buku ini adalah pemula dalam membaca pemikiran-pemikiran dalam teori-teori Komunikasi, pemilihan teori-teorinya buka semata dipilih hanya yang paling mudah cara berpikir dalam teorinya. Karena terdapat juga cukup banyak teori-teori yang sangat penting untuk segera diperkenalkan, walaupun cara berpikirnya dalam teori-teori tersebut cukup rumit.

Prakata    -    v
Daftar Isi    -    ix

Bab    1    Pengertian dan Kegunaan Teori Komunikasi    -    1
A.    Pengertian Teori Secara Umum    -    1
B.    Pengertian Teori Komunikasi    -    2
C.    Kegunaan Teori Komunikasi    -    2

Bab    2    Memetakan Teori-Teori Komunikasi    -    7
A.    Pemetaan Berdasarkan Fenomena Komunikasi yang Diteorikan    -    7
B.    Pemetaan Berdasarkan Corak Pemikiran dalam Teori-Teori yang Disertakan    -    9

Bab    3    Teori-Teori Komunikasi Interpersonal    -    11
A.    Teori Penetrasi Sosial    -    11
B.    Teori Pertukaran Sosial    -    14
C.    Teori Fundamental Interpersonal Relations Orientation (FIRO)    -    17
D.    Teori Self Disclosure dan Model Joharry Windows    -    18
E.    Teori Permainan    -    22
F.    Lima Macam Strategi Kendali dalam Komunikasi Interpersonal    -    23

Bab    4    Teori-Teori Komunikasi Kelompok dan Organisasional    -    27
A.    Teori Konformitas    -    28
B.    Teori Analisis Proses Interaksi    -    29
C.    Teori Pola Jaringan Komunikasi    -    31
D.    Teori Struktural Fungsional    -    34
E.    Teori Strukturasi dari Scott Poole    -    36
F.    Teori Kritis tentang Komunikasi Organisasional    -    38

Bab    5    Proses dan Efek Komunikasi Massa    -    41
A.    Proses Komunikasi Massa    -    41
B.    Teori-Teori Efek Kuat    -    43
C.    Teori-Teori Efek Lemah    -    51
D.    Teori Efek Moderat (Model Agenda Setting)    -    57

Bab    6    Teori Kritis Tentang Teks Komunikasi yang Distorsif    -    59
A.    Teks Komunikasi Sebagai Topeng    -    60
B.    Teks Komunikasi Sebagai “Proyek Lupa”    -    61
C.    Teks Komunikasi Sebagai Representasi    -    62
D.    Teks Komunikasi Sebagai Ideologi    -    64
E.    Teks Komunikasi Sebagai Blamming the Victim    -    65

Bab    7    Teori-Teori Semiotika    -    67
A.    Semiotik Versi Ferdinand de Saussure    -    68
B.    Semiotika Versi Charles Sanders Peirce    -    69
C.    Semiologi Versi Roland Barthes    -    72
D.    Sintagmatik dari Vladimir Propp Versus Paradigmatik dari Levi’s Strauss    -    74
E.    Semiotika Postmodernisme    -    76
Bab    8    Teori  Interaksi Simbolik    -    85
A.    Selintas Riwayat Pemikiran dalam Teori Interaksi Simbolik    -    85
B.    Teori Interaksi Simbolik dalam Menjelaskan Fenomena Komunikasi    -    91

Bab    9    Teori The Social Construction of Reality    -    95
A.    Sekilas Riwayat Pemikiran Teori Konstruksi Sosial atas Kenyataan    -    95
B.    Teori Konstruksi Sosial atas Kenyataan untuk Menjelaskan Fenomena Komunikasi dalam Masyarakat    -    98

Bab 10    Teori Tentang Media dan Budaya Pop dalam Masyarakat    -    105
A.    Pengertian Media dan Saluran Komunikasi    -    105
B.    Macam-macam Peran Media dalam Masyarakat    -    107
C.    Relasi antara Media dan Masyarakat    -    109
D.    Budaya Pop dalam Masyarakat Modern    -    111
E.    Relasi antara Media dan Budaya Pop dalam Masyarakat Modern    -    114

Daftar Pustaka    -    117
Indeks    -    121
Tentang Penulis    -    125

Informasi

Stay Connected