logo
  • METODE PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN (RESEARCH AND DEVELOPMENT) DALAM PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN

METODE PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN (RESEARCH AND DEVELOPMENT) DALAM PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN

In stock
2
Rp 184.000
  • Pengarang: Setya Yuwana Sudikan, Titik Indarti, Faizin
  • Kategori: Pendidikan
  • ISBN: 978-979-796-801-4 e-ISBN 978-979-796-802-1
  • Tahun Terbit: 2023
  • Halaman: 263
  • Cetakan: Pertama
  • Ukuran: 16 x 23 cm
  • Berat: 0,7 kg

Prinsip dasar pada Penelitian dan pengembangan yakni mengutamakan solusi terhadap berbagai masalah dunia kependidikan dan pembelajaran. Penelitian ini memadukan berbagai jenis penelitian untuk menjawab berbagai masalah pendidikan dan pembelajaran. Kerangaka Penelitian dan pengembangan akan mendorong kreativitas sekalgus cara berpikir realistis sekaligus terukur dalam menemukan berbagai solusi permasalahan. Berbagai hal yang dilakukan dalam metode penelitian ini dapat mengungkapkan berbagai fenomena permasalahan dalam berbagai dimensi.

Buku ini berisi tentang berbagai hal terkait aspek pendidikan dan pembelajaran meliputi (a) Komponenen Pembelajaran, (b) Teori belajar dan pembelajaran, (c) berbagai model penelitian dan pengembangan, serta (d) Metode penelitian dan pengembangan. Berbgai hal tersebut sebagai bentuk inovasi dalam penelitian dan pengembangan dalam pendidikan serta pembelajaran. Penelitian dan pengembangan memiliki komponen pembelajaran berbeda-beda dalam model pengembangannya. Salah satu contoh yakni Penelitian dan pengembangan “model pembelajaran” yang menggunakan model Borg and Gall dengan sepuluh langkah, yakni (1) penelitian dan pengumpulan informasi awal, (2) perencanaan, (3) pengembangan format produk awal, (4) uji coba awal, (5) revisi produk, (6) uji coba lapangan, (7) revisi produk, (8) uji lapangan, (9) revisi produk akhir, serta (10) diseminasi dan implementasi.

Ada lima unsur yang menjadi luaran (outcome) penelitian dan pengembangan model pembelajaran, yakni (1) sintaks, suatu urutan kegiatan yang biasa juga disebut fase; (2) sistem sosial, memberi peranan guru dan siswa serta jenis aturan yang diperlukan; (3) prinsip-primip reaksi, memberi gambaran kepada guru tentang cara memandang atau merespons pertanyaan-pertanyaan siswa; (4) sistem pendukung, kondisi yang diperlukan oleh model; dan (5) dampak instruktusional dan dampak pengiring, hasil yang akan dicapai siswa setelah mengikuti pembelajaran.

Bab 1. Pendahuluan   -     1

  1. Konsep Penelitian dan Pengembangan)     -     1
  2. Perkembangan Penelitian dan Pengembangan dari Waktu ke Waktu     -     3
  3. Karakteristik Penelitian dan Pengembangan     -     4
  4. Menentukan Penyabab Penyakit Tumbuhan     -     8

Bab 2. Komponen Pembelajaran     -     9

  1. Kurikulum    -     9
  2. Perangkat Pembelajaran     -     10
  3. Materi Pembelajaran    -     16
  4. Strategi dan Metode Pembelajaran     -     17
  5. Media Pembelajaran    -     21
  6. Penilaian     -     29
  7. Pengembangan Model Pembelajaran     -     35

Bab  3. Teori Belajar dan Pembelajaran     -     39

  1. Teori-Teori Belajar    -     39
  2. Teori Belajar Behaviorisme     -     39
  3. Teori Belajar Kognitif    -     46
  4. Teori Pemrosesan Informasi dari Robert Gagne     -     51
  5. Teori Belajar Konstruktivisme    -     52 F.  Teori Belajar Gestalt     -     58

vii

viii

  1. Teori Belajar Humanistik     -     61
  2. Teori Belajar Sibernetik      -   64
  3. Teori Belajar dalam Proses Pembelajaran             -     67

Bab 4. Model-Model Penelitian dan Pengembangan     -     53

  1. Pengertian     -     69
  2. Model Konseptual     -     69
  3. Model Prosedural   -     70
  4. Model Pengembangan Kurikulum   -     124

Bab 5. Metode Penelitian dan Pengembangan     -     137

  1. Langkah Kerja Penelitian dan Pengembangan     -     137
  2. Tahap Penelitian    -     138
  3. Tahap Pengembangan     -    154
  4. Desain Produk    -    155
  5. Rancangan Produk     -     164
  6. Uji Hasil Pengembangan     -     183
  7. Publikasi Hasil Pengembangan    -     188

Daftar Pustaka     -    189

Lampiran   -     195

Glosarium     -     247

Biodata Singkat Penulis    -     251

Informasi

Stay Connected