logo
  • KAJIAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SD: TEORI DAN PRAKTIK

KAJIAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SD: TEORI DAN PRAKTIK

In stock
2
Harga Buku Rp. 114.000
  • Pengarang : Beti Istanti S., Maharani Putri K.
  • Kategori : Pendidikan
  • ISBN : -
  • e-ISBN :
  • Tahun Terbit : 2024
  • Halaman : 210
  • Cetakan : Pertama
  • Ukuran : 16 x 23 cm
  • Berat : 1000

Buku ini dirancang untuk memberikan pemahaman yang mendalam mengenai berbagai aspek pembelajaran IPS, mulai dari dasar-dasar pendidikan sosial hingga aplikasinya dalam konteks kurikulum sekolah dasar di Indonesia. Buku ini terdiri dari beberapa bab yang mengulas berbagai tema utama, di antaranya pengertian IPS, sejarah perkembangan IPS di Indonesia, tujuan pengajaran IPS, serta berbagai konsep dasar ilmu-ilmu sosial seperti geografi, sejarah, antropologi, dan sosiologi. Selain itu, buku ini juga membahas pentingnya IPS dalam membantu siswa memahami fenomena sosial, ekonomi, dan budaya di lingkungannya, baik dalam skala lokal, nasional, maupun global. Ditekankan juga pentingnya integrasi antara IPS dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), yang memberikan kerangka berpikir kritis bagi siswa dalam menghadapi tantangan kehidupan modern. Dengan metode pengajaran yang berfokus pada penyederhanaan materi yang kompleks menjadi lebih mudah dipahami, buku ini menekankan pembelajaran interaktif melalui kegiatan seperti diskusi kelompok, mind mapping, dan refleksi untuk memperkuat pemahaman siswa. Buku ini tidak hanya membekali calon guru dengan pengetahuan teoritis, tetapi juga memberikan arahan praktis dalam penerapan pembelajaran IPS yang menarik dan relevan dengan perkembangan zaman. Hal ini menjadikan buku ini sebagai referensi penting bagi guru, mahasiswa calon pendidik, dan akademisi yang ingin mengembangkan metode pembelajaran IPS di sekolah dasar secara efektif.

PRAKATA        v
DAFTAR ISI        vii

Bab 1    KONSEP PENDIDIKAN IPS DAN KARAKTERISTIK PENDIDIKAN IPS DI SD        1
A.    Pengertian IPS        1
B.    Sejarah Perkembangan IPS di Indonesia        6
C.    Rasional Mempelajari IPS        9
D.    Hakikat IPS        10
E.    Tujuan Pengajaran IPS        13
F.    Kegiatan Pembelajaran        15
G.    Rangkuman        17
Bab 2    IPS DALAM PROGRAM PENDIDIKAN        19
A.    Pentingnya IPS pada Program Pendidikan        19
B.    Ruang Lingkup IPS sebagai Program Pendidikan        22
C.    Karakteristik Pendidikan IPS        25
D.    Karakteristik IPS Menurut Strategi Penyampaiannya Antara Lain        27
E.    Kegiatan Pembelajaran (KB)        27
F.    Rangkuman        28
Bab 3    KONSEP DASAR ILMU-ILMU SOSIAL        29
A.    Konsep Dasar Ilmu-Ilmu Sosial        29
B.    Kegiatan Pembelajaran (KB)        38
C.    Rangkuman        39
Bab 4    KONTEN IPS NILAI, SIKAP DAN KETERAMPILAN DALAM IPS        41
A.    Fakta        42
B.    Konsep        42
C.    Generalisasi        43
D.    Teori        45
E.    Nilai dan Sikap dalam IPS        45
F.    Keterampilan dalam IPS        49
G.    Kegiatan Pembelajaran (KB)        52
H.    Rangkuman        53
Bab 5    KONSEP WAKTU, PERUBAHAN DAN KEBUDAYAAN        55
A.    Waktu        55
B.    Sejarah        56
C.    Berkelanjutan dan Perubahan        59
D.    Perubahan Sosial Budaya        59
E.    Kebudayaan        61
F.    Kegiatan Pembelajaran (KB)        62
G.    Rangkuman        63
Bab 6    PENGARUH KEBUDAYAAN LUAR TERHADAP KEBUDAYAAN INDONESIA        65
A.    Pengaruh Kebudayaan Luar Terhadap Kebudayaan Indonesia        65
B.    Perjuangan Indonesia Dalam Mencapai dan Mempertahankan Kemerdekaan        67
C.    Kegiatan Pembelajaran (KB)        69
D.    Rangkuman        70
Bab 7    KONSEP PRODUKSI, DISTRIBUSI DAN KONSUMSI & EKONOMI INDONESIA        73
A.    Konsep Produksi, Distribusi, dan Konsumsi        73
B.    Ekonomi dan Bisnis di Indonesia        79
C.    Kegiatan Pokok ekonomi        84
D.    Kegiatan Pembelajaran (KB)        84
E.    Rangkuman        86
Bab 8    KONSEP IPTEK & PERANANNYA DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT        87
A.    Konsep Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) serta Pengaruhnya Terhadap Kehidupan Masyarakat        87
B.    Konsep Iptek dan Masyarakat        89
C.    Sejarah Perkembangan Iptek        90
D.    Peranan Iptek terhadap Masyarakat        92
E.    Iptek dan Daya Kemampuan Masyarakat        94
F.    Kegiatan Pembelajaran (KB)        97
G.    Rangkuman        98
Bab 9     PERKEMBANGAN IPTEK DAN PERNGARUHNYA BAGI KEHIDUPAN MASYARAKAT        99
A.    Pengembangan Iptek untuk Mewujudkan Masyarakat Maju dan Mandiri        100
B.    Pentingnya Iptek bagi Masyarakat        101
C.    Pengaruh Perkembangan Iptek Terhadap Kehidupan Masyarakat        103
D.    Pentingnya Alih Teknologi        104
E.    Kegiatan Pembelajaran (KB)        109
F.    Rangkuman        110
Bab 10     KONSEP-KONSEP IPS DALAM KONTEKS LOKAL, NASIONAL DAN GLOBAL        113
A.    Konsep Geografi Dalam Konteks Lokal, Nasional, dan Global        114
B.    Konsep Sejarah Dalam Konteks Lokal, Nasional, dan Global        116
C.    Konsep Ekonomi Dalam Konteks Lokal, Nasional, dan Global        118
D.    Konsep Sosiologi Dalam Konteks Lokal, Nasional, dan Global        122
E.    Konsep Antropologi Dalam Konteks Lokal, Nasional, dan Global        124
F.    Kegiatan Pembelajaran (KB)        126
G.    Rangkuman        128
Bab 11     MASALAH-MASALAH SOSIAL        129
A.    Pengertian Masalah Sosial        129
B.    Penyebab Timbulnya Masalah Sosial        132
C.    Jenis-Jenis Masalah Sosial        134
D.    Teori Sosial        138
E.    Pendekatan Pemecahan Masalah Sosial        140
F.    Kegiatan Pembelajaran (KB)        143
G.    Rangkuman        144
Bab 12    LINGKUNGAN FISIK WILAYAH DAN HUBUNGANNYA DENGAN KEHIDUPAN MANUSIA SERTA KEMAJEMUKAN RAS, ETNIK, DAN AGAMA NUSANTARA        147
A.    Pengertian Lingkungan Fisik Wilayah        149
B.    Hubungan Lingkungan Fisik Wilayah dengan     Manusia    152
C.    Kemajemukan Ras, Etnik, dan Agama Nusantara        155
D.    Kegiatan Pembelajaran (KB)        158
E.    Rangkuman        159
Bab 13     PETA, ATLAS, DAN GLOBE UNTUK MENDAPATKAN DATA DAN INFORMASI GEOSPASIAL        161
A.    Menggunakan Peta, dan Globe untuk Mendapatkan Data serta Infromasi        162
B.    Mengguanakan Peta untuk Mendapatkan Data dan Informasi Geospasial        166
C.    Rangkuman        170
Bab 14     SALING KETERGANTUNGAN ANTARA MANUSIA DENGAN LINGKUNGAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEHIDUPAN        173
A.    Dampak Perubahan Lingkungan Terhadap ehidupan Manusia dan Pengelolaan Lingkungan        175
B.    Pengelolaan dan Pendayagunaan Sumber Daya Alam Serta Lingkungan Hidup        178
C.    Permasalahan Lingkungan Hidup        181
D.    Pengelolaan Sumber Daya Alam Secara Bijaksana        184
E.    Kegiatan Pembelajaran (KB)        188
F.    Rangkuman        189

DAFTAR PUSTAKA        191
GLOSARIUM        195
BIODATA PENULIS        197

Informasi

Stay Connected