Buku ini dirancang untuk memberikan pemahaman yang mendalam mengenai berbagai aspek pembelajaran IPS, mulai dari dasar-dasar pendidikan sosial hingga aplikasinya dalam konteks kurikulum sekolah dasar di Indonesia. Buku ini terdiri dari beberapa bab yang mengulas berbagai tema utama, di antaranya pengertian IPS, sejarah perkembangan IPS di Indonesia, tujuan pengajaran IPS, serta berbagai konsep dasar ilmu-ilmu sosial seperti geografi, sejarah, antropologi, dan sosiologi. Selain itu, buku ini juga membahas pentingnya IPS dalam membantu siswa memahami fenomena sosial, ekonomi, dan budaya di lingkungannya, baik dalam skala lokal, nasional, maupun global. Ditekankan juga pentingnya integrasi antara IPS dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), yang memberikan kerangka berpikir kritis bagi siswa dalam menghadapi tantangan kehidupan modern. Dengan metode pengajaran yang berfokus pada penyederhanaan materi yang kompleks menjadi lebih mudah dipahami, buku ini menekankan pembelajaran interaktif melalui kegiatan seperti diskusi kelompok, mind mapping, dan refleksi untuk memperkuat pemahaman siswa. Buku ini tidak hanya membekali calon guru dengan pengetahuan teoritis, tetapi juga memberikan arahan praktis dalam penerapan pembelajaran IPS yang menarik dan relevan dengan perkembangan zaman. Hal ini menjadikan buku ini sebagai referensi penting bagi guru, mahasiswa calon pendidik, dan akademisi yang ingin mengembangkan metode pembelajaran IPS di sekolah dasar secara efektif.
PRAKATA v
DAFTAR ISI vii
Bab 1 KONSEP PENDIDIKAN IPS DAN KARAKTERISTIK PENDIDIKAN IPS DI SD 1
A. Pengertian IPS 1
B. Sejarah Perkembangan IPS di Indonesia 6
C. Rasional Mempelajari IPS 9
D. Hakikat IPS 10
E. Tujuan Pengajaran IPS 13
F. Kegiatan Pembelajaran 15
G. Rangkuman 17
Bab 2 IPS DALAM PROGRAM PENDIDIKAN 19
A. Pentingnya IPS pada Program Pendidikan 19
B. Ruang Lingkup IPS sebagai Program Pendidikan 22
C. Karakteristik Pendidikan IPS 25
D. Karakteristik IPS Menurut Strategi Penyampaiannya Antara Lain 27
E. Kegiatan Pembelajaran (KB) 27
F. Rangkuman 28
Bab 3 KONSEP DASAR ILMU-ILMU SOSIAL 29
A. Konsep Dasar Ilmu-Ilmu Sosial 29
B. Kegiatan Pembelajaran (KB) 38
C. Rangkuman 39
Bab 4 KONTEN IPS NILAI, SIKAP DAN KETERAMPILAN DALAM IPS 41
A. Fakta 42
B. Konsep 42
C. Generalisasi 43
D. Teori 45
E. Nilai dan Sikap dalam IPS 45
F. Keterampilan dalam IPS 49
G. Kegiatan Pembelajaran (KB) 52
H. Rangkuman 53
Bab 5 KONSEP WAKTU, PERUBAHAN DAN KEBUDAYAAN 55
A. Waktu 55
B. Sejarah 56
C. Berkelanjutan dan Perubahan 59
D. Perubahan Sosial Budaya 59
E. Kebudayaan 61
F. Kegiatan Pembelajaran (KB) 62
G. Rangkuman 63
Bab 6 PENGARUH KEBUDAYAAN LUAR TERHADAP KEBUDAYAAN INDONESIA 65
A. Pengaruh Kebudayaan Luar Terhadap Kebudayaan Indonesia 65
B. Perjuangan Indonesia Dalam Mencapai dan Mempertahankan Kemerdekaan 67
C. Kegiatan Pembelajaran (KB) 69
D. Rangkuman 70
Bab 7 KONSEP PRODUKSI, DISTRIBUSI DAN KONSUMSI & EKONOMI INDONESIA 73
A. Konsep Produksi, Distribusi, dan Konsumsi 73
B. Ekonomi dan Bisnis di Indonesia 79
C. Kegiatan Pokok ekonomi 84
D. Kegiatan Pembelajaran (KB) 84
E. Rangkuman 86
Bab 8 KONSEP IPTEK & PERANANNYA DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT 87
A. Konsep Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) serta Pengaruhnya Terhadap Kehidupan Masyarakat 87
B. Konsep Iptek dan Masyarakat 89
C. Sejarah Perkembangan Iptek 90
D. Peranan Iptek terhadap Masyarakat 92
E. Iptek dan Daya Kemampuan Masyarakat 94
F. Kegiatan Pembelajaran (KB) 97
G. Rangkuman 98
Bab 9 PERKEMBANGAN IPTEK DAN PERNGARUHNYA BAGI KEHIDUPAN MASYARAKAT 99
A. Pengembangan Iptek untuk Mewujudkan Masyarakat Maju dan Mandiri 100
B. Pentingnya Iptek bagi Masyarakat 101
C. Pengaruh Perkembangan Iptek Terhadap Kehidupan Masyarakat 103
D. Pentingnya Alih Teknologi 104
E. Kegiatan Pembelajaran (KB) 109
F. Rangkuman 110
Bab 10 KONSEP-KONSEP IPS DALAM KONTEKS LOKAL, NASIONAL DAN GLOBAL 113
A. Konsep Geografi Dalam Konteks Lokal, Nasional, dan Global 114
B. Konsep Sejarah Dalam Konteks Lokal, Nasional, dan Global 116
C. Konsep Ekonomi Dalam Konteks Lokal, Nasional, dan Global 118
D. Konsep Sosiologi Dalam Konteks Lokal, Nasional, dan Global 122
E. Konsep Antropologi Dalam Konteks Lokal, Nasional, dan Global 124
F. Kegiatan Pembelajaran (KB) 126
G. Rangkuman 128
Bab 11 MASALAH-MASALAH SOSIAL 129
A. Pengertian Masalah Sosial 129
B. Penyebab Timbulnya Masalah Sosial 132
C. Jenis-Jenis Masalah Sosial 134
D. Teori Sosial 138
E. Pendekatan Pemecahan Masalah Sosial 140
F. Kegiatan Pembelajaran (KB) 143
G. Rangkuman 144
Bab 12 LINGKUNGAN FISIK WILAYAH DAN HUBUNGANNYA DENGAN KEHIDUPAN MANUSIA SERTA KEMAJEMUKAN RAS, ETNIK, DAN AGAMA NUSANTARA 147
A. Pengertian Lingkungan Fisik Wilayah 149
B. Hubungan Lingkungan Fisik Wilayah dengan Manusia 152
C. Kemajemukan Ras, Etnik, dan Agama Nusantara 155
D. Kegiatan Pembelajaran (KB) 158
E. Rangkuman 159
Bab 13 PETA, ATLAS, DAN GLOBE UNTUK MENDAPATKAN DATA DAN INFORMASI GEOSPASIAL 161
A. Menggunakan Peta, dan Globe untuk Mendapatkan Data serta Infromasi 162
B. Mengguanakan Peta untuk Mendapatkan Data dan Informasi Geospasial 166
C. Rangkuman 170
Bab 14 SALING KETERGANTUNGAN ANTARA MANUSIA DENGAN LINGKUNGAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEHIDUPAN 173
A. Dampak Perubahan Lingkungan Terhadap ehidupan Manusia dan Pengelolaan Lingkungan 175
B. Pengelolaan dan Pendayagunaan Sumber Daya Alam Serta Lingkungan Hidup 178
C. Permasalahan Lingkungan Hidup 181
D. Pengelolaan Sumber Daya Alam Secara Bijaksana 184
E. Kegiatan Pembelajaran (KB) 188
F. Rangkuman 189
DAFTAR PUSTAKA 191
GLOSARIUM 195
BIODATA PENULIS 197