logo
  • BELAJAR DAN PEMBELAJARAN DI ERA MILENIA

BELAJAR DAN PEMBELAJARAN DI ERA MILENIA

In stock
0
Harga Buku Rp. 75.000
Harga EBook Rp. 49.000
  • Pengarang : Puji Sumarsono Siti Inganah Daroe Iswatiningsih Hu
  • Kategori : Pendidikan
  • ISBN : 978-979-796-480-1
  • e-ISBN : 978-979-796-485-6
  • Tahun Terbit : 2020
  • Halaman : 163
  • Cetakan : Pertama
  • Ukuran : 16 x 23 cm
  • Berat : 1000

Peserta didik hari ini mengalami lompatan pengetahuan dan karaktersitik yang luar biasa jauh berbeda dibanding dengan peserta didik 20 tahun yang lalu. Mereka memang masih tetap tinggal di daerahnya atau kampung mereka masing-masing namun memiliki pandangan global terhadap network, pendidikan, kerjasama, dan inovasi. Karena itu dunia hari ini menjadi global village yang membuat penghuninya menjadi network society yang terhubung dan tidak sekat antar satu dan lainnya. Driven factor-nya adalah tekhnologi yang membuat peserta didik tidak lagi memiliki batas untuk belajar dan bersosialisasi kapanpun dengan siapapun yang dia inginkan. Menghadapi perubahan yang begitu cepat ini, pendidikan harus mampu menjadi salah satu driven factor yang mengisi ruang-ruang kosong yang belum terisi. Dengan demikian menjadi guru di era millennial ini memiliki tuntutan yang besar. Ketidakmampuan guru dalam memahami dan merespon peserta didik milenial dengan berbagai karakteristik dan tuntutannya membuat pendidikan tidak mampu memanusiakan manusia. Buku ini mengulas bagaimana membelajarkan peserta didik agar mampu belajar untuk mengeluarkan potensi yang dimilikinya dan membantu mengatasi persoalan belajar yang mereka hadapi.

 

KATA PENGANTAR----------------------------------------------------------- v

PRAKATA----------------------------------------------------------------------- vii

DAFTAR ISI--------------------------------------------------------------------- ix

BAB 1 KONSEP BELAJAR---------------------------------------------------- 1

A. Pengantar------------------------------------------------------------ 1

B. Pengertian Belajar--------------------------------------------------- 1

C. Tahapan Belajar----------------------------------------------------- 3

D. Variabel Taksonomi Belajar-------------------------------------- 4

BAB 2  TEORI BELAJAR----------------------------------------------------- 11

A. Pengantar----------------------------------------------------------- 11

B. Teori Belajar Behavioristik-------------------------------------- 11

C. Teori Belajar Konstruktivistik---------------------------------- 22

D. Tokoh-Tokoh Teori Belajar Konstruktivisme--------------- 24

E. Dampak Teori Konstruktivistik dalam Pembelajaran----- 28

F. Teori Belajar Humanistik---------------------------------------- 29

BAB 3  MOTIVASI BELAJAR----------------------------------------------- 37

A. Pengantar----------------------------------------------------------- 37

B. Hakikat Motivasi Belajar---------------------------------------- 38

C. Jenis Motivasi Belajar-------------------------------------------- 39

D. Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar   Siswa 40    

E. Pentingnya Motivasi Belajar bagi Siswa--------------------- 46

BAB 4 KECERDASAN MAJEMUK---------------------------------------- 49

A. Pengantar----------------------------------------------------------- 49

B. Pengertian Kecerdasan Majemuk------------------------------ 49

C. Delapan Macam kecerdasan Majemuk----------------------- 51

BAB 5 RUMPUN MODEL PEMBELAJARAN-------------------------- 63

A. Pengantar----------------------------------------------------------- 63

D. Rumpun Model Pembelajaran--------------------------------- 63

BAB 6 PEMBELAJARAN INOVATIF------------------------------------- 73

A. Pengantar----------------------------------------------------------- 73

B. Definisi Pembelajaran Inovatif--------------------------------- 73

C. Problem-Based Learning (PBL)----------------------------------- 76

D. Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching   Learning) 80

E. Pembelajaran Kooperatif (STAD, TAI, Jigsaw, Learning   Together)   81

F. Quantum Learning and Quantrum Teaching------------------- 89

BAB 7. KESULITAN BELAJAR--------------------------------------------- 95

A. Pengantar----------------------------------------------------------- 95

B. Definisi, Jenis dan Manifestasi Kesulitan Belajar----------- 96

C. Beberapa Penyebab Kesulitan Belajar----------------------- 108

BAB 8 PENANGANAN KASUS KESULITAN BELAJAR---------- 119

A. Pengantar--------------------------------------------------------- 119

B. Diagnosis Kesulitan Belajar----------------------------------- 120

C. Prosedur Pelaksanaan Diagnosis Kesulitan Belajar------ 125

D. Merancang Penanganan Kasus Kesulitan Belajar-------- 131

DAFTAR PUSTAKA--------------------------------------------------------- 135

INDEKS------------------------------------------------------------------------- 141

BIODATA PENULIS--------------------------------------------------------- 147

Informasi

Stay Connected