Buku menjelaskan sintaks (prosedur/tata langkah) berbagai metode yang termasuk ke dalam Student Centered Learning (pembelajaran yang berpusat pada peserta didik).Suatu sintaks pembelajaran menunjukkan dengan jelas kegiatan-kegiatan apa yang perlu dilakukan oleh guru/dosen dan siswa/mahasiswa, urutan kegiatan-kegiatan tersebut, dan tugas-tugas khusus yang perlu dilakukan oleh siswa/mahasiswa. Disamping mengkaji model pembelajaran, buku ini juga mengkaji tentang pengertian, efektivitas, kelebihan, dan kelemahan dari metode pembelajaran. Sebanyak 45 (empat puluh lima) metode pembelajaran dibahas tuntas di dalam buku ini {Metode PembelajaranAuditory, Intellectualy, Repetition(AIR), Artikulasi, Brainstorming, Buzz Group (BG), Cooperative Script (CS), Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC ), Course Review Horay (CRH), Tebak Kata (TK), Complette Sentence (CS), Connecting, Organizing, Refleting, Extending (CORE), Debat Aktif (DA), Double Loop Problem Solving (DLPS), Example Non Example (EnE), Direct Instruction (DI), Group Investigation (GI), Inquiry, Jigsaw, Mind Mapping (MM), Outentic Learning (OL), Think Pair Share (TPS), Visualization Auditory Kinestetic (VAK), Contextual Teaching and Learning (CTL), Circuit Learning (CL), Creative Problem Solving (CPS), Demonstrasi, Explicit Instruction (EI), Learning Cycle (LC), Means-Ends Analysis (MEA), Meaningfull Learning (ML), Numbered Head Together (NHT), Pair Check (PC), Picture And Picture (PP), Probing Prompting (PrPr), Problem Solving (PS), Role Playing (RP), Snowball Throwing (ST), Survey Question Read Recite Review (SQ3R), Student Teams Achievement Division (STAD), Take and Give (TG), Teams Games Tournament (TGT), Time Token (TT), Two Stay Two Stray (TSTS), Driil, Make A Match (MaM), dan Inside Outside Circle (IOC). Buku pantas untuk dimilki dan di baca oleh Guru, Dosen, Tutor, Fasilitator, Instruktur, dan Pamong Belajar dalam kerangka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kita dalampengelolaan metode pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.
PRAKATA v
DAFTAR ISI vii
BAB 1 STUDENT CENTERED LEARNING DALAM KONTEKS SCIENTIFIC APPROACH 1
Apa Tujuan Pembelajaran Menggunakan Metode Scientific Approach? 5
SCL dalam Konteks Scientific Approach 6
BAB 2 MODEL PEMBELAJARAN 9
Model-model Pembelajaran 11
BAB 3 METODE PEMBELAJARAN 21
Metode Pembelajaran Auditory, Intellectualy, Repetition (AIR) 21
Metode Pembelajaran Artikulasi 24
Metode Pembelajaran Brainstorming 28
Metode Pembelajaran Buzz Group (BG) 33
Metode Pembelajaran Cooperative Script (CS) 36
Metode Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) 37
Metode Pembelajaran Course Review Horay (CRH) 40
Metode Pembelajaran Tebak Kata (TK) 43
Metode Pembelajaran Complette Sentence (CS) 45
Metode Pembelajaran Connecting, Organizing, Refleting, Extending (CORE) 47
Metode Pembelajaran Debat Aktif (DA) 50
Metode Pembelajaran Double Loop Problem Solving 58
Metode Pembelajaran Example Non Example (EE) 62
Metode Pembelajaran Direct Instruction (DI) 64
Metode Pembelajaran Group Investigation (GI) 67
Metode Pembelajaran Inquiry 72
Metode Pembelajaran Jigsaw 79
Metode Pembelajaran Mind Mapping (MM) 82
Metode Pembelajaran Pembelajaran Otentik (Outentic Learning) 86
Metode Pembelajaran Think Pair Share (TPS) 92
Metode Pembelajaran Visualization Auditory Kinestetic (VAK) 97
Metode Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) 99
Metode Pembelajaran Circuit Learning (CL) 102
Metode Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) 104
Metode Pembelajaran Demonstrasi 106
Metode Pembelajaran Explicit Instruction (EI) 107
Metode Pembelajaran Learning Cycle (LC) 109
Metode Pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) 111
Metode Pembelajaran Meaningfull Learning (ML) 112
Metode Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) 115
Metode Pembelajaran Pair Check (PC) 118
Metode Pembelajaran Picture and Picture (PP) 119
Metode Pembelajaran Probing Prompting (PrPr) 122
Metode Pembelajaran Problem Solving (PS) 125
Metode Pembelajaran Role Playing (RP) 128
Metode Pembelajaran Snowball Throwing (ST) 130
Metode Pembelajaran Survey Question Read Recite Review (SQ3R) 132
Metode Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) 135
Metode Pembelajaran Take and Give (TG) 143
Metode Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) 145
Metode Pembelajaran Time Token (TT) 149
Metode Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) 151
Metode Pembelajaran Driil 154
Metode Pembelajaran Make A Match (MaM) 156
Metode Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) 157
DAFTAR PUSTAKA 161
GLOSARIUM 167
INDEKS 171