logo
  • SINTAKS 45 METODE PEMBELAJARAN DALAM STUDENT CENTERED LEARNING (SCL)

SINTAKS 45 METODE PEMBELAJARAN DALAM STUDENT CENTERED LEARNING (SCL)

In stock
0
Rp 97.500
  • Pengarang: Moch. Agus Krisno Budiyanto
  • Kategori: Pendidikan
  • ISBN: 978-979-796-188-6
  • Tahun Terbit: 2022
  • Halaman: 174
  • Cetakan: Ketiga
  • Ukuran: 16 x 23 cm
  • Berat: 0,5

Buku menjelaskan  sintaks (prosedur/tata langkah) berbagai metode yang termasuk ke dalam Student Centered Learning (pembelajaran yang berpusat pada peserta didik).Suatu sintaks pembelajaran menunjukkan dengan jelas kegiatan-kegiatan apa yang perlu dilakukan oleh guru/dosen dan siswa/mahasiswa, urutan kegiatan-kegiatan tersebut, dan tugas-tugas khusus yang perlu dilakukan oleh siswa/mahasiswa. Disamping mengkaji model pembelajaran, buku ini juga mengkaji tentang pengertian, efektivitas, kelebihan, dan kelemahan dari metode pembelajaran. Sebanyak 45 (empat puluh lima) metode pembelajaran dibahas tuntas di dalam buku ini {Metode PembelajaranAuditory, Intellectualy, Repetition(AIR), Artikulasi, Brainstorming, Buzz Group (BG), Cooperative Script (CS), Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC ), Course Review Horay (CRH), Tebak Kata (TK), Complette Sentence (CS), Connecting, Organizing, Refleting,   Extending (CORE), Debat Aktif (DA), Double Loop Problem Solving (DLPS), Example Non Example (EnE), Direct Instruction (DI), Group Investigation (GI), Inquiry, Jigsaw, Mind Mapping (MM), Outentic Learning (OL), Think Pair Share (TPS), Visualization Auditory Kinestetic (VAK), Contextual Teaching and Learning (CTL), Circuit Learning (CL), Creative Problem Solving (CPS), Demonstrasi, Explicit Instruction (EI), Learning Cycle (LC), Means-Ends Analysis (MEA), Meaningfull Learning (ML), Numbered Head Together (NHT), Pair Check (PC), Picture And Picture (PP), Probing Prompting (PrPr), Problem Solving (PS), Role Playing (RP), Snowball Throwing (ST), Survey Question Read Recite Review (SQ3R), Student Teams Achievement Division (STAD), Take and Give (TG), Teams Games Tournament (TGT), Time Token (TT), Two Stay Two Stray (TSTS), Driil, Make A Match (MaM), dan Inside Outside Circle (IOC). Buku pantas untuk dimilki dan di baca oleh Guru, Dosen, Tutor, Fasilitator, Instruktur, dan Pamong Belajar  dalam kerangka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kita dalampengelolaan metode pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.

PRAKATA        v
DAFTAR ISI        vii

BAB 1    STUDENT CENTERED LEARNING DALAM KONTEKS SCIENTIFIC APPROACH        1
    Apa Tujuan Pembelajaran Menggunakan Metode Scientific Approach?        5
    SCL dalam Konteks Scientific Approach        6

BAB 2    MODEL PEMBELAJARAN        9
    Model-model Pembelajaran        11

BAB 3    METODE PEMBELAJARAN        21
    Metode Pembelajaran Auditory, Intellectualy, Repetition (AIR)        21
    Metode Pembelajaran Artikulasi        24
    Metode Pembelajaran Brainstorming        28
    Metode Pembelajaran Buzz Group (BG)        33
    Metode Pembelajaran Cooperative Script (CS)        36
    Metode Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)        37
    Metode Pembelajaran Course Review Horay (CRH)        40
    Metode Pembelajaran Tebak Kata (TK)         43
    Metode Pembelajaran Complette Sentence (CS)         45
    Metode Pembelajaran Connecting, Organizing, Refleting, Extending (CORE)         47
    Metode Pembelajaran Debat Aktif (DA)        50
    Metode Pembelajaran Double Loop Problem Solving        58
    Metode Pembelajaran Example Non Example (EE)        62
    Metode Pembelajaran Direct Instruction (DI)         64
    Metode Pembelajaran Group Investigation (GI)        67
    Metode Pembelajaran Inquiry        72
    Metode Pembelajaran Jigsaw        79
    Metode Pembelajaran Mind Mapping (MM)         82
    Metode Pembelajaran Pembelajaran Otentik (Outentic Learning)        86
    Metode Pembelajaran Think Pair Share (TPS)        92
    Metode Pembelajaran Visualization Auditory Kinestetic (VAK)         97
    Metode Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL)        99
    Metode Pembelajaran Circuit Learning (CL)        102
    Metode Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS)        104
    Metode Pembelajaran Demonstrasi        106
    Metode Pembelajaran Explicit Instruction (EI)        107
    Metode Pembelajaran Learning Cycle (LC)        109
    Metode Pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA)        111
    Metode Pembelajaran Meaningfull Learning (ML)        112
    Metode Pembelajaran Numbered Head Together (NHT)        115
    Metode Pembelajaran Pair Check (PC)        118
    Metode Pembelajaran Picture and Picture (PP)        119
    Metode Pembelajaran Probing Prompting (PrPr)        122
    Metode Pembelajaran Problem Solving (PS)        125
    Metode Pembelajaran Role Playing (RP)        128
    Metode Pembelajaran Snowball Throwing (ST)        130
    Metode Pembelajaran Survey Question Read Recite Review (SQ3R)        132
    Metode Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD)        135
    Metode Pembelajaran Take and Give (TG)        143
    Metode Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT)        145
    Metode Pembelajaran Time Token (TT)        149
    Metode Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS)        151
    Metode Pembelajaran Driil        154
    Metode Pembelajaran Make A Match (MaM)        156
    Metode Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC)        157

DAFTAR PUSTAKA        161
GLOSARIUM        167
INDEKS            171

Informasi

Stay Connected