Beberapa pembahasan terdahulu hanya menunjukkan perlunya integrasi nilai-nilai Islam yang berwawasan lingkungan hidup dan pembelajaran tauhid lingkungan. Pembelajaran umumnya dilaksanakan di jenjang pendidikan dasar dan menengah. Terlihat bahwa belum ditemukan pembahasan dan pengembangan model pembelajaran ilmu lingkungan yang mengintegrasikan nilai-nilai Islam dan berupaya mengembangkan perangkat/ instrumen evaluasi penerimaan aksi berkelanjutan dan literasi lingkungan mahasiswa calon guru biologi. Hasil analisis terhadap RPS diberbagai perguruan tinggi menunjukkan bahwa aspek spiritualitas tidak dimasukkan secara eksplisit. Tidak ada pembelajaran yang secara nyata bahwa perlu penerapan pembelajaran yang menugaskan mahasiswa untuk melaksanakan proyek, menghasilkan produk, maupun belajar secara kolaboratif. Beberapa upaya pengembangan pembelajaran ilmu/pengetahuan lingkungan telah dilakukan oleh penulis lain, namun hanya ada satu pembahasan yang fokus pada implementasi PjBL yang diintegrasikan dengan outdoor study dan hanya berfokus pada satu materi. Sejalan dengan itu, hasil asesmen terhadap 1267 mahasiswa pendidikan biologi seluruh Indonesia menunjukkan penerimaan kompetensi aksi untuk berkelanjutan dan literasi lingkungan mahasiswa hanya sampai pada level "cukup". Oleh karena itu, diperlukan satu model baru dalam pembelajaran pendidikan lingkungan/ilmu lingkungan. Temuan baru/novelty dari penelitian yang kemudian dipublikasi menjadi buku/monograf ini adalah adanya model pembelajaran IQRAA, perangkat pembelajaran, dan instrumen untuk mengukur aspek penerimaan kompetensi aksi berkelanjutan dan literasi lingkungan pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi (calon guru biologi masa depan).
Prakata v
Daftar Isi vii
Daftar Tabel ix
Daftar Gambar xi
Bab 1 Pendahuluan 1
Bab 2 Education for Sustainable Development 15
A. Konsep Education for Sustainable Development 15
B. Hakikat dan Tujuan Pembelajaran Education for SustainableDevelopment 21
C. Agama dan Hubungannya dengan Education for Sustainable Development 27
Bab 3 Konsep Model IQRAA 41
A. Tujuan 41
B. Teori-teori yang Mendukung Model Pembelajaran IQRAA 42
C. Komponen Utama Model IQRAA (Sintaks) 67
Bab 4 Hasil Pengembangan Model IQRAA 75
A. Komponen Utama Model 75
B. Hasil Pengujian Model Pembelajaran IQRAA 89
C. Pengujian Efektifitas Berdasarkan Logika Fuzzy 121
Bab 5 Urgensi Implementasi Model Pembelajaran IQRAA 127
A. Model Pembelajaran IQRAA Membantu Calon Guru dalam ESD 127
B. Prediksi Ke Depan 148
C. Tantangan dan Kelemahan Implementasi Model Pembelajaran IQRAA 166
Daftar Pustaka 175
Lampiran 239
Glosarium 255
Indeks 267
Biodata Singkat Penulis 273