logo
  • EMPATI DAN KOMUNIKASI

EMPATI DAN KOMUNIKASI

In stock
150
Harga Buku Rp. 225.000
  • Pengarang : dr Gita Sekar Prihanti , M.Pd. Ked
  • Kategori : Kedokteran Kesehatan
  • ISBN : 978-979-796-210-4
  • e-ISBN :
  • Tahun Terbit : 2024
  • Halaman : 360
  • Cetakan : Ketujuh
  • Ukuran : 16 x 23 cm
  • Berat : 1,2 kg

Buku Panduan Praktikum Empati dalam Komunikasi ini merupakan bagian dari upaya mencetak dokter yang memiliki kompetensi yang handal dalam kognitif, psikomotor, attitude dan spiritual. Di samping itu untuk mewujudkan visi Fakultas Kedokteran UMM untuk menjadi fakultas terkemuka dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi kedokteran yang berkeunggulan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) berbasis pada bidang kedokteran umum, keluarga, indus

Kata Pengantar......................................................................v
Daftar Isi................................................................................vii
Daftar Gambar.......................................................................xv
Daftar Tabel............................................................................  xvii

Bab1Pendahuluan.............................................................1
A.Latar Belakang..........................................................1
B.Kebutuhan Pendekatan yang Komprehensif...........3
C.Faktor Penyebab Psikologik dan Somatik................5

Bab2Empati.......................................................................7
A.Mendengar Aktif.......................................................9
B.Bagaimana Menjadi Pendengar Aktif......................10
C.Melihat dan Mendengarkan Pasien..........................14
D.Mengamati Emosi Pasien..........................................14
E.Penerimaan...............................................................17
F.Hambatan Pada Empati............................................17
G.Konsultasi Tentang Empati.......................................19
H.Rasa Kasihan.............................................................20
I.Dukungan tindakan Masa Lalu.................................20
J.Bagian - Bagian Utama Empati................................21
K.Domain Empati.........................................................22
L.Empati VS Simpati....................................................24

M.Empati Melalui Experiental Learning......................29
N.Empati dalam Self-Care............................................30
O.Empati VS Kepedulian..............................................32

Bab3Komunikasi...............................................................37
A.Definisi Komunikasi..................................................39
B.Komponen Komunikasi............................................39
C.Tujuan Komunikasi...................................................43
D.Tanda - Tanda Komunikasi Efektif............................43
E.Pengukuran Efek komunikasi...................................45
F.Hukum Komunikasi Efekti........................................46
G.Psikologi Komunikan................................................50
H.Psikologi Komunikator.............................................53
I.Psikologi Pesan..........................................................54

Bab4Komunikasi Medis....................................................63
A.Komunikasi Efektif dalam Hubungan Dokter - Pasien67
B.Tujuan dan Manfaat Komunikasi Dokter - Pasien...72
C.Persepsi Masyarakat..................................................73
D.Psikologi Pasien Sebagai Komunikan......................74
E.Psikologi Dokter Sebagai Komunikator...................79
F.Psikologi Pesan dalam Hubungan Dokter - Pasien..80
G.Sikap dan Perilaku  Dokter Terhadap Pasien...........82
H.Pendekatan Komunikasi Dokter - Pasien.................85
I.Model Komunikasi Dokter - Pasien..........................87
J.Hambatan Komunikasi Dokter - Pasien....................87
K.Keterampilan Menolak Permintaan Pasien..............91

Bab5Wawancara Medis....................................................93
A.Tujuan Wawancara Medis.........................................94
B.Tahap Komunikasi Dokter - Pasien...........................95
C.Teknik Wawancara Medis.........................................104
D.The Basic (Fundamental) Four..................................106
E.The Sacred Seven......................................................108

F.Analisis Keluhan Multipel........................................109
G.Sikap Dokter Sebagai Penentu Utama Wawancara.110
H.Cara membuat Catatan.............................................110
I.Faktor yang Mengganggu Pengumpulan informasi111
J.Respons Terhadap Penyakit......................................112
K.Beberapa Tipe Pasien yang Dapat Mempengaruhi Wawancara................................................................112
L.Pengaruh Latar Belakang dan Usia Terhadap Respons Pasien.........................................................................112
M.Pengaruh Suatu Penyakit Terhadap Respons Pasien114
N.Mewawancarai Keluarga atau Teman - Teman Pasien114
O.Ringkasan Struktur Wawancara Medis....................114

Bab6Penyampaian Informasi Kepada Pasien..................117
A.Arti Informasi............................................................119
B.Informasi Tentang Penyakit......................................120
CInformasi Tentang Pengobatan................................120
D.Teknik Penyampaian Informasi................................121
E.Penyampaian Informasi Buruk (Breaking Bad News)122
F.Penjelasan Pada Keluarga.........................................129

Bab 7Penyampaian Berita Buruk (Breaking Bad News)....131
A.Penyampaian Berita Buruk - Standar untuk Pendidikan Kedokteran............................................131
B.Hal-Hal yang Perlu dipertimbangkan Ketika Mengajarkan  Dokter Bagaimana Cara Menyampaikan Berita Baik, Buruk dan Menyedihkan......................134
C.Membantu Dokter di Masa Depan dalam Mempelajari Bagaimana Menyampaikan Berita buruk................141
D.Pengajaran Tentang Bagaimana Menyampaikan Berita Buruk: Sebuah Simposium Kematian Perinatal.......145
E.Pembelajaran Tentang Isu-Isu Komunikasi Pada Unit Perawatan Paliatif.....................................................152
F.Dua Belas Tips Mengajar dan Belajar Bagaimana untuk Menyampaikan Berita Buruk....................................160

Bab8Teknik Berkomunikasi dengan Orang Tua Pasien..171
A.Dual Patient...............................................................172
B.Teknik Wawancara dengan Orang Tua....................173
C.Kesulitan dalam Wawancara dengan Orang Tua....177

Bab9Teknik Berkomunikasi dengan Anak.......................181
A.Tujuan Komunikasi dengan Pasien Anak.................182
B.Tumbuh Kembang Anak...........................................182
C.Mengatasi Stres dalam Wawancara Medis...............183
D.Teknik Komunikasi dengan Anak.............................184

Bab10Kecerdasan Emosi....................................................189
A.Kecerdasan Emosi (Emotional Intelligence-EI)........190
B.Psiko-socio-cultural competence..............................195
C.Rekomendasi Pengembangan EI dan Psiko-Socio Cultural Competence................................................199

Bab11Empati dan Komunikasi dalam Standar Kompetensi Dokter Indonesia 2012.............................................205
A.Area Kompetensi......................................................205
B.Komponen Kompetensi (Area Kompetensi 3: Komunikasi Efektif)..................................................206
C.Penjabaran Kompetensi (Area Kompetensi 3: Komunikasi Efektif)..................................................206
D.Daftar Pokok Bahasan ( Area Kompetensi 3 : Komunikasi Efektif ).................................................207

Bab12Aspek Etik dan Medikolegal....................................209
A.Aspek Etik..................................................................209
B.Aspek Hukum............................................................210
C.Kewajiban dan Hak Pasien.......................................212
D.Kewajiban dan Hak Dokter.......................................213

Bab13Komunikasi dengan Mitra Kerja..............................219

BAB14Komunikasi dengan Masyarakat.............................221

A.Komponen Komunikasi Massa.................................222
B.Penyuluhan...............................................................224
C.Membuat dan Menggunakan Alat Bantu Visual.....228

Bab15Bagaimana Mengelola Pasien Bermasalah.............231
A.Faktor pasien.............................................................232
B.Faktor Dokter............................................................235
C.Faktor Situasional.....................................................236

BAB16Komunikasi Dokter-Pasien Dalam Konteks Budaya Hirarkis......................................................................241
A.Pendahuluan.............................................................241
B.Gaya komunikasi dokter-pasien saat ini dalam konteks Asia Tenggara............................................................245
C.Gaya komunikasi dokter-pasien saat ini dalam konteks Asia Tenggara :..........................................................246
D.Gaya komunikasi dokter-pasien saat ini dalam konteks Asia Tenggara............................................................252
E.Karakteristik budaya yang relevan dengan komunikasi dokter-pasien dalam konteks Asia Tenggara...........256
F.Pedoman komunikasi dokter-pasien yang disesuaikan dengan pasien dalam konteks Asia Tenggara.........272
G.Pedoman gaya komunikasi kemitraan dokter-pasien dalam konteks hirarki budaya..................................281
H.Ringkasan gaya komunikasi dokter-pasien dalam konteks Asia Tenggara..............................................284

BAB17Modul pengajaran “Empati dan Komunikasi".......293
A.Pendahuluan.............................................................293
B.Tata Tertib dan Tugas Tutor......................................297
C.Tata Cara Kegiatan....................................................298
D.Lembar Tugas............................................................301
E.Rumusan Masalah Diskusi.........................................306
F.ROLE PLAY.................................................................307

Daftar Pustaka.......................................................................315

Lampiran................................................................................321
Lampiran  1: Chek List Skill Komunikasi Berdasarkan Empatik...321
Lampiran  2: Penilaian Pasien / Klien Terhadap  Interviewer (Mahasiswa)..........................................................................322
Lampiran   3: Lembar Penilaian Diri (Self Assessment) Kemampuan Mendengar aktif............................................323
Lampiran  4: Penilaian Terhadap Dosen dan Mahasiswa.............325
Lampiran  5: Penilaian diri (Self Assessment) Empati Modifikasi dari Jefferson  Scale  of Physician Empathy (HP-Version R).......................................................................327
Lampiran  6:  Refleksi Mahasiswa.................................................329
Lampiran 7 : Check list komunikasi dokter-pasien I : The Calgary-Cambridge Guide - Interview Pasien..............330
Lampiran 8 : Check list komunikasi dokter-pasien II : Modifikasi The Calgary-Cambridge Observation  Guide - Interview Pasien....................................................................................337
Rubrik Penilaian Presentasi Lisan..................................................342

Informasi

Stay Connected