Buku ini dirancang untuk memberikan pemahaman yang mendalam mengenai pembelajaran Pendidikan Jasmani di sekolah dasar inklusi, dengan fokus pada pendekatan yang ramah keberagaman dan diferensiasi. Buku ini terdiri dari beberapa bab yang membahas berbagai tema penting, seperti konsep dasar pendidikan jasmani di sekolah dasar inklusi, pengelolaan keberagaman, serta strategi pembelajaran untuk peserta didik dengan kebutuhan khusus. Topik yang diulas meliputi karakteristik dan pendekatan pembelajaran bagi peserta didik dengan Autism Spectrum Disorder (ASD), Attention-Deficit/Hyperactivity Disorder (ADHD), dan gangguan belajar spesifik atau kesulitan belajar lainnya. Buku ini juga mengupas metode evaluasi berbasis proses yang relevan dengan kebutuhan siswa inklusi, serta penerapan pembelajaran melalui studi kasus di sekolah dasar inklusi. Penekanan khusus diberikan pada integrasi nilai-nilai inklusi dalam aktivitas pendidikan jasmani, yang bertujuan membantu peserta didik dengan berbagai kebutuhan belajar berkembang secara fisik, sosial, dan emosional. Melalui pendekatan pembelajaran interaktif dan adaptif, buku ini memberikan panduan praktis bagi guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan mendukung potensi setiap siswa. Dengan materi yang relevan dan mendalam, buku ini menjadi referensi penting bagi guru, mahasiswa calon pendidik, serta praktisi pendidikan yang ingin mengembangkan strategi pembelajaran Pendidikan Jasmani di sekolah dasar inklusi secara efektif dan bermakna.
PRAKATA v
DAFTAR ISI vii
BAB 1 KONSEP DASAR PENDIDIKAN JASMANI DI EKOLAH DASAR INKLUSI 1
A. Definisi Pendidikan Jasmani dan Olahraga (PJOK) 1
B. Konsep Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar 2
C. Pentingnya PJOK dalam Pendidikan Inklusi 3
D. Tujuan dan Manfaat PJOK bagi Siswa dengan Beragam Kemampuan 5
E. Tantangan dan Peluang dalam PJOK di Sekolah Dasar Inklusi 7
BAB 2 KEBERAGAMAN, INKLUSI, DAN DIFERENSIASI 9
A. Apa Itu Keberagaman? 9
B. Mengapa Harus Pendidikan Inklusi? 10
C. Prinsip Pendidikan Inklusi 13
D. Mengapa Diferensiasi? 17
E. Apa itu Universal Design for Learning? 19
BAB 3 PESERTA DIDIK AUTISM SPECTRUM DISORDER (ASD) 23
A. Konsep Autism Spectrum Disorder (ASD) 23
B. Karakteristik Autism Spectrum Disorder (ASD) 26
C. Penyebab Autism Spectrum Disorder (ASD) 31
D. Dampak Autism Spectrum Disorder (ASD) 34
E. Klasifikasi Autism Spectrum Disorder (ASD) 36
F. Diagnosis Peserta Didik Autism Spectrum Disorder (ASD) 41
G. Implementasi Pendidikan Jasmani Peserta Didik Autism Spectrum Disorder (ASD) 44
H. Sarana Prasana Pendidikan Jasmani Peserta Didik Autism Spectrum Disorder (ASD) 47
BAB 4 PESERTA DIDIK DENGAN ATTENTION-DEFICIT/HYPERACTIVITY DISORDER 49
A. Pengertian Attention-Deficit/Hyperactivity Disorder (ADHD) 49
B. Karakteristik Attention-Deficit/Hyperactivity Disorder (ADHD) 53
C. Diagnostik Attention-Deficit/Hyperactivity Disorder (ADHD) 67
D. Penyebab Attention-Deficit/Hyperactivity Disorder (ADHD) 69
E. Dampak Attention-Deficit/Hyperactivity Disorder (ADHD) 72
F. Implementasi Pendidikan Jasmani Adaptif Peserta Didik Attention-Deficit/Hyperactivity Disorder (ADHD) 74
G. Sarana Prasarana Pendidikan Jasmani Peserta Didik Attention-Deficit/Hyperactivity Disorder (ADHD) 78
BAB 5 PESERTA DIDIK GANGGUAN BELAJAR SPESIFIK/KESULITAN BELAJAR 81
A. Pengertian Gangguan Belajar Spesifik/Kesulitan Belajar 81
B. Karakteristik Gangguan Belajar Spesifik/Kesulitan Belajar 84
C. Tingkatan Gangguan Belajar Spesifik/Kesulitan Belajar 91
D. Faktor Penyebab Gangguan Belajar Spesifik/Kesulitan Belajar 93
E. Implementasi Pendidikan Jasmani Peserta Didik Gangguan Belajar Spesifik/Kesulitan Belajar 97
F. Sarana Prasarana Pendidikan Jasmani Peserta Didik Gangguan Belajar Spesifik/Kesulitan Belajar 100
BAB 6 EVALUASI DAN PENILAIAN BERBASIS PROSES 103
A. Prinsip Penilaian Formatif dan Sumatif di PJOK Inklusi 103
B. Teknik Penilaian Berbasis Proses dan Kemajuan Individu 104
C. Penilaian Partisipasi dan Usaha Siswa dalam Aktivitas 107
D. Pembuatan Rubrik Penilaian yang Adaptif 107
E. Contoh Format Penilaian PJOK di Sekolah Dasar Inklusi 109
BAB 7 IMPLEMENTASI DAN STUDI KASUS SEKOLAH DASAR INKLUSI 111
A. Tantangan dan Solusi dalam Implementasi PJOK di Sekolah Dasar Inklusi 111
B. Kisah Inspiratif dari Sekolah Dasar dengan Program PJOK Inklusif 114
C. Peran Guru dan Orang Tua dalam Membangun Lingkungan Inklusif 117
D. Monitoring dan Evaluasi Program PJOK di Sekolah Dasar 119
E. Rekomendasi Kebijakan dan Pengembangan Profesional Guru PJOK 123
DAFTAR PUSTAKA 129
INDEKS 131
GLOSARIUM 133
TENTANG PENULIS 137