logo
  • PSIKOLOGI SEKOLAH: KONSEP, ISU, INTERVENSI SEKOLAH PEKA MENTAL HEALTH

PSIKOLOGI SEKOLAH: KONSEP, ISU, INTERVENSI SEKOLAH PEKA MENTAL HEALTH

In stock
2
Rp 234.000
  • Pengarang: Ni’matuzahroh, Sulivan Fitriati, Atika Perma
  • Kategori: Psikologi
  • ISBN: 978-979-796-820-5 e-ISBN 978-979-796-821-2
  • Tahun Terbit: 2023
  • Halaman: 352
  • Cetakan: Pertama
  • Ukuran: 16 x 23 cm
  • Berat: 0.7 kg

Psikologi menjadi salah satu kajian ilmu yang telah terbukti dapat membantu menyelesaikan berbagai permasalahan di masyarakat, termasuk berkaitan dengan dunia Pendidikan. Kajian mengenai psikologi sekolah hadir untuk memberikan berbagai informasi dan pengetahuan yang nantinya dapat memberdayakan guru, orangtua, murid, praktisi, serta stakeholder dalam mencapai tujuan pendidikan. Psikologi sekolah membawa perspektif baru yang memandang capaian siswa tidak hanya sebatas prestasi akademik, tetapi juga berfokus pada optimalisasi potensi dan kesejahteraan siswa.

Buku Psikologi Sekolah (Teori dan Implementasi) menyajikan peran psikologi dalam dunia pendidikan dalam bahasan yang runtut dan sistematis. Hal yang menarik dari buku ini adalah penulis tidak hanya menyajikan dasar-dasar teori namun memberikan bahasan tentang sekolah yang aman (safe school) dikaitkan dengan well-being dan mental health siswa yang amat penting difahami oleh pembaca dalam situasi sekolah saat ini. Penulis juga menampilkan berbagai masalah yang dialami siswa dari berbagai jenjang pendidikan mulai dari jenjang Playgroup/TK hingga ke jenjang perguruan tinggi sesuai dengan riset-riset terkini baik di tingkat nasional maupun internasional. Pada bab-bab terakhir, penulis juga menyajikan bahasan tentang bagaimana melakukan asesmen, analisis, dan alternatif intervensi berdasarkan riset ilmiah untuk membantu menghadapi berbagai tantangan dan permasalahan siswa di sekolah. Kelebihan dari buku ini adalah penggunaan bahasa yang ramah pembaca dan sumber-sumber referensi terkini yang digunakan. Buku ini tidak hanya direkomendasikan untuk ilmuwan psikologi, tetapi juga praktisi dan pemerhati Pendidikan.

Bab 1  Memahami Psikologi Sekolah     -     1
A.  Sejarah Perkembangan Psikologi Sekolah     -     1
B.  Perkembangan Psikologi Sekolah Saat Ini     -     3
C.  Definisi Psikologi Sekolah     -     4
D.  Peran dan Tanggungjawab Profesi Psikologi Sekolah     -     7
E. Karakteristik Psikolog Sekolah dalam Pendidikan     -     11
F.  Pengetahuan dan Keterampilan Psikolog Sekolah     -     13
G.  Etika Profesi Psikolog Sekolah     -     13
Bab 2 Teori-Teori Psikologi Sekolah     -     15
A.  Pengantar     -     15
B.  Pendekatan Behavioristik     -     15
C.  Pendekatan Psikodinamik     -     21
D.  Pendekatan Kognitif: Teori Kognitif Jean Piaget     -     28
E.  Teori Kognitif: Sosial Budaya Lev Vygotsky     -     32
F.  Teori Pemrosesan Informasi     -     37

G.  Teori Kognitif Sosial: Albert Bandura     -     38
H.  Teori Ekologi Perkembangan: Urie Bronfenbrenner     -     50
Bab 3  Permasalahan Siswa di Sekolah     -     55
A.  Permasalahan Siswa di Sekolah     -     55
B.  Faktor-faktor yang Menyebabkan Munculnya Permasalahan 
di Sekolah     -     107
Bab 4  Komunitas Sekolah dan Kolaborasi     -     117
A.  Pengertian Komunitas Sekolah     -     117
B.  Peran Komunitas Sekolah     -     119
C.  Kolaborasi Komunitas Sekolah     -     123
D.  Keterkaitan Komunitas Sekolah dengan Psikologi Sekolah     -     
132
Bab 5  Menciptakan Sekolah yang Aman Bagi Siswa (Safe School)     -     135
A.  Perkembangan Konsep Safe School     -     135
B.  Definisi Safe School     -     140
C.  Tantangan dalam Membangun Safe School     -     149
D.  Usaha-usaha Membangun Safe School     -     153
E.  Safe School dan Psikologi Sekolah     -     158
Bab 6  Peran Psikolog Sekolah     -     159
A.  Peran Psikolog Sekolah dalam Asesmen     -     159
B.  Peran Psikolog Sekolah dalam Tindakan Preventif/Pencegahan 
dan Intervensi     -     162
C.  Peran Psikolog Sekolah dalam Memahami Kemampuan  
Akademik Siswa-Siswi     -     163
D.  Peran Psikolog Sekolah dalam Kebutuhan Sosial-Emosional dan  
Kesehatan Mental Siswa-Siswi     -     166
E.  Peran Psikolog Sekolah dalam Kolaborasi, Konsultasi, dan  
Perubahan Sistem     -     169
F.  Peran Psikolog Sekolah dalam Penelitian dan Evaluasi     -     174

Bab 7  Kerangka Pemecahan Masalah Berbasis Psikologi Sekolah     -     179
A.  Pengertian Pemecahan Masalah     -     179
B.  Cara Kerja Pemecahan Masalah     -     183

Bab 8  Asesmen dan Analisis Masalah dalam Psikologi Sekolah     -     197
A.  Asesmen Berfokus Pada Prestasi Akademik     -     197
B.  Analisis Data Akademik Secara Umum untuk Perencanaan, 
Implementasi, dan Evaluasi Peningkatan di Sekolah     -     200
C.  Asesmen Kemampuan Kognitif dan Proses Kognitif dalam 
Perspektif Teori Penyelesaian Masalah     -     204
D.  Asesmen Keterampilan Akademik dalam Berhitung     -     210
E.  Asesmen Keterampilan Akademik dalam Menulis     -     217
F.  Asesmen Kemampuan dan Proses Sosial-Emosional     -     223
G.  Asesmen Perilaku     -     230
Bab 9  Memilih Intervensi yang Efektif Berbasis Riset Ilmiah     -     235
A.  Alternatif Intervensi yang Efektif     -     235
B.  Alternatif Intervensi Keterampilan Akademik dan Perilaku     -     250
Bab 10  Menyimpulkan dan Mengevaluasi Hasil Intervensi     -     267
A.  Interpretasi Hasil Intervensi     -     267

Daftar Pustaka     -     277
Indeks     -     327
Tentang Penulis     -     331

Informasi

Stay Connected