logo
  • PSIKOLOGI PERUBAHAN ORGANISASI

PSIKOLOGI PERUBAHAN ORGANISASI

In stock
2
Harga Buku Rp. 68.000
Harga EBook Rp. 35.000
  • Pengarang : Tulus Winarsunu
  • Kategori : Psikologi
  • ISBN : 978-979-796-915-8
  • e-ISBN : 978-979-796-916-5
  • Tahun Terbit : 2024
  • Halaman : 106
  • Cetakan : Pertama
  • Ukuran : 16 x 23 cm
  • Berat : 1000

Secara kontinyu organisasi berusaha merancang dan melakukan program perubahan, misalnya melakukan reorganisasi, merger,  mengubah strategi bisnis, relokasi, dan perubahan teknologi. Tujuannya adalah agar organisasi dapat berkompetisi, berkembang, beradaptasi, dan dapat hidup dalam lingkungan yang terus-menerus berubah. Dalam implementasinya, ada organisasi yang sukses tetapi tidak sedikit yang gagal melakukan perubahan. Berdasar pengkajian ditemukan bahwa faktor respon karyawan merupakan variabel utama yang berada di belakang keberhasilan atau kegagalan program perubahan organisasi.  Ada karyawan yang merespon perubahan dengan jalan menerima dan bersedia terlibat secara aktif dalam implementasi perubahan, tetapi sebaliknya ada juga yang menarik diri dan menunjukkan penolakan terhadap perubahan. Buku ini menjelaskan  respon individu terhadap program perubahan organisasi dari perspektif psikologi. Penjelasan perspektif psikologi mencakup faktor individual, situasional dan proses perubahan. Faktor individual diantaranya menjelaskan bagaimana peran aspek kepribadian, gaya kognitif, perceived control, personal resilience, self efficacy, personal values, emotional involvement, organizational commitment, cynicism, coping behavior, personal impact, sensemaking, altruistic Organizational Citizenship Behavior, autonomy, dan oganizational identification mempengaruhi respon terhadap perubahan organisasi. Kajian mengenai faktor situasional diantaranya bagaimana kepemimpinan, leader-member exchange, trust in organization, organizational climate, iklim dan budaya organisasi berpengaruh pada respon terhadap perubahan. Faktor proses perubahan berkaitan dengan cara bagaimana perubahan itu dikomunikasikan dan diimplementasikan di dalam organisasi. Faktor proses perubahan dapat mencakup keterlibatan atau partisipasi dalam proses perubahan,  komunikasi, dan informasi tentang perubahan. Buku ini juga mempelajari terbentuknya  respon terhadap perubahan organisasi melalui  beberapa kelompok teori, yaitu yang berbasis pada pengaruh sosial, diantaranya adalah social exchange theory, social identity theory, dan social information processing approach. Kelompok teori yang berbasis pada perbedaan individual adalah self regulation theory, the traits personality perspective dan theory of personal values. Juga kelompok teori yang berbasis pada informasi, diantaranya: uncertainty reduction theory, information processing approach, behavioral decision making approach, dan schematic approach.

Prakata ~ v
Daftar Isi  ~ vii

Bab 1.    Pendahuluan ~ 1
    Perubahan Organisasi ~ 2
    Peran Pemimpin Perubahan ~ 9
Bab 2.   Sikap  Terhadap Perubahan Organisasi ~ 15
    Sikap sebagai Disposisi  ~ 17        
    Sikap sebagai Emosi ~ 18
    Sikap sebagai Model Trikomponen ~ 20
    Resistensi sebagai Sikap Negatif terhadap Perubahan Organisasi ~ 21
Bab 3.     Faktor-Faktor Anteseden Respon Terhadap Perubahan Organisasi ~ 23
    Faktor Individual ~ 23
    Faktor Situasional  ~ 23
    Faktor Proses Perubahan ~ 34
Bab 4.  Perspektif Teori Tentang Respon Terhadap Perubahan Organisasi ~ 39 
    Kelompok Teori Berbasis Pengaruh Sosial ~40
    Kelompok Teori Berbasis Perbedaan Individual ~ 41
    Kelompok Teori Berbasis Informasi ~43
Bab 5.   Ketersediaan Informasi dalam Perubahan Organisasi ~ 47
Bab 6.  Gaya Kognisi dan Need For Cognition ~ 53
    Gaya Kognisi Analitik  ~ 56
    Gaya Kognisi Intuitif  ~58
    The Need for Cognition ~ 59
Bab 7.     Efek Pembingkaian Informasi  dalam Implementasi Perubahan Organisasi ~ 63
    Prospect Theory ~ 64
    Simple Cue Effect ~ 68
    Negativity Bias Hypothesis ~ 69
    Pembingkaian Informasi ~ 70
    Pembingkaian Atribut (atribute framing) ~ 72
    Pembingkaian Aksi (Action Framing / Goal Framing) ~ 75

Daftar Pustaka ~ 79     
Indeks ~ 95
Biodata Singkat Penulis ~ 97

Informasi

Stay Connected