logo
  • PSIKOLOGI DAN INTERVENSI PENDIDIKAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

PSIKOLOGI DAN INTERVENSI PENDIDIKAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

In stock
25
Harga Buku Rp. 140.000
  • Pengarang: Ni’matuzahroh, Sri Retno Yuliani, Soen, Mein
  • Kategori: Psikologi
  • ISBN: 978-979-796-566-2 e-ISBN 978-979-796-565-5
  • Tahun Terbit: 2024
  • Halaman: 351
  • Cetakan: Ketiga
  • Ukuran: 16 x 23 cm
  • Berat: 1.0

Anak berkebutuhan khusus merupakan anak dengan karakteristik khusus yang memiliki kelebihan yang sama dengan anak pada umumnya. Namun mereka membutuhkan perhatian dan pendidikan dan layanan khusus agar potensi yang terpendam dapat teraktualisasi. Memahami psikologis mereka melalui perspektif ilmu psikologi anak berkebutuhan khusus adalah sebuah keharusan, agar keunikan mereka mendapat penanganan dengan pendekatan intervensi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhannya. Untuk tujuan tersebut, buku ini kami hadirkan untuk anda. Bahasan diawali ulasan tentang  pengertian, karakteristik dan faktor-faktor penyebab terjadinya gangguan pada anak berkebutuhan khusus dari berbagai perspektif teori psikologi. Asesmen dan intervensi dalam dunia pendidikan menjadi kekuatan dari buku ini. Melalui asesmen yang benar, maka intervensi yang tepat akan dapat dilakukan. Intervensi dihadirkan dengan penjelasan  sistematis untuk memberikan kemudahan pembaca memahami setiap tahapannya. Yang menarik dari buku ini adalah dihadirkannya contoh kasus, lengkap dengan laporan asesmen, penyusunan program pembelajaran individual dan intervensi berdasarkan pengalaman rill para penulis yang dikemas khusus untuk memberikan  pemahaman yang utuh bagi para pembaca.

SEKAPUR SIRIH        v
KESAN PARA PROFESIONAL TENTANG BUKU PSIKOLOGI 
DAN INTERVENSI PENDIDIKAN ANAK BERKEBUTUHAN 
KHUSUS        vii
PRAKATA        xi
DAFTAR ISI        xv
BAB 1    MEMAHAMI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS : PENGERTIAN, KLASIFIKASI DAN FAKTOR PENYEBAB      1
A.    Pengertian Anak Berkebutuhan Khusus        1
B.    Klasifikasi Anak Berkebutuhan Khusus        3
C.    Faktor-faktor Penyebab Gangguan pada Anak Berkebutuhan Khusus        7
BAB 2    KARAKTERISTIK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS    11
A.    Pengantar        11
B.    Mengenal Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus        13
BAB 3    POLA PERKEMBANGAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS        123
A.    Definisi Perkembangan dalam Perspektif Teori Perkembangan Anak        123
B.    Modalitas Belajar Anak Berkebutuhan Khusus        135
C.    Faktor-faktor yang Memengaruhi Perkembangan Anak Berkebutuhan Khusus        140
D.    Bantuan Belajar pada Anak Berkebutuhan Khusus        143
BAB 4    ASESMEN BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS        151
A.     Pengertian dan Tujuan Dilakukannya Asesmen        151
B.     Metode  yang Digunakan dalam Asesmen Psikologi        154
C.     Asesmen: Who, What, Why, How and Where        157
D.     Asesmen pada Anak Berkebutuhan Khusus        159
BAB 5    MENYUSUN RANCANGAN ASESMEN DAN LAPORAN HASIL ASESMEN PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS        183
A.    Menyusun Rancangan Asesmen        183
B.    Menyusun  Laporan Hasil Asesmen        188
BAB 6    METODE INTERVENSI BAGI ANAK BERKEBUTUHAN HUSUS        205
A.    Treatment and Education of Autistic and Relate Communication-Handicapped Children (TEACCH)        205
B.    Terapi Bermain (Play Therapy)        243
C.    Teknik ABA        250
BAB 7    PENYUSUNAN PROGRAM PEMBELAJARAN INDIVIDUAL (PPI) BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS        255
A.    Latar Belakang Program Pembelajaran Individual        255
B.     Pengertian Program Pembelajaran Individual (PPI)        257
C.     Tujuan Penyusunan Program Pembelajaran Individual        259
D.     Prinsip-prinsip dalam Penyusunan Program Pembelajaran Individual        260
E.     Tahapan Penyusunan Program Pembelajaran Individual    261
F.    Contoh Desain PPI (Program Pembelajaran Individual)    266
BAB 8    CONTOH PENYUSUNAN RANCANGAN PROGRAM PENGAJARAN INDIVIDUAL BAGI ANAK ADHD DENGAN MENGGUNAKAN PLAY TERAPI        279
BAB 9    CONTOH PENYUSUNAN LAPORAN PROGRAM PEMBELAJARAN INDIVIDUAL (PPI)        299
DAFTAR PUSTAKA        307
INDEKS        323
TENTANG PENULIS        331

Informasi

Stay Connected