Prakata - iii
Daftar Isi - v
Bab 1 Pendahuluan
A. Tujuan Pendidikan ~ 2
B. Kompetensi Guru Abad 21 ~ 3
C. Metode Penelitian ~ 9
Bab 2 Pembelajaran Keterampilan Membaca Kritis ~ 11
A. Keterampilan Membaca pada Pembelajaran Bahasa Indonesia
~ 12
B. Pengertian Membaca ~ 14
C. Keterampilan Membaca Kritis ~ 16
D. Aspek Kognitif dalam Membaca ~ 19
E. Konsep Opreasional terhadap Pemahaman Isi Bacaan ~ 21
F. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pemahaman Isi Bacaan ~ 25
Bab 3 Pembelajaran Keterampilan Berpikir Kritis ~ 29
A. Keterampilan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Bahasa
Indonesia ~ 29
B. Pengertian Keterampilan Berpikir Kritis ~ 30
C. Aspek-aspek Berpikir Kritis ~ 32
D. Model Pembelajaran untuk melatih Kemampuan Berpikir Kritis ~ 37
Bab 4 Relevansi Keterampilan Membaca Kritis dengan Keterampilan
Berpikir Kritis ~ 41
A. Relevansi Keterampilan Membaca Kritis dengan Keterampilan
Berpikir Kritis ~ 41
B. Subjek Penelitian Keterampilan Membaca Kritis ~ 43
C. Subjek Penelitian Keterampilan Berpikir Kritis ~ 44
D. Tahun Publikasi Penelitian Keterampilan Membaca Kritis ~ 46
E. Tahun Publikasi Penelitian Keterampilan Membaca Kritis ~ 47
Bab 5 Penutup ~ 49
Daftar Pustaka ~ 51
Glosarium ~ 61
Indeks ~ 63