logo
  • KAMBING PERAH DAN PROSPEK PENGEMBANGANNYA

KAMBING PERAH DAN PROSPEK PENGEMBANGANNYA

In stock
0
Rp 0
  • Pengarang: ARIS WINAYA, SUJONO
  • Kategori: Pertanian Peternakan
  • ISBN: 978-979-796-163-3
  • Tahun Terbit: 2016
  • Halaman: 110
  • Cetakan: Pertama
  • Ukuran: 16 x 23 cm
  • Berat: 0,5

Salah satu masalah terbesar yang dihadapi seseorang yang masuk ke dalam bisnis kambing perah maupun pedaging adalah mengakui bahwa bisnis ini tidak mudah dengan cepat untuk dioperasionalkan. Banyak orang menyatakan bahwa hewan kambing itu jinak, mudah untuk dikelola karena hanya memerlukan sedikit fasilitas, lahan atau tenaga kerja minimal. Hal ini mungkin ada beberapa yang benar jika dibandingkan dengan sapi perah, atau banyak pula yang berspekulasi hanya berdasarkan keinginan, tidak realistis. Kita harus mampu menentukan apa keinginan kita dalam konteks dunia bisnis yang nyata. Kurangnya pengetahuan dan perencanaan telah menyebabkan banyak usaha bisnis kambing perah hanya terlaksana dalam jangka pendek atau bangkrut, terutama pada level awal (startups). Seseorang yang tertarik pada bisnis kambing perah perlu menghabiskan beberapa waktu dengan beberapa orang di bisnis ini. Anda harus memiliki pengetahuan tentang kebutuhan bisnis kambing perah, kebutuhan manajemen budidaya, pemasaran, dan melakukan penilaian hati-hati terhadap kebutuhan keuangan.  Kita harus memiliki sikap kritis, harus bertanya pada diri sendiri: "Apakah saya bersedia bekerja selama 7 hari per minggu sepanjang tahun? "Memang setelah masa melahirkan berakhir, kebutuhan tenaga kerja berkurang, tapi pergerakan industri adalah untuk sepanjang tahun produksi, atau setidaknya menyebar dari masa mengawinkan hingga waktu beranak bahkan uang tunai mengalir dan kebutuhan tenaga kerja merawat ratusan anak kambing (cempe) selama periode waktu yang singkat. Oleh karena itu ada beberapa pertanyaan kunci jika kita hendak terjun ke bisnis kambing perah, diantaranya : Apa tujuan beternak kita ? (sebagai tambahan pendapatan atau justru pendapatan utama keluarga), bagaimana pemasarannya, berapa modal yang diperlukan, apa dan berapa sumberdaya pendukung yang dibutuhkan, serta manajemen budidaya lainnya. Buku ini akan membantu Anda ketika Anda hendak memulai usaha peternakan kambing perah hingga kelayakan untuk meluncurkan produk susu olahan yang dihasilkan oleh perusahaan kambing perah di peternakan Anda.

MUKADIMAH        v
PENGANTAR AHLI        vii
KATA PENGANTAR        ix
DAFTAR ISI        xiii
DAFTAR TABEL        xv
DAFTAR GAMBAR        xvii

BAB    1    PENDAHULUAN        1
A.    Prospek Kambing Perah        1
B.    Usaha Peternakan Kambing Perah        2
C.    Daftar Kontrol (Check List) Memulai Usaha Ternak Kambing Perah         6

BAB     2    POTENSI KAMBING PERAH        9
A.    Populasi Kambing Perah        9
B.    Perkembangan Kambing Perah di Indonesia        13

BAB     3    MEMILIH BIBIT KAMBING PERAH        21
A.    Body Condition Score (BCS)        21
B.    Ukuran Linier dan Konformasi Tubuh        25
C.    Identifikasi dan Potensi Genetik Kambing        37

BAB     4    BANGSA ATAU RUMPUN KAMBING PERAH DI INDONESIA        49
A.    Kambing Etawah (Jamunapari/Jamnapari)        49
B.    Kambing Peranakan Etawah (PE)        52
C.    Kambing Saanen        56

BAB     5    PERKANDANGAN KAMBING PERAH        59
A.    Arah Atap Kandang        60
B.    Tipe Lantai dan Ruang Kandang        64
C.    Jenis Penggunaan Kandang        67

BAB     6    PAKAN KAMBING PERAH        71
A.    Kualitas Hijauan        72
B.    Perubahan Kualitas Hijauan Pakan Ternak        74
C.    Analisis Kadar Nutrisi Hijauan Makanan Ternak        75
D.    Kebutuhan Nutrisi Ternak        76
E.    Kebutuhan Air        78

DAFTAR PUSTAKA        81
GLOSARIUM        89
INDEKS        105

Informasi

Stay Connected