Seorang manajer sering menghadapi masalah-masalah yang harus segera dipecahkan, misalnya produk atau jasa apa yang akan diproduksi, berapa jumlah produksi dan harga yang tepat, siapa saja pelanggan dan pesaingnya, berapa kebutuhan investasi dan sebagainya. Manajer juga harus membuat keputusan secara cermat agar tujuan organisasi / perusahaan dapat tercapai. Ekonomi Manajerial adalah disiplin ilmu yang mempelajari tentang aplikasi dari teori ekonomi terutama teori ekonomi mikro dan teori pengambilan keputusan seperti matematika, statistika dan ekonometrika untuk memecahkan masalah yang dihadapi oleh seorang manajer dalam pengambilan keputusan manajerial. Seorang manajer membutuhkan kerangka pemikiran dan kerangka teoritis yang terstruktur dan jelas sehingga dapat mengambil keputusan manajerial dengan tepat. Tentunya hal ini berkaitan dengan berbagai faktor lingkungan baik lingkungan intern maupun lingkungan ekstern. Lingkungan intern meliputi masing-masing departemen / bagian dalam perusahaan, misalnya departemen personalia, departemen produksi, departemen pemasaran, departemen keuangan dan lain-lain. Sedangkan lingkungan ekstern misalnya pasar / pelanggan, pesaing, pemasok, penyalur, pemerintah dan sebagainya. Berbagai faktor tersebut harus dapat diidentifikasi dan diformulasikan dalam bentuk yang lebih sederhana dengan harapan agar didalam proses pengambilan keputusan manajerial dapat dilakukan secara efisien dan efektif.
PRAKATA v
DAFTAR ISI vii
DAFTAR TABEL xi
DAFTAR GAMBAR xiii
Bab 1 Pengertian dan Cakupan Ekonomi Manajerial 1
Pendahuluan 1
Definisi Ekonomi Manajerial 3
Cakupan/Ruang Lingkup Ekonomi Manajerial 6
Teori Perusahaan 11
Teori Laba (Profit) 23
Ringkasan 32
Soal Latihan 33
Bab 2 Teori Permintaan, Penawaran dan Elastisitas 37
Teori Permintaan 37
Teori Penawaran (Supply) 47
Keseimbangan Pasar 50
Elastisitas Permintaan 53
Elastisitas Harga Permintaan (Price Elastisity of Demand) 54
Elastisitas Silang (Cross Elastisity) 57
Elastisitas Pendapatan (Income Elasticity) 59
Elastisitas Penawaran 63
Elastisitas Harga Penawaran 64
Ringkasan 71
Soal Latihan 72
Bab 3 Analisis Perilaku Konsumen 75
Teori Kardinal (Pendekatan Guna Batas/ Marginal Utility Approach) 76
Kepuasan Total (Total Utility) dan Tambahan Kepuasan (Marginal Utility) 79
Keseimbangan Konsumen 82
Teori Ordinal (Indefference Curve Approach) 89
Kurve Indefferens dan Garis Anggaran 90
Keseimbangan Konsumen (Consumer Equilibrium) 97
Pengaruh Pendapatan dan Pengaruh Substitusi 111
Pendekatan Atribut (Attribute Approach) 119
Ringkasan 123
Soal Latihan 124
Bab 4 Peramalan Permintaan (Demand Forecasting) 127
Teknik Ramalan Kualitatif 128
Peramalan dengan Analisis Deret Waktu (Time-Series Analysis) 129
Proyeksi Trend 132
Risiko dan Peramalan Permintaan 135
Ringkasan 137
Soal Latihan 138
Bab 5 Estimasi Permintaan 139
Metode Estimasi dengan Pendekatan Marketing Research 140
Analisis Regresi Sederhana 144
Analisis regresi Berganda (Multiple Regression Analysis) 154
Problem Dalam Analisis Regresi 158
Ringkasan 161
Soal Latihan 163
Bab 6 Teori Produksi dan Estimasi 165
Teori Produksi Jangka Pendek (Teori Produksi dengan 1 Input Variabel) 167
Penggunaan Input Variabel Secara Optimal 178
Teori Produksi Jangka Panjang (Teori Produksi dengan 2 Input Variabel) 180
Jalur Perluasan Produksi (Expantion Path) 189
Perubahan Tingkat Output dan Jalur Perluasan Produksi 190
Hasil Skala Produksi (Return to Scale) 192
Elastisitas Pengeluaran Produsen 197
Perubahan Harga Faktor Produksi 199
Ringkasan 205
Soal Latihan 207
Bab 7 Teori Biaya dan Estimasi 211
Jenis-jenis Biaya Produksi 212
Fungsi Biaya Produksi Jangka Pendek (Short Run Cost Production) 213
Fungsi Biaya Produksi Jangka Panjang (Long Run Production Cost) 221
Economies of Scale dan Diseconomies of Scale 222
Kurve Belajar (Learning Curve) 224
Analisis Biaya-Volume- Profit 226
Analisis Laverage Operasi 227
Estimasi Empiris Kurve Biaya Jangka Pendek 229
Estimasi Empiris Kurve Biaya Jangka Panjang 231
Ringkasan 232
Soal Latihan 233
Bab 8 Model Pasar Persaingan Sempurna 237
Keseimbangan Perusahaan Jangka Pendek 239
Keuntungan Maksimal 245
Kerugian Minimal 246
Break Even Point 247
Titik Tutup Usaha (Shut Down Point) 248
Keseimbangan Perusahaan Jangka Panjang 250
Penawaran Pasar dengan struktur Ongkos Produksi Tetap 253
Penawaran Pasar dengan struktur Ongkos Produksi Meningkat 253
Penawaran Pasar dengan struktur Ongkos Produksi Menurun 255
Pengaruh Pajak Tetap Terhadap Penawaran Pasar 256
Ringkasan 257
Soal Latihan 258
Bab 9 Model Pasar Monopoli 261
Undang-Undang Anti-Monopoli 264
Penerimaan Produsen 266
Keseimbangan Produsen Jangka Pendek 268
Keseimbangan Produsen Jangka Panjang 272
Diskriminasi Harga 274
Monopolist yang Memiliki Banyak Pabrik (The Multiple Plant Monopolist) 279
Ringkasan 282
Soal Latihan 284
Bab 10 Regulasi Pasar 287
Kebijakan Harga Dasar (Price Floor) 289
Kebijakan Harga Maksimal (Price Ceiling) 293
Penetapan Harga (Price Fixing) 301
Penetapan Tarif Impor 302
Regulasi Monopoli dengan MC Naik 306
Ringkasan 307
Soal Latihan 308
Lampiran 309
Daftar Pustaka 315
Indeks 317
Biografi Penulis 320