logo
  • EKONOMI MANAJERIAL UNTUK CALON MANAJER

EKONOMI MANAJERIAL UNTUK CALON MANAJER

In stock
10
Rp 158.000
  • Pengarang: Noor Aziz
  • Kategori: Ekonomi
  • ISBN: 978-979-796-862-5 e-ISBN 978-979-796-863-2
  • Tahun Terbit: 2024
  • Halaman: 338
  • Cetakan: Pertama
  • Ukuran: 16 x 23 cm
  • Berat: 1.0

Seorang manajer sering menghadapi masalah-masalah yang harus segera dipecahkan, misalnya produk atau jasa apa yang akan diproduksi, berapa jumlah produksi dan harga yang tepat,  siapa saja pelanggan dan pesaingnya, berapa kebutuhan investasi dan sebagainya. Manajer juga harus membuat keputusan secara cermat agar tujuan organisasi / perusahaan dapat tercapai. Ekonomi Manajerial adalah disiplin ilmu yang mempelajari tentang aplikasi dari teori ekonomi terutama teori ekonomi mikro dan teori pengambilan keputusan seperti matematika, statistika dan ekonometrika untuk memecahkan masalah yang dihadapi oleh seorang manajer dalam pengambilan keputusan manajerial.  Seorang manajer membutuhkan kerangka pemikiran dan kerangka teoritis yang terstruktur dan jelas sehingga dapat mengambil keputusan manajerial dengan tepat.  Tentunya hal ini berkaitan dengan berbagai faktor lingkungan baik lingkungan intern maupun lingkungan ekstern.  Lingkungan intern meliputi masing-masing departemen / bagian dalam perusahaan, misalnya departemen personalia, departemen produksi, departemen pemasaran, departemen keuangan dan lain-lain.  Sedangkan lingkungan ekstern misalnya pasar / pelanggan, pesaing, pemasok, penyalur, pemerintah dan sebagainya.  Berbagai faktor tersebut harus dapat diidentifikasi dan diformulasikan dalam bentuk yang lebih sederhana dengan harapan agar didalam proses pengambilan keputusan manajerial dapat dilakukan secara efisien dan efektif.

PRAKATA                       v
DAFTAR ISI                         vii
DAFTAR TABEL                          xi 
DAFTAR GAMBAR                         xiii
Bab 1    Pengertian dan Cakupan Ekonomi Manajerial        1
Pendahuluan        1
Definisi Ekonomi Manajerial        3
Cakupan/Ruang Lingkup Ekonomi Manajerial         6
Teori Perusahaan        11
Teori Laba (Profit)        23
Ringkasan        32
Soal Latihan        33
Bab 2    Teori Permintaan, Penawaran dan Elastisitas        37
Teori Permintaan        37
Teori Penawaran (Supply)        47
Keseimbangan Pasar        50
Elastisitas Permintaan        53
Elastisitas Harga Permintaan (Price Elastisity of Demand)         54
Elastisitas Silang (Cross Elastisity)        57
Elastisitas Pendapatan (Income Elasticity)        59
Elastisitas Penawaran        63
Elastisitas Harga Penawaran        64
Ringkasan        71
Soal Latihan        72
Bab 3    Analisis Perilaku Konsumen        75
Teori Kardinal (Pendekatan Guna Batas/ Marginal Utility Approach)        76
Kepuasan Total (Total Utility) dan Tambahan Kepuasan (Marginal Utility)        79
Keseimbangan Konsumen        82
Teori Ordinal (Indefference Curve Approach)         89
Kurve Indefferens dan Garis Anggaran        90
Keseimbangan Konsumen (Consumer Equilibrium)        97
Pengaruh Pendapatan dan Pengaruh Substitusi        111
Pendekatan Atribut (Attribute Approach)        119
Ringkasan        123
Soal Latihan        124
Bab 4    Peramalan Permintaan (Demand Forecasting)        127
Teknik Ramalan Kualitatif        128
Peramalan dengan Analisis Deret Waktu (Time-Series Analysis)        129
Proyeksi Trend        132
Risiko dan Peramalan Permintaan        135
Ringkasan        137
Soal Latihan        138
Bab 5    Estimasi Permintaan        139
Metode Estimasi dengan Pendekatan Marketing Research    140
Analisis Regresi Sederhana        144
Analisis regresi Berganda (Multiple Regression Analysis)    154
Problem Dalam Analisis Regresi        158
Ringkasan         161
Soal Latihan        163
Bab 6    Teori Produksi dan Estimasi        165
Teori Produksi Jangka Pendek (Teori Produksi dengan 1 Input Variabel)         167
Penggunaan Input Variabel Secara Optimal        178
Teori Produksi Jangka Panjang (Teori Produksi dengan 2 Input Variabel)        180
Jalur Perluasan Produksi (Expantion Path)        189
Perubahan Tingkat Output dan Jalur Perluasan Produksi    190
Hasil Skala Produksi (Return to Scale)        192
Elastisitas Pengeluaran Produsen         197
Perubahan Harga Faktor Produksi        199
Ringkasan        205
Soal Latihan        207
Bab 7    Teori Biaya dan Estimasi        211
Jenis-jenis Biaya Produksi        212
Fungsi Biaya Produksi Jangka Pendek (Short Run Cost Production)        213
Fungsi Biaya Produksi Jangka Panjang (Long Run Production Cost)        221
Economies of Scale dan Diseconomies of Scale        222
Kurve Belajar (Learning Curve)        224
Analisis Biaya-Volume- Profit         226
Analisis Laverage Operasi        227
Estimasi Empiris Kurve Biaya Jangka Pendek        229
Estimasi Empiris Kurve Biaya Jangka Panjang        231
Ringkasan        232
Soal Latihan        233
Bab 8    Model Pasar Persaingan Sempurna        237
Keseimbangan Perusahaan Jangka Pendek        239
Keuntungan Maksimal        245
Kerugian Minimal        246
Break Even Point        247
Titik Tutup Usaha (Shut Down Point)        248
Keseimbangan Perusahaan Jangka Panjang        250
Penawaran Pasar dengan struktur Ongkos Produksi Tetap        253
Penawaran Pasar dengan struktur Ongkos Produksi Meningkat        253
Penawaran Pasar dengan struktur Ongkos Produksi Menurun        255
Pengaruh Pajak Tetap Terhadap Penawaran Pasar        256
Ringkasan        257
Soal Latihan        258
Bab 9    Model Pasar Monopoli        261
Undang-Undang Anti-Monopoli        264
Penerimaan Produsen        266
Keseimbangan Produsen Jangka Pendek        268
Keseimbangan Produsen Jangka Panjang        272
Diskriminasi Harga        274
Monopolist yang Memiliki Banyak Pabrik (The Multiple Plant Monopolist)        279
Ringkasan        282
Soal Latihan        284
Bab 10    Regulasi Pasar        287
Kebijakan Harga Dasar (Price Floor)        289
Kebijakan Harga Maksimal (Price Ceiling)        293
Penetapan Harga (Price Fixing)        301
Penetapan Tarif Impor        302
Regulasi Monopoli dengan MC Naik        306
Ringkasan         307
Soal Latihan         308
Lampiran        309
Daftar Pustaka        315
Indeks            317
Biografi Penulis        320

Informasi

Stay Connected