arya Buku ini secara khusus saya persembahkan untuk Ananda Azzahra Novrinadia Kharisma, dan Queensha Aishwarya Kharisma, generasi penerus penulis, dan secara umum untuk pendidik di Indonesia, yang bisa dijadikan buku untuk mengajar untuk memberikan karya terbaik seni tari tradisional yang dikemas Islami, Berangkat dari pengalaman inilah mengapa buku ini ditulis, yaitu keinginan untuk mengulas seni tari dikemas tari Islamic, namun tidak meninggalkan sisi nilai tradisi klasik/tradisional dari persepsi penulis. Bagaimana kondisi seni tari tradisional Indonesia. Bagaimana masyarakat Indonesia menanggapinya, sehingga buku ini diberi judul “Koreografi Seni Tari Anak SD Berkarakter dan Islami”. Tarian ini ketika terakhir menulis buku dengan judul “Bedhayan Gagrag Sumirat Puspito” tarian tradisi klasik perpaduan dari Yogyakarta dan juga Malangan, ini sangat menarik ketika menjadi virus positif, namun dari hal inilah yang perlu kita apresiasi untuk mahasiswa islam yang menarikan karya tari tradisi namun tertutup, untuk memberikan ruang, gerak dan waktu dalam berkarya seni, namun justru mendukung bagaimana nilai tari islami ini dapat diterima masyarakat luas. Melihat dunia karya tari anak bangsa mulai semakin kreatif khususnya sejak Pendidikan Sekolah Dasar, Hal inilah yang memacu menulis buku ini untuk memberikan ilmu, bagaimana koreografer muda Indonesia ikut andil dalam berkoreografi yang islam, “Hal ini dikatakan bahwa, sesungguhnya wanita juga sudah baligh oleh karena itu, maka tidak boleh nampak dari anggota badannya (kecuali muka dan telapak tangan) (H.R Abu dawud 4104 dan al-Baihaqi). Hal inilah penulis mencoba untuk dekat dengan masyarakat dan dekat dengan senimanseniman/koreografer muda khususnya yang bergelut dengan karya seni tari, karena Indonesia mayoritas adalah negara muslim, namun yang perlu digaris bawahi adalah tetap silahkan untuk berkarya seni tari dengan sekreatif mungkin, dan tidak meninggalkan tradisi klasik dan secara Islam.
PRAKATA v
PENDAHULUAN vii
DAFTAR ISI ix
Bab 1 Seni Tari SD 1
A. Pengetahuan dan Pengertian Seni Tari di SD 2
B. Jenis-jenis Seni Tari SD 5
C. Macam- macam Seni Tari SD 5
D. Memahami Ketrampilan Gerak,
Ruang dan Waktu Seni Tari di SD 13
E. Dasar-dasar Seni Tari di SD 13
F. Unsur-unsur Seni Tari SD 22
G. Konsep Seni Tari SD 23
H. Karakteristik Seni Tari SD 24
I. Sifat-sifat Seni Tari SD 33
J. Fungsi Seni Tari SD 33
Latihan 35
Bab 2 Ruang Lingkup Seni Tari 37
A. Ideologi Pendidikan Ki Hajar Dewantara
dalam Seni dan Pendidikan 37
B. Unsur Utama Tari 45
C. Element Gerak Tari 47
D. Pembagian Jenis Gerak Tari 51
E. Gerak Berdasarkan Aktivitas 55
F. Gerak Berdasarkan Fungsi 56
Bab 3 Proses Penciptaan Seni Tari SD 59
A. Penentuan Tema Tari SD 59
B. Proses Koreografi Tari SD 62
C. Manajemen Pertunjukan Tari SD 67
Bab 4 Proses Studio Koreografi Seni Tari SD Berkarakter 71
A. Proses Studio Koreografi Seni Tari SD Berkarakter 71
B. Karakteristik Penciptaan Karya Tari SD Islamic
dan Nilai Tradisional 74
C. Program Pembelajaran Seni 76
D. Sasaran Pendidikan Umum 81
E. Fungsi, Kedudukan, Peranan
dan Prospek Pendidikan Umum 82
F. Peranan Pendidikan Umum 84
G. Prospek Pendidikan Umum 85
H. Landasan Filosofis Pendidikan Umum 85
I. Asas-asas Pendidikan Umum 87
Bab 5 Estetika 101
A. Pengertian Estetika 101
B. Estetika Tari 106
DAFTAR PUSTAKA 109
GLOSARIUM 113
INDEKS 117