Keberadaan laboratorium diketahui sangat mendukung penyelenggaraan sains karena sifat dasar dari sains adalah pengetahuan yang dapat dipelajari melalui aktivitas laboratorium. Kegiatan di laboratorium dipandang sebagai hal yang esensial dalam mendorong siswa mempelajari sains melalui aktivitas inkuiri saintifik. Kegiatan tersebut sangat esensial dalam mengembangkan pengetahuan saintifik serta pengetahuan terhadap sains dalam diri siswa. Berbagai hal yang berkaitan dengan pengetahuan dasar tentang laboratorium akan dibahas di dalam buku ini. Berbagai pengetahuan dasar tersebut akan dibagi menjadi beberapa bahasan yang tersebar ke dalam sembilan bab. Berikut uraian bahasan tersebut. Di Bab 2, akan mempelajari pengertian dari laboratorium sekolah serta sejarah singkat pemanfaatan fasilitas laboratorium di sekolah, pada Bab 3, berbagai hal teknis yang berkaitan dengan desain atau perancangan pembangunan laboratorium disampaikan, lanjut ke Bab 4, kita akan mendiskusikan bagaimana susunan organisasi dalam pengelolaan laboratorium sekolah. Memasuki Bab 5, kita akan berkenalan dengan berbagai peralatan yang umumnya harus dimiliki oleh suatu laboratorium sains sekolah. Bab 6, kita akan mempelajari penggunaan mikroskop sebagai alat utama di setiap laboratorium sains. Memasuki Bab 7, beberapa peralatan yang dapat ditemukan di laboratorium di perguruan tinggi dipaparkan. Informasi yang dibahas di Bab 7 akan memberikan wawasan mengenai keberadaan alat-alat canggih yang biasa digunakan di perguruan tinggi. Selanjutnya, di Bab 8, kita akan mendiskusikan berbagai bahan kimia yang umum ditemukan di laboratorium sekolah. Bab ini akan memfokuskan bahasannya pada beberapa kelompok bahan kimia berbahaya yang memerlukan penanganan khusus dalam penyimpanan maupun penggunaanya. Di Bab 9, materi mengenai keamanan dan keselamatan kerja di laboratorium disampaikan. Sekolah bertanggung jawab dalam penyelenggaraan pembelajaran yang aman, termasuk pembelajaran yang melibatkan aktivitas praktikum di laboratorium. Terakhir, beberapa pengetahuan awal mengenai administrasi laboratorium disampaikan. Selain itu, bab ini juga sedikit membahas mengenai tahapan yang perlu dilakukan dalam pengajuan anggaran laboratorium. Pengelola laboratorium sekolah harus menguasai wawasan tentang kedua hal tersebut demi mengoptimalkan pemanfaatan laboratorium di sekolah.
Prakata------------------------------------------------------------------------------ v
Daftar Isi------------------------------------------------------------------------- vii
Bab 1 Pendahuluan - 1
Bab 2 Urgensi Keberadaan Laboratorium Sains di Sekolah - 7
iKendala Implementasi Pembelajaran di Laboratorium - 16
Ringkasan - 17
Soal Evaluasi - 18
Bab 3 Perancangan Pembangunan dan Tata Letak Laboratorium di Sekolah - 19
Ringkasan - 33
Soal Evaluasi - 34
Bab 4 Manajemen Staff Laboratorium - 35
A. Susunan Organisasi Pengelola Laboratorium Sekolah - 36
B. Kompetensi Laboran - 38
Ringkasan - 39
Soal Evaluasi - 40
Bab 5 Pengenalan Alat di Laboratorium Sains - 41
Ringkasan - 55
Soal Evaluasi - 56
Bab 6 Mikroskop Sebagai Alat Utama di Laboratorium Sains - 57
Ringkasan - 63
Soal Evaluasi - 64
Bab 7 Berbagai Alat Lain di Laboratorium Sains Perguruan Tinggi - 65
Ringkasan - 76
Soal Evaluasi - 77
Bab 8 Bahan-Bahan Kimia di Laboratorium Sains - 79
Ringkasan - 86
Soal Evaluasi - 86
Bab 9 Keamanan dan Keselamatan Kerja di Laboratorium - 89
Ringkasan - 107
Soal Evaluasi - 108
Bab 10 Administrasi dan Anggaran Alat Bahan Laboratorium Sains - 111
Ringkasan - 116
Soal Evaluasi - 116
Daftar Pustaka - 117
Glosarium - 119
Indeks - 125
Tentang Penulis - 129