Monograf ini merupakan hasil riset dengan tipe Participatory Action Research (PAR) dengan pendekatan rapid rural appraisal yang bertujuan untuk menggambarkan dan memahami model pemberdayaan masyarakat desa wisata Tangguh (DEWA TANGGUH) berbasis kearifan lokal dalam membangun desa. Subyek dalam riset ini pengelola Badan Usaha Milik Desa, pengelola wahana dan pengelola Usaha Kecil Mikro dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Desa Pujon Kidul. Dalam rangkaian pelaksanaan Participatory Action Research ini telah dilakukan berbagai pemecahan masalah bersama masyarakat desa melalui pelaksanaan sejumlah program pelatihan dan pendampingan untuk meningkatkan kondisi desa wisata sejak terpuruk karena pandemi Covid-19. Pendampingan tersebut adalah strategi peningkatan motivasi pengelola usaha mikro kecil, strategi pemasaran dan pengemasan produk berupa perbaikan website, pendaftaran Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT), pentingnya pemahaman pengolahan makanan higienis dan label halal, strategi pengelolaan Usaha Cafe Sawah dan Homestay. Dari hasil riset dalm perspektif Sosiologis ini diperoleh formulasi ‘model pemberdayaan masyarakat Desa Wisata Tangguh (DEWA TANGGUH) berbasis kearifan lokal dalam membangun desa’
PRAKATA.. i
DAFTAR ISI. ii
DAFTAR TABEL.. iv
DAFTAR GAMBAR.. v
RINGKASAN.. vi
BAB I. PENDAHULUAN.. 1
A. Latar Belakang. 1
B. Rumusan Masalah. 11
C. Tujuan Riset 11
D. Urgensi Riset 11
E. Metode Penelitian. 11
1. Pendekatan dan Jenis Riset 11
2. Lokasi Riset 13
3. Penentuan Subjek Riset 13
4. Teknik Koleksi Data. 13
5. Teknik Analisis Data. 14
6. Indikator Capaian. 16
F. Kebaruan Riset 16
BAB II. KONSEP PEMBANGUNAN DESA WISATA, RISK SOCIETY, DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF SOSIOLOGIS. 17
A. State of The Art 17
B. Konsep Desa Wisata. 26
1. Pembangunan Pariwisata Berkelanjutan. 26
2. Ekowisata. 27
3. Pariwisata Perdesaan (Rural Tourism) 30
4. Daya tarik Wisata sebagai Daya Tawar Desa Wisata. 31
C. Konsep Risk Society. 33
D. Pembangunan Desa dalam Perspektif Sosiologis. 38
E. Pemberdayaan Masyarakat Desa dalam Perspektif Sosiologis. 43
BAB III. PEMBANGUNAN DESA WISATA TANGGUH PUJON KIDUL.. 48
A. Potensi Desa Wisata Pujon Kidul 48
A. Strategi Peningkatan Motivasi Pengelola Usaha Mikro Kecil 55
B. Strategi Pemasaran dan Pengemasan Produk. 60
1. Perbaikan Website. 60
2. Pendaftaran PIRT. 63
C. Strategi Pengelolaan Usaha Cafe Sawah dan Homestay. 64
BAB IV. PENUTUP.. 67
A. Kesimpulan. 67
B. Implikasi 67
DAFTAR PUSTAKA.. 69
INDEKS. 72
GLOSARIUM... 74