Sejak pandemik covid-19 melanda banyak perubahan yang terjadi dalam dunia pendidikan. Hal ini tidak hanya berkaitan dengan bagaimana proses pembelajaran dilakukan, tetapi juga perkembangan paradigma keilmuan, khususnya dalam bidang Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya. Buku ini terdiri dari 10 judul artikel mengenai perkembangan yang terjadi dalam ilmu bahasa, sastra, dan pembelajarannya. Kesepuluh judul artikel ditulis oleh dosen Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Malang. Tema yang ditulis beragam, mulai dari permasalahan pembelajaran dalam situasi pandemik, strategi kebijakan internasionalisasi bahasa Indonesia, hingga perkembangan paradigm mutakhir dalam kajian bahasa dan sastra.Sejak pandemik covid-19 melanda banyak perubahan yang terjadi dalam dunia pendidikan. Hal ini tidak hanya berkaitan dengan bagaimana proses pembelajaran dilakukan, tetapi juga perkembangan paradigma keilmuan, khususnya dalam bidang Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya. Buku ini terdiri dari 10 judul artikel mengenai perkembangan yang terjadi dalam ilmu bahasa, sastra, dan pembelajarannya. Kesepuluh judul artikel ditulis oleh dosen Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Malang. Tema yang ditulis beragam, mulai dari permasalahan pembelajaran dalam situasi pandemik, strategi kebijakan internasionalisasi bahasa Indonesia, hingga perkembangan paradigm mutakhir dalam kajian bahasa dan sastra.
Sambutan Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan iv
Prakata Editor v
Daftar Isi vi
9. Problematika Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Secara Daring di Masa Pandemi (Arif Setiawan) 114
Tentang Penulis 138