Buku ini berisi berbagai strategi variatif yang bisa diimplementasikan dalam mengajar menulis di perguruan tinggi. Tidak hanya menyajikan teori menulis, buku ini dilengkapi pula dengan aktivitas praktis, berbagai macam teks esai, proyek riset dan laporan. Dirancang untuk membantu mahasiswa mengembangkan kemampuan menulis serta memberikan panduan bagi dosen maupun tutor dalam mendesain asesmen tulisan mahasiswa dan memberikan umpan balik yang sangat dibutuhkan untuk perbaikan tulisan mahasiswa. Ditulis oleh para guru yang berpengalaman di bidang menulis akademis, bahasa, dan linguistik. Kiranya buku ini akan sangat menarik dan dibutuhkan oleh mereka yang berkecimpung dalam pengajaran menulis akademis di perguruan tinggi.
PRAKATA (Penerjemah) v
UCAPAN TERIMA KASIH vii
DAFTAR ISI ix
DAFTAR GAMBAR xiii
BAB 1 ISU-ISU DALAM PENULISAN AKADEMIS DI PERGURUAN TINGGI (Mary Jane Curry dan Theresa M. Lillis) 1
Tujuan dari Buku Ini 1
Tulisan Mahasiswa dalam Perubahan Konteks Perguruan Tinggi 2
Provisi Institusional untuk Pelatihan Menulis 7
Pendekatan-pendekatan terhadap Tulisan Mahasiswa 10
Apa yang Ditawarkan Buku Ini: Sebuah Pendekatan
‘Perangkat’ untuk Mengajar Menulis 13
Penulis Buku 17
Gambaran Umum Tentang Mengajar Menulis Akademik 18
BAB 2 PENDEKATAN-PENDEKATAN DALAM MENGAJAR MENULIS (Mary Jane Curry dan Ann Hewings) 21
Pendahuluan 21
Tujuan Penulisan 22
Mengajar Menulis: Fokus pada Teks 23
Mengajar Menulis: Fokus pada Proses 37
Mengintegrasikan Pendekatan Proses dengan Analisis Teks 50
Kesimpulan 51
BAB 3 MENULIS UNTUK DISIPLIN ILMU YANG BERBEDA (Caroline Coffin dan Ann Hewings) 53
Pendahuluan 53
Ilmu Pengetahuan Hingga Humaniora: Pengetahuan Akademis sebagai Rentang 56
Penulisan Proposal Proyek dan Laporan Eksperimenal: Contoh dari Ilmu Pengetahuan 57
Mempresentasikan Data dan Terminologi Khusus Disiplin Ilmu: Contoh dari Ilmu Sosial 62
Menulis Esai, Sebuah Contoh dari Humaniora 67
Menulis Studi Kasus: Contoh dari Studi Bisnis 79
Kesimpulan 84
BAB 4 MERENCANAKAN PENILAIAN MENULIS SISWA (Sharon Goodman dan Joan Swann) 87
Pendahuluan 88
Penilaian: Isu-isu Awal 89
Mengidentifikasi Jenis Tulisan untuk Dinilai 97
Perumusan Tugas 108
Partisipasi Mahasiswa dalam Penilaian 111
Mencegah Plagiarisme 114
Kesimpulan 119
BAB 5 MEMBERI UMPAN BALIK PADA TULISAN MAHASISWA (Theresa M. Lillis dan Joan Swann) 121
Pendahuluan 121
Tuntutan Kelembagaan dan Wawasan Penelitian 123
Mengidentifikasi Tujuan Umpan Balik 125
Mengomentari Tulisan Mahasiswa 126
Cara Komunikasi Umum 132
Mengembangkan ‘Dialog Umpan Balik’ 144
Kesimpulan 152
BAB 6 PENULISAN AKADEMIS DALAM LINGKUNGAN ELEKTRONIK (Caroline Coffin dan Sharon Goodman) 155
Pendahuluan 155
Sumber-sumber Berbasis Internet 159
Menggunakan Konferensi Elektronik untuk Mengembangkan Kemampuan Menulis Akademik Mahasiswa 167
Teknologi dan Penilaian 182
Kesimpulan 185
REFERENSI 187
BIOGRAFI PENERJEMAH 193