logo
  • MENGAJAR MENULIS AKADEMIS DI PERGURUAN TINGGI

MENGAJAR MENULIS AKADEMIS DI PERGURUAN TINGGI

In stock
2
Harga Buku Rp. 127.000
  • Pengarang : Henri Fatkurochman, Aura Nur Fadhila
  • Kategori : Pendidikan
  • ISBN : -
  • e-ISBN :
  • Tahun Terbit : 2024
  • Halaman : 210
  • Cetakan : Pertama
  • Ukuran : 16 x 23 cm
  • Berat : 1000

Buku ini berisi berbagai strategi variatif yang bisa diimplementasikan dalam mengajar menulis di perguruan tinggi. Tidak hanya menyajikan teori menulis, buku ini dilengkapi pula dengan aktivitas praktis, berbagai macam teks esai, proyek riset dan laporan. Dirancang untuk membantu mahasiswa mengembangkan kemampuan menulis serta memberikan panduan bagi dosen maupun tutor dalam mendesain asesmen tulisan mahasiswa dan memberikan umpan balik yang sangat dibutuhkan untuk perbaikan tulisan mahasiswa. Ditulis oleh para guru yang berpengalaman di bidang menulis akademis, bahasa, dan linguistik. Kiranya buku ini akan sangat menarik dan dibutuhkan oleh mereka yang berkecimpung dalam pengajaran menulis akademis di perguruan tinggi.

PRAKATA (Penerjemah)        v
UCAPAN TERIMA KASIH        vii
DAFTAR ISI        ix
DAFTAR GAMBAR        xiii

BAB 1     ISU-ISU DALAM PENULISAN AKADEMIS DI PERGURUAN TINGGI (Mary Jane Curry dan Theresa M. Lillis)        1
Tujuan dari Buku Ini        1
Tulisan Mahasiswa dalam Perubahan Konteks Perguruan Tinggi         2
Provisi Institusional untuk Pelatihan Menulis        7
Pendekatan-pendekatan terhadap Tulisan Mahasiswa        10
Apa yang Ditawarkan Buku Ini: Sebuah Pendekatan 
‘Perangkat’ untuk Mengajar Menulis         13
Penulis Buku        17
Gambaran Umum Tentang Mengajar Menulis Akademik        18 

BAB 2     PENDEKATAN-PENDEKATAN DALAM MENGAJAR MENULIS (Mary Jane Curry dan Ann Hewings)        21
Pendahuluan         21
Tujuan Penulisan        22
Mengajar Menulis: Fokus pada Teks         23
Mengajar Menulis: Fokus pada Proses        37
Mengintegrasikan Pendekatan Proses dengan Analisis Teks        50
Kesimpulan        51

BAB 3     MENULIS UNTUK DISIPLIN ILMU YANG BERBEDA (Caroline Coffin dan Ann Hewings)        53
Pendahuluan        53
Ilmu Pengetahuan Hingga Humaniora: Pengetahuan Akademis sebagai Rentang         56
Penulisan Proposal Proyek dan Laporan Eksperimenal: Contoh dari Ilmu Pengetahuan         57
Mempresentasikan Data dan Terminologi Khusus Disiplin Ilmu: Contoh dari Ilmu Sosial         62
Menulis Esai, Sebuah Contoh dari Humaniora        67
Menulis Studi Kasus: Contoh dari Studi Bisnis         79
Kesimpulan        84

BAB 4     MERENCANAKAN PENILAIAN MENULIS SISWA (Sharon Goodman dan Joan Swann)        87
Pendahuluan         88
Penilaian: Isu-isu Awal        89
Mengidentifikasi Jenis Tulisan untuk Dinilai         97
Perumusan Tugas        108
Partisipasi Mahasiswa dalam Penilaian        111 
Mencegah Plagiarisme        114
Kesimpulan        119

BAB 5     MEMBERI UMPAN BALIK PADA TULISAN MAHASISWA (Theresa M. Lillis dan Joan Swann)        121
Pendahuluan        121
Tuntutan Kelembagaan dan Wawasan Penelitian         123
Mengidentifikasi Tujuan Umpan Balik         125
Mengomentari Tulisan Mahasiswa        126
Cara Komunikasi Umum        132
Mengembangkan ‘Dialog Umpan Balik’         144
Kesimpulan        152

BAB 6     PENULISAN AKADEMIS DALAM LINGKUNGAN ELEKTRONIK (Caroline Coffin dan Sharon Goodman)        155
Pendahuluan        155
Sumber-sumber Berbasis Internet        159
Menggunakan Konferensi Elektronik untuk Mengembangkan Kemampuan Menulis Akademik Mahasiswa        167 
Teknologi dan Penilaian        182
Kesimpulan         185

REFERENSI        187
BIOGRAFI PENERJEMAH        193

Informasi

Stay Connected