logo
  • FILSAFAT SAINS DALAM KONTEKS: INTERPRETASI FILOSOFIS UNTUK PENDIDIKAN TINGGI INDONESIA

FILSAFAT SAINS DALAM KONTEKS: INTERPRETASI FILOSOFIS UNTUK PENDIDIKAN TINGGI INDONESIA

In stock
4
Harga Buku Rp. 143.000
  • Pengarang: Hadi Nur
  • Kategori: Sosial & Populer
  • ISBN: 978-979-796-809-0 e-ISBN 978-979-796-810-6
  • Tahun Terbit: 2023
  • Halaman: 289
  • Cetakan: Pertama
  • Ukuran: 16 x 23 cm
  • Berat: 0.7 kg

Eksplorasi filsafat sains yang dikaitkan dengan topik praktis dan kontemporer bukan hanya menarik, tetapi juga esensial dalam dunia pendidikan, riset, dan kehidupan sehari-hari. Dalam menggali dan menghubungkan filsafat sains dengan isu-isu aktual, kita membuka wawasan yang lebih luas mengenai cara pandang dan pemikiran yang melatarbelakangi perkembangan ilmu pengetahuan. Salah satu cara efektif dalam melakukan eksplorasi ini adalah dengan menggunakan pendekatan interpretasi filosofis. Dengan memahami konsep-konsep penting dan pemikiran para filsuf terkemuka seperti Immanuel Kant, Karl Popper, dan Thomas Kuhn, kita dapat mengevaluasi dan menilai berbagai teori serta metodologi dalam sains. Pendekatan ini juga memungkinkan kita untuk melihat bagaimana perkembangan sains terjadi dalam konteks sosial, politik, dan budaya, yang relevan untuk pendidikan tinggi Indonesia.

 

Penafian .......................................................................................... iv
Prakata ............................................................................................ vii
Daftar Isi ......................................................................................... xv
Apa itu sains? ................................................................................ 1
Filsafat sains dalam konteks ........................................................ 5
1 – Keprofesoran............................................................................ 9
2 – Prinsip melakukan penelitian ilmiah ................................... 17
3 – Pemeringkatan universitas .................................................... 25
4 – Kompleksitas tata kelola riset ............................................... 33
5 – Paradoks kebodohan .............................................................. 43
6 – Prestasi yang semu .................................................................. 49
7 – Politikus dan sains .................................................................. 59
8 – Pengumpul data, pemikir, tukang dan manajer ................. 63
9 – Kualitas pemikiran .................................................................. 69
10 – Hat-trick dalam sains ............................................................. 77
11 – Resep penelitian sains yang hebat ...................................... 83
12 – Rasionalisasi pendidikan tinggi .......................................... 89
13 – Fakta dan opini ...................................................................... 95
14 – Pembenaran dan kebenaran ................................................ 99
15 – Kecerdasan dan kebijaksanaan ........................................... 105
16 – Masa depan publikasi ilmiah .............................................. 113
17 – Persepsi yang berbeda .......................................................... 119

18 – Kontribusi sarjana ilmu sosial ............................................. 125
19 – Umat Islam yang tertinggal ................................................. 131
20 – Kami juara .............................................................................. 141
21 – Keindahan dan praktikalitas sains ..................................... 145
22 – Kualitas jurnal yang terdistorsi ........................................... 151
23 – Manipulasi h-index ................................................................ 157
24 – Cintailah ilmu pengetahuan ................................................ 163
25 – Budaya iman dan sains ........................................................ 167
26 – Agama dan filsafat ................................................................ 175
27 – Sains, agama dan perspektif ................................................ 179
28 – Lebih baik diam ..................................................................... 183
29 – Jangan berdebat dengan orang bodoh ............................... 187
30 – Komunikasi dalam sains dan teknologi ............................ 191
31 – Dialog, debat dan diskusi .................................................... 197
32 – Filsafat tanpa bingung .......................................................... 203
Ikhtisar peran filsafat sains  ......................................................... 209
Filsafat sains, klasifikasi dan filsufnya ....................................... 215
Filsafat sains untuk Indonesia ..................................................... 225
Penerapan filsafat sains ................................................................ 233
Pendidikan tinggi yang inovatif dan holistik............................ 237
Menuju universitas ideal melalui filsafat kritis ........................ 245
Filsafat sains dan agama dalam era AI ...................................... 251
Tugas pembelajaran ...................................................................... 257
Bahan rujukan ................................................................................ 259 
Penutup .......................................................................................... 263
Indeks .............................................................................................. 267
Tentang penulis ............................................................................. 271

Informasi

Stay Connected