logo
  • GURU DAN PENDIDIKAN BERKEMAJUAN: URGENSI PEMAHAMAN GURU TENTANG LESSON STUDY, STEM, KARAKTER, DAN LI

GURU DAN PENDIDIKAN BERKEMAJUAN: URGENSI PEMAHAMAN GURU TENTANG LESSON STUDY, STEM, KARAKTER, DAN LI

In stock
2
Rp 109.000
  • Pengarang: Nurwidodo
  • Kategori: Pendidikan
  • ISBN: 978-979-796-855-7 e-ISBN 978-979-796-856-4
  • Tahun Terbit: 2024
  • Halaman: 116
  • Cetakan: Pertama
  • Ukuran: 16 x 23 cm
  • Berat: 0.8

Dunia pendidikan penuh dengan dinamika. Selalu ada cita cita mulia untuk meningkatkan kualitasnya namun juga selalu ada pesoalan yang harus diselesaikannya. Ada tantangan, ada pula harapan. Memasuki lorong waktu abad ke-21 yang sudah berlangsung selama 23 tahun, tantangan bukannya semakin sederhana. Tantangan yang kita hadapi semakin kompleks, membutuhkan sinergi dan kolaborasi untuk menjawabnya. Buku yang berjudul Guru dan Pendidikan Berkemajuan ini berupaya menggugah kesadaran pembaca untuk menjawab tantangan tersebut dengan guru sebagai pemeran utamanya. Area utama yang menjadi perhatian adalah pembelajaran. Peningkatan kualitas pembelajaran menjadi kunci dari kualitas pendidikan. Buku ini menawarkan beberapa alternative untuk menjawab tantangan yang membentang dihadapan kita. Oleh karena itu ajakan untuk menumbuhkan pembinaan profesi guru melalui lesson study sangat terasa di beberapa bagian buku ini. Tidak hanya lesson study yang menjadi konsen penulis, tetapi juga STEM pendidikan karakter dan literasi. Keseluruhannya dapat kita jumpai pada buku ini.

Sambutan - Sambutan        v
Prakata        xi
Daftar Isi         xiii


Bagian I  Guru Dan Urgensi Lesson Study        1
Sharing, Learning and Caring: Slogan baru Lesson Study membangun Learning Community         2
Awas! Pseudo Teaching Penyebab Terjadinya Loss Learning    6
Dialog: Fokus Utama dalam Pengkajian Pembelajaran        9
Melacak Learning Trajectory pada Sebuah Pembelajaran    13
Mimpi Pembelajaran Ideal, Mungkinkah Terwujud?        18
Lesson Study dalam Pendidikan Profesi Guru: Sebuah Keniscayaan        24
Guru Era Digital Harus Melek STEM        28
Menggalakkan STEM-Lesson Study di LPTK, Mungkinkah?    33
Bagian II  Guru Dan Urgensi Transformasi         39    
Saatnya Guru Menjadi Transformer         40
Guru Penggerak dan Keharusan Bermetamorfosis        45
Pastikan No Child Left Behind        51
Mewujudkan Semua Siswa Sukses        56
LPTK (Harus) Mencetak Guru Inovatif dan Reflektif        60
Bagian III  Guru, Pendidikan Karakter dan Sekolah Ramah Anak        67
Resureksi Pendidikan Karakter         68
Penanganan Kasus Perundungan di Sekolah        73
Gen-Z dan Tantangan Guru        77
Urgensi Pendidikan Keaksaraan Inovatif        81
Saatnya membudayakan “Jangan Takut Meskipun Salah”        85


Daftar Pustaka        89
Indeks        93
Glosarium        95
Biografi Singkat Penulis        99

Informasi

Stay Connected