Proses pembelajaran pada pendidikan di tingkat sekolah dan perguruan tinggi dapat berlangsung dengan baik apabila kurikulum yang direncanakan dan diimplementasikan adalah kurikulum yang mengikuti perkembangan zaman dan sesuai kebutuhan. Kurikulum adalah seperangkat program terkait pembelajaran dalam pendidikan yang dirancang, dikembangkan, dan diimplementasikan demi mencapai suatu tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Maka perencanaan dan pengembangan kurikulum menjadi hal pertama yang sangat penting dalam keberlangsungan proses pendidikan. Bagaimana dapat merencanakan dan mengembangkan kurikulum yang baik? Melalui buku ini semua pertanyaan tentang penrencanaan dan pengembangan kurikulum dapat terjawab. Karena dalam buku ini disajikan aspek teoritis dan praktis tentang kurikulum. Buku ini membahas tentang: model konsep kurikulum; konsep dan prinsip pengembangan kurikulum; model, pendekatan, dan orientasi pengembangan kurikulum; evaluasi kurikulum; perkembangan kurikulum sekolah dari masa ke masa; kurikulum 2013; dan penelitian berbasis kurikulum. Buku ajar ini dikemas dengan bahasa yang mudah untuk dipahami dan mengikuti perkembangan kurikulum saat ini. Materi yang disajikan dalam buku ini juga dijelaskan secara rinci. Buku ini sangat bagus untuk dipelajari oleh siswa, mahasiswa, guru, dosen, para pengembang kurikulum, praktisi pendidikan, dan kalayak umum. Hadirnya buku ini diharapkan dapat memberi kontribusi pada semua kalangan.
Prakata ~ v
Daftar Isi ~ vii
Bab 1. Model Konsep Kurikulum ~ 1
A. Pengertian Kurikulum ~ 2
B. Kedudukan Kurikulum dalam Pendidikan ~ 5
C. Fungsi dan Peranan Kurikulum ~ 8
D. Komponen Kurikulum ~ 9
E. Macam-Macam Model Konsep Kurikulum ~ 24
Rangkuman ~ 27
Latihan ~ 27
Bab 2. Konsep dan Prinsip Pengembangan Kurikulum ~ 29
A. Konsep Dasar Pengembangan Kurikulum ~ 30
B. Fungsi serta Peranan Pengembangan Kurikulum ~ 35
C. Azas-azas Pengembangan Kurikulum ~ 36
D. Prinsip Pengembangan Kurikulum~ 40
Rangkuman ~ 43
Latihan ~ 43
Bab 3 Model, Pendekatan, dan Orientasi Pengembangan Kurikulum ~45
A. Orientasi Pengembangan Kurikulum ~ 46
B. Pendekatan Pengembangan Kurikulum ~ 47
C. Model Pengembangan Kurikulum ~ 53
Rangkuman ~ 64
Latihan ~ 65
Bab 4 Evaluasi Kurikulum ~ 67
A. Konsep Evaluasi Kurikulum ~ 68
B. Aspek-Aspek Kurikulum yang diukur ~ 74
C. Model-Model Evaluasi Kurikulum ~ 80
Rangkuman ~ 85
Latihan ~ 86
Bab 5 Perkembangan Kurikulum Sekolah dari Masa ke Masa ~ 87
A. Kurikulum Masa Awal Kemerdekaan/Masa Orde Lama
(Kurikulum 1947, 1952 dan 1964) ~ 89
B. Kurikulum Orde Baru (1968, 1975, 1984, 1994) ~ 97
C. Kurikulum Masa Reformasi (Kurikulum Tahun 2004, 2006, dan
2013) ~ 116
Rangkuman ~ 126
Latihan ~ 128
Bab 6 Kurikulum 2013 ~ 131
A. Rasional Perubahan Kurikulum 2013 ~ 133
B. Ciri Khas atau Keistimewaan Kurikulum 2013 ~ 135
C. Elemen Perubahan Kurikulum 2013 ~ 136
D. Pendekatan dan Model Pembelajaran ~ 169
E. Perencanaan Pembelajaran ~ 171
F. Tahap Pelaksanaan ~ 176
Rangkuman ~ 179
Latihan ~ 180
Bab 7 Penelitian Berbasis Kurikulum ~ 181
A Prinsip Penelitian Berbasis Kurikulum ~ 182
B Perumusan Permasalahan Kurikulum pada Penelitian ~ 183
C Identifikasi Permasalahan Kurikulum dalam Penelitian ~ 187
D Beberapa Contoh Masalah dalam Kaitannya dengan Pengembangan Kurikulum ~ 190
Rangkuman ~ 191
Latihan ~ 192
Daftar Pustaka ~ 193
Indeks ~ 197
Glosarium ~ 199
Biodata Singkat Penulis ~ 205