logo
  • KAJIAN SENI BUDAYA SEKOLAH DASAR: PENGANTAR APRESIASI SENI TARI, DRAMA, MUSIK DAN RUPA

KAJIAN SENI BUDAYA SEKOLAH DASAR: PENGANTAR APRESIASI SENI TARI, DRAMA, MUSIK DAN RUPA

In stock
3
Rp 129.000
  • Pengarang: Belinda Dewi Regina
  • Kategori: Pendidikan
  • ISBN: 978-979-796-791-8 e-ISBN 978-979-796-792-5
  • Tahun Terbit: 2023
  • Halaman: 154
  • Cetakan: Pertama
  • Ukuran: 16 x 23 cm
  • Berat: 0,7 kg

“Seni itu bisa melembutkan batu, apalagi hati manusia.”

Seni adalah keahlian membuat yang bermutu (dilihat dari segi kehalusannya, keindahannya, fungsinya, bentuknya, makna dari bentuknya, dan sebagainya), seperti tari, lukisan, ukiran. Mencintai itu seni, suatu seni untuk memperlakukan orang yang kita cintai, dengan sebaik-baiknya, dengan sehormat hormatnya. Jadi bagaimana cara kita mencintai, akan menunjukkan sejauh apa dan setinggi apa kualitas kemanusiaan kita.

Seni budaya merupakan suatu keahlian mengekspresikan ide-ide dan pemikiran estetika, termasuk mewujudkan kemampuan serta imajinasi pandangan akan benda, suasana, atau karya yang mampu menimbulkan rasa indah sehingga menciptakan peradaban yang lebih maju. Seni itu abadi dan akan selalu dikenang. Bagi sebagian orang menyebut bahwa kebahagiaan itu seni menikmati keadaan, seni itu terkadang mempermudah hal yang sulit, dan juga menyulitkan hal yang mudah. Desain itu seni, seni itu indah. Dan hasil seni itu maha karya. Hidup dengan ilmu itu mudah. Hidup dengan seni itu indah. Hidup ini terasa indah, jika kita selalu bersyukur. Duduklah lihat betapa indahnya karya seni Tuhan. Senang itu adalah saat kita bisa mengagumi karya orang lain, seni itu adalah keindahan yang memberikan hak penuh pada setiap insan untuk menikmatinya tanpa eksklusivitas.

 

 

Prakata ~   v
Daftar Isi  ~   vii

Bab 1 Seni Budaya di Sekolah Dasar Sebagai Media Pendidikan Karakter ~   1  
A. Pengertian Seni Budaya ~ 1
B. Hakikat Seni Budaya di Sekolah Dasar ~ 2
C. Membangun Kreatifitas Anak melalui Pendidikan Seni  ~ 4
D. Pembelajaran Seni pada Pendidikan Dasar ~ 8
E. Karakteristik Mata Pelajaran Seni – Budaya SD/MI ~ 9
F. Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Seni Budaya ~ 10
Bab  2 Pengetahuan Ilmu Seni Tari dan Pembelajarannya di Sekolah 
Dasar ~ 11
A. Sejarah Perkembangan Seni Tari ~ 11
B. Pengertian dan Konsep Seni Tari ~ 16
C. Unsur, Fungsi dan Jenis Seni Tari ~ 19
D. Bentuk dan Pendekatan Seni Tari di Sekolah Dasar ~ 20
Bab  3  Teori Seni Drama Berbasis Pendidikan Karakter Menuju 
  Pendidik Kreatif ~ 23
A. Sejarah Perkembangan Seni Drama  ~ 23
B. Pengertian, Unsur, Fungsi dan Jenis Seni Drama  ~ 30
C. Drama Sebagai Seni Sastra dan Pertunjukan ~ 41 
D. Drama Sebagai Perkembangan Pendidikan Karakter
 di Sekolah Dasar ~ 43
Bab  4  Konsep Mencipta Seni Musik Dalam Menginternalisasi Nilai 
  Keragaman Budaya ~ 49
A. Sejarah Perkembangan Seni Musik ~ 49

B. Definisi dan Unsur dalam Karya Seni Musik ~ 57
C. Jenis dan Fungsi dalam Berkarya Seni Musik  ~ 62
D. Pembelajaran Seni Musik dalam Menginternalisasi Keragaman
 Budaya ~ 71
Bab 5  Seni Lukis Dalam Ruang Lingkup Sekolah Dasar ~ 75
A. Sejarah Perkembangan Global Seni Lukis ~ 75
B. Unsur, Jenis, Fungsi dan Contoh Seni Lukis beserta
 Perkembangannya ~ 79
C. Proses dalam Mencipta Karya Seni Lukis ~ 89
Bab 6  Konsep Pendekatan Pendidikan Melalui Seni  ~ 97
A. Seni Budaya Mata Pelajaran yang Kondisional ~ 97
B. Pembelajaran Rekreatif dalam Seni Budaya ~ 103
C. Pendidikan Seni Budaya sebagai Media untuk Mencapai 
 Tujuan Pendidikan ~ 105
Bab 7 Pendidikan Seni Sebagai Wahana Pengembangan Kreatifitas 
  Siswa ~ 
A. Konsep Pendidikan Seni dalam Perkembangannya ~ 111
B. Metode Pembelajaran Seni Budaya SD ~ 116
C. Teknik Pembelajaran Seni SD ~ 124
D. Strategi dan Evaluasi Pembelajaran Seni SD ~ 127

Daftar Pustaka ~ 131
Glosarium ~ 139
Indeks  ~ 141
Biodata Singkat Penulis ~ 143

Informasi

Stay Connected