logo
  • CSR ISLAM: TUJUH PRINSIP TRANSFORMASI ORGANISASI UNTUK KEMAJUAN BISNIS DAN MASYARAKAT

CSR ISLAM: TUJUH PRINSIP TRANSFORMASI ORGANISASI UNTUK KEMAJUAN BISNIS DAN MASYARAKAT

In stock
0
Harga Buku Rp. 0
Harga EBook Rp. 65.000
  • Pengarang : Mohammad Reevany Bustami, Moh. Mudzakkir, Ellisha
  • Kategori : Agama Islam
  • ISBN : 978-979-796-568-6
  • e-ISBN : 978-979-796-569-3
  • Tahun Terbit : 2021
  • Halaman : 147
  • Cetakan : Pertama
  • Ukuran : 16 x 23 cm
  • Berat : 1000

Sebagaimana diketahui CSR, merupakan tanggung-jawab perusahaan kepada seluruh stakeholder yang sifatnya holistik dan jangka panjang. CSR sesungguhnya merupakan bentuk komitmen perusahaan untuk beraktivitas secara etis, legal dan berkontribusi untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup bagi karyawan, supplier, konsumen, mitra usaha, komunitas yang lebih luas dan lingkungan hidup untuk mencapai sustainability. Buku “Menuju CSR Islami: Tujuh Prinsip Tranformasi Organisasi”  ini dipersembahkan untuk mahasiswa jenjang Sarjana (S1), Magister (S2), dan Doktoral (S3) pada program studi Ekonomi, Manajemen, Akuntansi dan Ekonomi Syari’ah/Islam dan Ilmu-ilmu Sosial. Selain itu juga para praktisi dan para pemerhati CSR islami. Keunggulan buku ini adalah memberikan gambaran dasar-dasar Islam yang dapat dijadikan sebagai landasan dalam membangun dan mengembangkan CSR islami. Dasar-dasar tersebut diurai dalam tujuh pilar untuk menggapai transformasi organisasi. Pilar pertama: Etika Bisnis Islami. Bahwa bisnis merupakan perwujudan dari ibadah kepada Allah SWT.  Disusul Pilar kedua: Amanah sebagai khalifah di bumi, bahwa setiap insan secara spriritual bertanggung jawab sebagai khalifatullah fil ardh. Dilanjut dengan Pilar ketiga: Prinsip amanah dalam CSR. Pilar ini ingin membumikan salah satu sifat mulia Rasulullah yaitu amanah atau dapat dipercaya. Bahwa dalam segala kehidupan, kepercayaan merupakan modal sosial yang sangat utama. Kemudian Pilar keempat: Prinsip halal dan thayyib dalam bisnis. Mempertimbangkan bisnis sebagai bagian dari ibadah muamalah, maka apa yang diusahakan harus memenuhi kriteria halal, sekaligus juga bagaimana cara mengusahakannya. Berikutnya Pilar kelima: Prinsip keadialan sosial. CSR merupakan hamparan untuk mewujudkan kehidupan yang adil, sehingga CSR dapat digunakan untuk mendistribusikan keadilan sosial bagi seluruh stakeholder. Selanjutnya Pilar keenam: Pentingnya otentisitas dan kredibiltas dalam membangun budaya organisasi yang unggul. Dalam bisnis Islami, otentisitas merupakan ikhtiar untuk menjaga saling percaya (mutual trust) di antara para pelaku bisnis. Otentisitas akan menjamin produk yang berkualitas sehingga dapat diterima oleh pasar. Terakhir, Pilar ketujuh: Prinsip Ta’awun (tolong menolong). Islam memerintahkan umatnya untuk saling tolong-menolong dalam kebaikan dan mencegah kemungkaran. Dunia bisnis bukan hanya bertujuan untuk mencari keuntungan semata, namun juga menyebarkan semangat tolongmenolong kepada se sama manusia (bukan hanya  umat Islam)

Kata Pengantar  v
Prakata Penulis  vii
Daftar Isi  xi
Mukadimah  1
Bab 1  Prinsip Niat yang Beretika  5
A. Etika Bisnis   5
B. Etika Bisnis Islam   6
C.  Meluruskan Niat  11
Bab 2  Prinsip Penaungan Khalifah  19
A. Manusia sebagai Khalifah  19
B.  Kontekstualisasi Tugas Khalifah   23
Bab 3  Prinsip Kejujuran dan Amanah  41
A. Kejujuran sebagai Prinsip Bisnis    41
B.  Pebisnis yang Terpercaya dengan Etika   43
C.  Sukses Ala Rasulullah dengan Kejujuran   48
D.  Kontekstualisasi Trustworthiness dalam Bisnis   49
Bab 4  Prinsip Halalan Thayyiban  55
A. Makna Halalan dan Thayyiban   56
B.  Melaksanakan Perintah Halalan Thayyiban  59 
C.  Kriteria Halalan Thayyiban   61

Bab 5  Prinsip Keadilan  71
A. Pengertian Adil   71
B. Keadilan dalam Bisnis    72
C. Adil dalam Distribusi Kekayaan    74
D. Implementasi Keadilan dalam Bisnis  75
Bab 6  Prinsip Otentisitas dan Kredibilitas  91
A. Makna Otentisitas dan Kredibilitas   91
B. Periwayatan dan Otentisitas Hadis   92
C. Kontekstualisasi Otentitas dalam Bisnis Islam  93
Bab 7  Prinsip Derma  105
A. Kedermawanan dan Islam  105
B. Memberi dalam Tradisi Islam   107
C. Semangat Al-Maun  114
Daftar Pustaka  121
Indeks   127
Tentang Penulis  131

Informasi

Stay Connected