logo
  • MONOGRAF- PERMAINAN TRADISIONAL BOY-BOYAN DAN GOBAK SODOR DENGAN METODE BERLIAN

MONOGRAF- PERMAINAN TRADISIONAL BOY-BOYAN DAN GOBAK SODOR DENGAN METODE BERLIAN

In stock
2
Harga Buku Rp. 92.000
  • Pengarang : Iswinarti, Devyana Pratiwi N. Sandy, Rahma Sapta P
  • Kategori : Monograf
  • ISBN : -
  • e-ISBN :
  • Tahun Terbit : 2024
  • Halaman : 180
  • Cetakan : Pertama
  • Ukuran : 16 x 23 cm
  • Berat : 1000

Regulasi emosi merupakan kemampuan seseorang dalam mengatur, mengungkapkan, dan mengatasi emosi dengan wajar untuk mencapai tujuan. Remaja merupakan periode transisi yang penuh dengan perubahan signifikan dalam perkembangannya, baik dalam perkembangan biologis, emosi, dan sosialnya. Perubahan tersebut memungkinkan remaja rentan terhadap gangguan emosi. Oleh sebab itu, remaja perlu meningkatkan kemampuan regulasi emosi, salah satunya dengan bermain permainan tradisional. Buku ini merupakan hasil penelitian yang bertujuan untuk melihat keefektifan dari pemberian permainan tradisional gobak sodor dan boy-boyan terhadap peningkatkan regulasi emosi dengan metode experiential learning. Hasil menunjukkan adanya peningkatan regulasi emosi pada kelompok yang bermain permainan tradisional gobak sodor maupun boy-boyan. Peningkatan regulasi emosi terlihat pada  pada kedua kelompok subjek yang memperoleh perlakuan permainan tradisional. Hasil dari tes disregulasi emosi (DERS) menunjukkan  adanya penurunan rata-rata nilai tes disregulasi emosi (DERS) setelah diberikan permainan tradisional gobak sodor dan boy-boyan. Di sisi lain, kelompok yang tidak memperoleh perlakuan permainan tradisional menunjukkan tidak adanya penurunan hasil DERS dari pretest ke postest. Dengan demikian  direkomendasikan bahwa permainan tradisional gobak sodor  dan boy-boyan dapat digunakan sebagai media untuk meningkatkan regulasi emosi pada remaja.

Prakata        v
Daftar Isi    vii

Bab 1.    Pendahuluan    4
Bab 2.    Regulasi Emosi    11
Bab 3.    Permainan Tradisional dan Metode Berlian    17
    A. Permainan Tradisional Boy-Boyan    18
    B.  Permainan Tradisional Gobak Sodor    19
    C. Experiential Learning    21
Bab 4.    Nilai Regulasi Emosi dalam Permainan    25
    A. Kerangka Berpikir    35
    B. Hipotesis    35
Bab 5.    Metodologi    39
    A. Rancangan Penelitian    39
    B. Subjek Penelitian    40
    C. Variabel dan Instrumen    41
    D. Prosedur dan Analisis Data    43
Bab 6.    Panduan Pelaksanaan Permainan    53
    A. Panduan Permainan Boy-Boyan    53
    B. Panduan Permainan Gobak Sodor    87
Bab 7.    Efektivitas Permainan Tradisional dalam Meningkatkan Regulasi Emosi    125
    A. Permainan Boy-Boyan dan Regulasi Emosi    125
    B. Permainan Gobak Sodor Dan Regulasi Emosi    130
Bab 8    Pembahasan    99
Penutupan    106

Daftar Pustaka    149
Lampiran     159
Glosarium    165
Indeks        169
Biodata Singkat Penulis    171

Informasi

Stay Connected