PANDUAN PENULISAN NASKAH BUKU BUNGA RAMPAI/BOOK CHAPTER PENERBIT UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG

26 Agustus 2021 | dibaca 12647

A. Naskah Bunga Rampai/Book Chapter
Bunga Rampai/Book Chapter merupakan kumpulan tulisan dari beberapa orang atau seseorang berupa artikel ilmiah, makalah, ataupun esai ilmiah (akademisi), dengan satu topik permasalahan yang dibahas melalui berbagai pendekatan dan aspek/sudut pandang keilmuan.
1. Format penyerahan Naskah :
a). Naskah merupakan karya asli dari penulis dan bebas dari unsur plagiasi. Keseluruhan naskah yang masuk akan diperiksa tingkat plagiasinya menggunakan aplikasi Turnitin. Naskah yang berasal dari internal Universitas Muhamadiyah Malang hasil pemeriksaan Turnitin harus di bawah ambang batas 20% kemiripan. Jika terdeteksi kemiripan lebih dari 20%, maka penerbit UMMPRESS menyarankan untuk melakukan proses perbaikan terlebih dahulu sebelum naskah masuk pada proses penyuntingan.
b). Kertas berukuran minimal (Lebar x tinggi ) sebesar 15,5 cm x 23 cm (sumber Dikti)
c). Margin halaman: atas 3cm, bawah 3cm, kiri 3cm, kanan 3cm
d). Font menggunakan Times New Roman dengan ukuran 12 , Spasi 1,5
e). Tebal buku Minimal 80 halaman, tidak termasuk Halamn i, Daftar Pustaka, Glosarium, Indeks dan Lampiran.
2. Sistematika naskah Bunga rampai terdiri atas:
a) Bagian awal (preliminaries) terdiri atas sampul depan (berisi halaman judul dan nama editor), daftar isi, prakata dan kata pengantar;
b) Isi buku (text matter) terdiri atas prolog (pendahuluan atas keseluruhan isi), bab isi (artikel-artikel terkait) yang bersifat mandiri, setiap akhir bab (masing-masing artikel) dicantumkan daftar pustaka, dan epilog (analisis atas keseluruhan isi).
c) Bagian akhir (postliminaries) terdiri atas lampiran, glosarium, indeks dan biografi penulis.
3. Tiap-tiap bab dapat berdiri sendiri dengan susuan Karya Tulis Ilmiah lengkap dan memiliki benang merah atas keseluruhan bab.
4. Naskah Bunga Rampai/Book Chapter rampai wajib mencantumkan nama editor pada halaman judul sebagai perwakilan dari para penulis.
5. Editor bertugas untuk:
a) menyesuaikan sistematika naskah bunga rampai dengan format yang ditetapkan oleh penerbit; b) menyusun pendahuluan/prolog dan penutup/epilog;
c).memastikan naskah tidak melanggar asas legalitas dan kesopanan (seluruh data dalam artikel tidak mengandung unsur SARA, pelanggaran undang-undang, dan bebas plagiasi);
d) menyediakan prakata.
6. Nama penulis dicantumkan pada setiap bab atau artikel, diletakkan setelah judul. Satu judul dapat ditulis oleh satu atau lebih penulis. Informasi lain mengenai penulis seperti contact person tidak perlu dicantumkan.
7. Judul subbab ditulis dalam bentuk pernyataan/kalimat substansi.
8. Artikel yang berasal dari hasil karya ilmiah (KTI non buku) wajib/sebaiknya dikonversi sistematikan dan anatominya menjadi sistematika dan anatomi KTI buku yang akan diterbitkan. Sehingga pembahasan seperti “Latar Belakang”, “Tinjauan Pustaka”, “Tujuan”, “Rumusan Masalah”, wajib ditulis dalam bentuk pernyataan substantif.
9. Dalam tiap bab tidak harus dicantumkan abstrak.
10. Prolog ditulis sebagai pendahuluan yang menjelaskan mengenai keseluruhan isi buku, keterkaitan antarbab, menjelaskan mengenai benang merah dari keseluruhan artikel, dan lain-lain.
11.Epilog ditulis mengenai analisis dan kesimpulan atas keseluruhan isi.
12. Daftar pustaka dicantumkan di akhir tiap-tiap bab. Daftar pustaka ditulis sesuai dengan kaidah penulisan daftar pustaka yang konsisten pada seluruh bab. . Penyusunan kutipan wajib menggunakan aplikasi referensi seperti Mendeley, Refrences dan Endnote. Kaidah penulisan daftar pustaka mengunakan format APA Style.

12. Indeks : istilah yang dianggap penting yang terdapat dalam buku yang disusun menurut abjad dan memberikan informasi mengenai halaman tempat kata itu ditemukan.

13. Glosarium; berisi penjelasan atau definisi terjemahan pendek dari sebuah kata atau frasa