PANDUAN PENULISAN NASKAH BUKU AJAR /BUKU TEKS PENERBIT UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG UMMPRESS 2021

26 Agustus 2021 | dibaca 642

Naskah Buku Ajar/Buku Teks Buku ajar adalah buku pegangan untuk mata kuliah yang disusun dan ditulis oleh dosen di bidangnya sesuai dengan maksud dan tujuan intruksional mata kuliah.
1. Format penyerahan Naskah :
a). Naskah merupakan karya asli dari penulis dan bebas dari unsur plagiasi. Keseluruhan naskah yang masuk akan diperiksa tingkat plagiasinya menggunakan aplikasi Turnitin. Naskah yang berasal dari internal Universitas Muhamadiyah Malang hasil pemeriksaan Turnitin harus di bawah ambang batas 20% kemiripan. Jika terdeteksi kemiripan lebih dari 20%, maka penerbit UMMPRESS menyarankan untuk melakukan proses perbaikan terlebih dahulu sebelum naskah masuk pada proses penyuntingan.
b). Kertas berukuran minimal B5 (lebar x tinggi ) 15,5 cm x 23 cm (sumber Dikti)
c). Margin halaman: atas 3cm, bawah 3cm, kiri 3cm, kanan 3cm
d). Font menggunakan Times New Roman dengan ukuran 12 , Spasi 1,5
e). Tebal naskah minimal 140 halaman, tidak termasuk Halamn i, Daftar Pustaka, Glosarium, Indeks dan Lampiran.
2. Kelengkapan naskah buku ajar setidaknya terdiri atas ;
a). Bagian awal (preliminaries) terdiri atas sampul depan (berisi halaman judul dan nama penulis), daftar isi, daftar gambar, daftar tabel, prakata, kata pengantar dan pendahuluan (berupa tinjauan mata kuliah);
b). Bagian isi buku (text matter) terdiri atas bab-bab buku disertakan rangkuman, latihan beserta kunci jawabannya;
c). Bagian akhir (postliminaries) terdiri atas daftar pustaka, lampiran, glosarium, dan indeks.
3. Buku ajar ditulis mengacu pada kurikulum atau silabus mata kuliah. Sasaran pengguna buku ajar lebih luas dibandingkan dengan sasaran pengguna modul pembelajaran.
4. Naskah buku ajar telah melalui proses telaah substantif oleh DP2M UMM.
5. Urutan penomoran dan keterangan tabel harus sesuai dengan penomoran tabel yang tercantum pada naskah. Halaman pada tabel harus sesuai dengan tabel yang muncul pada naskah.
6. Daftar gambar (dengan menyertakan sumber yang digunakan) dan daftar tabel harus sesuai dengan yang tercantum pada isi naskah. Nomor tabel, keterangan, dan halaman harus sama dengan yang tertera pada naskah.
7. Ilustrasi (gambar, tabel, foto, skema, diagram, grafik, dll) wajib diberi nomor dan keterangan secara berurutan dari bab pertama hingga akhir. Selain itu, ilustrasi wajib disertakan sumbernya bila ilustrasi bukan milik pribadi dan hasil rujukan sumber lain
8. Setiap awal bab terdiri dari deskripsi singkat atau gambaran umum tentang cakupan bab tersebut; relevansi bab dengan pengetahuan atau pengalaman mahasiswa; dan Tujuan Instruksional Khusus.
9. Pada akhir bab sebaiknya disertakan rangkuman mengenai materi bahasan bab tersebut, Rangkuman berisi inti dari bahan pembelajaran pada bab. Bagian Latihan diisi soal-soal atau kasus-kasus yang perlu diselesaikan mahasiswa secara mandiri untuk mencapai pemahaman pembelajaran yang terinternalisasi.
10. Seluruh rujukan yang disitasi atau dikutip dalam isi buku wajib dicantumkan dalam “Daftar Pustaka” sesuai dengan kaidah penulisan daftar pustaka yang konsisten. . Penyusunan kutipan wajib menggunakan aplikasi referensi seperti Mendeley,,References atau Endnote. UMMPRESS menggunakan kaidah penulisan APA Style untuk penyusunan daftar pustaka.
11. Glosarium adalah daftar kata-kata pada buku yang diklasifikasikan sebagai istilah penting atau khas dan kata-kata sulit yang perlu diketahui. Glosarium terdiri atas dua bagian, yaitu bagian yang diterangkan (keyword) dan bagian yang menerangkan (definisi dari kata-kata).
12. Indeks atau disebut halaman penjurus menjadi komponen halaman penyudah buku yang berfungsi membantu pembaca menemukan informasi penting terkait konten buku secara cepat pada halaman-halaman yang memuatnya.
13. Penggunaan bahasa dan diksi supaya disesuaikan dengan sasaran pembaca, lebih baik meminimalisasi bahasa teknis agar mudah dipahami oleh mahasiswa.