Sejarah

Pada tahun 1990 UMM  Press mulai dirintis sebagai unit Koran kampus Bestari di bawah koordinasi Biro Kemahasiswaan. Pada awalnya kehadirannya, UMM Press  hanya melayani pencatatan ISBN  (perhitungan manual) bagi dosen yang ingin menerbitkan buku. Naskah buku diterbitkan dalam jumlah yang terbatas dan beredar dikalangan sendiri. Namun demikian, ditengah awal pendiriannya UMM Press  telah mampu menerbitkan kurang lebih 10 Judul.

 

Daftar Pimpinan UMM PressPeriode 1990 - 2005

 PERIODE I

 TAHUN 1990 - 1995

 Drs. Latipun

 PERIODE II

 TAHUN 1995 - 1998

 Drs. Moh. Mohyi

 PERIODE III

 TAHUN 1999 - 2005

 Drs. Dicky Wisnu Usdek, MM

 

Sejalan dengan perkembangannya, pada tahun 2000 UMM PRESS  berubah struktur menjadi  menjadi  Unit Pelaksana Teknis (UPT) . Sebagai unit bisnis dengan dukungan fasilitas peralatan pra cetak, computer, karyawan tetap  serta Manajemen organisasi, UMM Press mulai mengembangkan diri dengan menerbitkan karya-karya dosen UMM dan memasarkannya melalui  jaringan toko buku dan distributor yang tersebar di  seluruh Indonesia. Secara perlahan, kehadiran UMM Press ikut membantu menciptakan atmosfer akademik di lingkungan Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan secara tidak langsung posisi ini telah membantu meningkat benchmark sebagai salah satu penerbit perguruan tinggi yang mampu bersaing di pasar buku Nasional. 

 

Strukutr Pengelola UMM PRESS 2000 - 2005

 Kepala UMM Press

 Drs. Dicky Wisnu Usdek, MM

 Editor

 Ridlo Setyono, S.Pd, M. Ahyar Muslimin

 Administrasi I

 Diana Rosyidatul M. SE

 Administrasi II

 Diyah Santi, SE

 

Pada Tahun 2004, sejalan dengan membaiknya era perbukuan di tanah air, UMM Press telah mencetak kurang lebih 120 buku yang tersebar di pasar buku nasional. Sebagai penerbit perguruan tinggi, kehadiran UMM Press  mendapatkan  apresiasi karena mampu melakukan  terobosan baru dengan menjadikan pasar sebagi ujung tombak pengembangan penerbitan. Kemampuan memperluas pasar ini menjadi antitesa keberadaan penerbit perguruan tinggi selama ini menghadapi kendala terbesar  dalam memasarkan produk utamanya berupa buku. Salah satu faktor pendukung lain adalah terbatasnya jumlah penerbit perguruan tinggi yang ada, sehingga pada era tahun 2004-an produk UMM press yang tersebar banyak mendapatkan perhatian yang berimbas dengan semakin dikenalnya UMM Press dikalangan pengguna buku terbitan perguruna tinggi. 

 

 

Struktur Pengelola UMM PRESS Periode 2005 - 2010

 Kepala UMM Press

 Drs. Wahyu Hidayat R, MM

 Administrasi

 Izna Susilowati, SE

 

 Riris Widya Rakasiwi, SE

 Editor

 Ridlo Setyono, S.Pd

 

 M. Ahyar Muslimin, S.Ag

Pembantu Umum

 Wahyu Latif  - Elvira - Nia

 

Seiring dengan terus berkembangnya UMM Press dengan mencetak berbagai macam buku dari kalangan Dosen, pada tahun 2006 UMM Press termasuk salah satu penerbit perguruan tinggi yang  produktif dan mendapat tempat tersendiri di hati para pengguna.  Dengan terus dilengkapinya sarana dan peralatan yang mendukung serta manajemen yang tertata , UMM Press telah mempunyai ikon tersendiri di pasar perbukuan tanah air.  Melalui media promosi dan rangkaian kegiatan pameran buku dalam skala nasional menjadikan UMM Press mampu mengembangkan diri sebagi penerbit perguruan tinggi yang handal dan dietrima masyarakat .

 

Struktur Pengelola UMM Press Periode 2010 - 2013

 Kepala UMM Press

 Ir. Joko Triwanto, MP

 Administrasi

 Sri Wahyuni, SE

 

 Ayu Megawati

 Devisi Desain dan Produksi

 Ridlo Setyono, S.Pd

 Devisi Setting Lay out

 Ahmad H. Riyanto, ST

 Devisi Marketing

 Wahyu Latif

 

Sampai dengan tahun 2012,  UMM Press telah mencetak kurang lebih 230 judul buku, berupa buku ajar perguruan tinggi, buku agama, dan ragam buku lainnya yang berbasis pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Di tengah arus kemajuan dunia penerbitan dengan makin banyaknya pilihan media cetak memberikan tantangan tersendiri bagi kelangsungan UMM Press. Isu peningkatan kualitas cetak dan isi buku menjadi tantangan tersendiri bagi UMM Press untuk semakin bersaing di pasar buku nasional.Demikian pula, dengan tingginya persaingan antar penerbit umum mapun Perguruan Tinggi mendorong UMM Press bekerja ekstra menghadirkan buku-buku terpilih yang dapat diterima di kalangan pengguna.

 

Salah satu pilihan yang digunakan UMM Press saat ini adalah memaksimalkan penggunaan media internet melalui website umm press. Dengan keberadaan website ini bisa memberikan kemudahan bagi pembaca untuk mengakses perkembangan terkini UMM Press, mengetahui ketentuan standar pengajuan naskah buku pada penerbit  UMM Press, melakukan aktifitas pembelian secara on line. Ke depan melalui media ini  akan dirancang sebagai media komunikasi belajar mengajar antara mahasiswa pengguna buku matakuliah dengan dosen sebagai penulis buku terbitan UMM Press.

 

Struktur Pengelola UMM PRESS Periode 2014 - saat ini

 Kepala UMM Press

 Dr. Wahyu Hidayat R.MM

 Editor

 Yunan Syaifullah

 Administrasi

 Eliska, SE

 

 Ayu Megawati

 Devisi Desain dan Produksi

 Ahmad H. Riyanto, ST

 Devisi Setting Lay out

 Septian Rizal Pratama

 Devisi Marketing

 Ahmad Andi Firmansah, SPd