Prosedur Pengajuan Naskah Buku

11 September 2013 | dibaca 2646

CARA MENGAJUKAN NASKAH

Bagi para penulis yang ingin mengajukan naskah buku untuk diterbitkan UMM Press hendaknya mengetahui ruang lingkup tema dan gaya penulisan terbitan UMM Press, baik itu berupa naskah buku teks mata kuliah maupun naskah buku umum. Pada saat mengajukan naskah buku, sedapat mungkin disertakan gambaran tentang buku yang diajukan diantaranya meliputi:

Outline Buku :
Merupakan kerangka umum mengenai isi buku. Outline harus dilengkapi judul maupun sub-sub judul tiap bab untuk memperjelas isi buku secara lebih detail. Untuk penulisan buku teks mata kuliah, outline bisa disesuaikan, misalnya dengan Satuan Acara Perkuliahan atau silabus mata kuliah yang bersangkutan.

Isi buku :
-    Deskripsi isi buku secara singkat, dalam1-2 paragraf. Cara pendekatan yang dipilih dan tujuan umum penulisan.
-    Keistimewaan buku. Buat daftar singkat mengenai kelebihan atau keunikan buku yang ditulis.
-  Siapa pembaca yang ditargetkan oleh buku ini dan apa tingkatannya? Akademisi? Jika ya, tingkat S1 atau Pascasarjana? Ataukah praktisi dan       masyarakat umum?
-  Berikan 3 (tiga) bab contoh yang menurut Anda merupakan bab terbaik dari buku Anda. Bab-bab pilihan ini harus mencerminkan ide, kualitas dan keunikan buku Anda. Bab-bab pilihan tidak harus berurutan.

Latar Belakang Penulis
    Ceritakan latar belakang pendidikan, pekerjaan yang relevan dan pengalaman menulis Anda. Apakah Anda juga pengajar mata kuliah untuk buku yang Anda tulis? Apakah ada buku-buku Anda lainnya yang sudah diterbitkan? Sertakan pula CV Anda.
Pesaing dan Potensi Pasar
-     Berikan tiga judul buku yang menurut Anda adalah pesaing terdekat buku yang ditulis. Sertakan juga nama penulis, penerbit, tebal buku dan harga dari buku-buku pesaing tersebut. Apakah kelebihan dan kekurangan buku Anda dibandingkan buku-buku tersebut? Bandingkan buku Anda dan buku-buku pesaing dalam 1-2 paragraf singkat.
-     Menurut Anda bagaimana potensi pasar buku Anda? Mata kuliah (dan kampus mana saja) yang mungkin menggunakan buku Anda? Menurut perkiraan Anda, berapa banyak orang yang akan membeli buku tersebut?

Lampirkan data-data di atas dengan contoh naskah buku (hardcopy dan softcopy) dan dikirim melalui pos atau Email langsung kepada :

UPT. Penerbitan
Universitas Muhammadiyah Malang
d/a UMM Press Jln. Raya Tlogomas 246 Malang
Telp. 0341-464318 Psw. 140  Fax. 0341-460435
Telp. 0341-7059981 (fleksi) Malang
Website : http://ummpress.umm.ac.id
E-mail : ummpress@yahoo.com