Releasing Buku Ketidakstablian Elektoral dan Kehancuran Politik Aliran

29 Juli 2013 | dibaca 2167

       Releasing Buku Ketidakstablian Elektoral dan Kehancuran Politik Aliran karya Dosen FISIP UMM Dr. Asep Nurjaman, M.Si. Buku ini adalah hasil dari penelitian tesis doktoral penulis yang sudah diedit dan disempurnakan menjadi sebuah buku yang layak untuk dibaca dan diedarkan di dunia perbukuan nasional. Beikut ringkasan mengenai isi buku ini :

 

      Indonesia pasca Orde Baru yang telah melaksanakan pemilu demokratis sejak 1999, 2004 maupun 2009 belum mengubah sistem kepartaian Nasional maupun Lokal ke arah yang lebih stabil. Dari pemilu ke pemilu partai-partai besar baik di tingkat Lokal maupun Nasional tidak bisa mempertahankan kinerja electoralnya karena terus mengalami erosi suara yang berakibat ketidakstabilan electoral (electoral volatility). Begitupun partai-partai baru terus bermunculan, baik itu karena terjadinya perpecahan partai atau sama sekali baru (genuin). Sementara struktur sosial masyarakat yang menyokong kehidupan partai politik walau tidak banyak mengalami perubahan, dimana pola politik bebasis aliran yang bersumber dari perilaku keberagamaan masyarakat yaitu santri, abangan, priyayi sebagai mana yang dikemukakan oleh Geertz masih tetap, namun relevansinya semakin berkurang.

      Aturan main dan struktur partai banyak tidak stabil. Partai politik sering dilanda perpecahan dan konflik yang bersumber dari perebutan kekuasan puncak partai. Kondisi ini diperparah dengan kuatnya peranan aktor pemimpin yang dapat mengendalikan partai sesuai dengan kepentingannya. Umum partai politik yang dibangun pasca Orde Baru merupakan partai politik yang didirikan dalam rangka menyokong pencalonan sebagai presiden, sehingga terkenal dengan president party. Kondisi empiris tersebut nampaknya kurang mendukung terwujudnya sistem politik  yang sehat, banyak partai politik terdorong untuk mendesain diri sebagai partai electoralist (electoral party) atau juga dikenal dengan bussinessfirm party karena tidak tumbuh dari akar sosial yang jelas.

17 Agustus 2013
UMM PRESS
Ridlo Setyono
08123386701
ridlost@gmail.com